Sepak Bola

Indonesia Raih Poin Penuh Perdana di Piala AFF 2018

4.8K
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Setelah pulang dengan tangan hampa usai hasil minor di laga perdana piala AFF 2018 kontra Singapura, timnas Indonesia memainkan laga kedua nya di fase grup menghadapi Timor Leste. Kali ini timnas Indonesia tampil di hadapan publik sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa malam (13/11/2018) WIB.

Tampil di hadapan sekitar 16 ribu suporter yang memadati SUGBK, Indonesia tampil dengan inisiatif menyerang sejak peluit tanda dimulainya babak pertama dibunyikan. Di pertandingan kali ini, timnas Indonesia memainkan trio penyerang di depan yaitu Andik Vermansyah, Febri Hariyadi, dan Alberto Goncalves atau Beto.

Ketiga penyerang timnas tersebut disokong oleh 3 orang gelandang di tengah yaitu Evan Dimas, Hargianto, dan Septian David Maulana. Sementara di belakang tidak ada perubahan posisi dibanding dengan laga awal ketika melawat ke Singapura, hanya seorang Gavin Kwan Adsit yang mengisi posisi bek kanan menggantikan posisi Putu Gede yang harus absen setelah menerima kartu merah ketika menghadapi Singapura.

Meski berinisiatif menyerang sejak awal laga, timnas Indonesia di babak pertama seperti belum mendapatkan sentuhannya. Timor Leste yang bermain sangat disiplin di daerah pertahanan sangat sulit ditembus oleh Evan Dimas dkk. Pemain timnas Indonesia juga masih sering melakukan kesalahan passing sehingga serangan yang dibangun seringkali gagal.

Para pemain Timor Leste sendiri pun pada pertandingan kali ini seringkali jatuh tanpa sebab dan seolah-olah mengulur waktu, sehingga tanpa terasa babak pertama selesai dengan tanpa peluang berarti dan skor pun tetap sama kuat 0-0 ketika wasit meniup tanda berakhirnya pertandingan babak pertama.

Di awal babak kedua timnas Indonesia kembali mengambil inisiatif serangan, akan tetapi alih-alih mencetak gol pembuka, jala gawang timnas yang dikawal Andritany Ardhiyasa pun malah jebol terlebih dahulu oleh Timor Leste. Adalah sriker Timor Leste bernomor punggung 7 yaitu Rufino Gama yang berhasil mengoyak gawang timnas tepatnya pada menit 48 dan sekaligus membuat seisi Stadion terdiam.

Pasca gol dari tim tamu, timnas Indonesia nampak tersentak. Perubahan strategi pun dilakukan oleh coach Bima Sakti dengan memasukkan winger mungil Riko Simanjuntak menggantikan Febri Hariyadi pada menit 56. Hasilnya pun berbuah nyata, selang 4 menit kemudian tepatnya pada menit 60 timnas Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol dari Alfath Fathier memanfaatkan trough pass dari Andik Vermansyah.

 

Gol! Alfath Fathier.. Indonesia 1-1 Timor Leste

Setelah sukses menyamakan kedudukan, timnas Indonesia pun kembali meningkatkan intensitas serangan dalam rangka untuk membalikkan kedudukan. Pergantian pemain pun dilakukan oleh coach Bima Sakti ketika menarik keluar Septian David Maulana dengan memasukkan Stefano Lilipaly.

Dengan masuknya Stefano Lilipaly, menjadikan aliran bola para pemain timnas dari belakang ke depan pun menjadi lancar. Timnas Indonesia pun mulai menebar ancaman ke daerah pertahanan Timor Leste. Terus menyerang, timnas Indonesia pun memperoleh hadiah penalti setelah penetrasi yang dilakukan oleh Andik di kotak penalti Timor Leste membuatnya harus dilanggar. Wasit pun menunjuk titik putih, tendangan penalti bagi Indonesia.

 

Gol!! Stefano Lilipaly.. Indonesia 2-1 Timor Leste

Stefano Lilipaly yang menjadi algojo pun dengan tenang sukses menjalankan tugasnya. Meski agak sedikit terpeleset, Lilipaly masih sanggup mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang Timor Leste sehingga sulit dijangkau oleh penjaga gawang Timor Leste, Fagio Augusto. Indonesia berbalik menjadi unggul 2-1 atas Timor Leste pada menit 69.

Usai berbalik unggul 2-1, para pemain timnas Indonesia semakin bernafsu untuk menambah keunggulan demi mengamankan 3 poin di kandang sendiri. Duet penyerang sayap Riko Simanjuntak dan Andik Vermansyah pun berulang kali mampu merangsek ke wilayah pertahanan Timor Leste, namun umpan-umpan mereka masih gagal dikonversi menjadi gol.

Namun cerita berubah memasuki 10 menit terakhir waktu normal babak kedua. Pada menit 82 tepatnya ketika Riko Simanjutak berhasil melewati salah satu bek Timor Leste, ia kemudian memberikan umpan matang yang kemudian dapat disambut oleh Alberto Goncalves (Beto) lewat sundulannya yang mampu menembus jala gawang Timor Leste sekaligus membuat kiper Timor Leste harus memungut bola dari dalam gawangnya untuk yang ketiga kalinya. Skor berubah menjadi 3-1 bagi keunggulan Indonesia.

 

Gol!!! Beto… Indonesia 3-1 Timor Leste

Usai unggul dengan nyaman 3-1, coach Bima Sakti lantas memasukan seorang gelandang berpengalaman yaitu Bayu Pradana menggantikan Andik Vermansyah guna memperkuat sektor pertahanan. Dan hingga akhir laga tidak ada gol lagi yang tercipta sehingga laga berkesudahan dengan skor 3-1 bagi Indonesia. Kemenangan ini merupakan kemenangan perdana timnas Indonesia di Piala AFF 2018 sekaligus menjadi modal menghadapi laga selanjutnya di fase grup kontra Thailand dan Filipina.

 

Baca Juga:  Hasil Pertandingan Liga Inggris Pekan Ke-12

 

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Terpopuler

To Top