Badminton

Perempatfinal Hong Kong Open 2018; Indonesia Kirim 4 Wakil di Semifinal

4.7K
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Turnamen BWF World Tour Hong Kong Open 2018 kembali berlanjut pada hari Jumat (16/11/2018) WIB. Kali ini turnamen ini telah memasuki babak perempatfinal dimana Indonesia menyertakan 8 wakilnya yang tersisa untuk bersaing merebut satu tiket ke babak semifinal.

Para pebulutangkis unggulan Indonesia masih tersisa di babak perempatfinal ini. Sebut saja Jonatan Christie, pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan, hingga Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Dimulai dari sektor atau nomor tunggal putra dimana pebulutangkis andalan Indonesia, Jonatan Christie atau Jojo bertanding menghadapi pebulutangkis tunggal putra nomor satu dunia saat ini Kento Momota. Pasca sukses mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting di babak 16 besar, Jojo membawa kepercayaan diri tinggi kala bersua Momota.

Hal tersebut seperti terlihat di set pertama, dimana Jojo sukses menang dengan skor 24-22. Akan tetapi di set selanjutnya Jojo gagal mempertahankan penampilan terbaiknya, Jojo justru malah kewalahan menghadapi kelincahan Momota. Pada akhirnya, pebulutangkis asal Jepang tersebut dengan mudah mengalahkan Jojo dengan skor kembar 21-9 dan 21-9 sekaligus mengubur harapan Jojo melaju ke babak semifinal.

Di laga berikutnya kali ini dari nomor ganda putra, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menjadi wakil Indonesia pertama di nomor ganda putra yang berhasil lolos ke babak semifinal.

 

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Fajar/Rian berhasil menaklukkan pasangan ganda putra asal Taiwan, Lee Jhe-Huei/Lee Yang 2 set langsung 21-17 dan 25-23. Hasil ini juga merupakan capaian terbaik Fajar/Rian dalam beberapa turnamen terakhir, yaitu mencapai babak semifinal turnamen BWF World Tour.

Dari nomor ganda campuran, dua wakil Indonesia yang tersisa di babak perempatfinal ini yaitu pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja sayang sekali gagal melaju bke babak semifinal usai dikalahkan lawan-lawannya.

Kedua pasangan Indonesia ini juga sama-sama takluk lewat pertarungan 3 set atau rubber game. Praveen/Melati gagal menaklukan pasangan asal Tiongkok yang merupakan peringkat 2 dunia yaitu Wang Yilyu/Huang Dongping. Pasangan asal Tiongkok tersebut sukses mengandaskan perlawanan Praveen/Melati 21-14, 14-21, dan 21-14.

Sementara pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja gagal membendung perlawanan dari pasangan Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Hafiz/Gloria harus menyerah dengan skor 12-21, 21-15, dan 13-21 dari Dechapol/Sapsiree.

Pasangan ganda putra senior Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan sukses mengikuti langkah Fajar/Rian ke babak semifinal. Mereka berhasil mengalahkan ganda putra andalan Denmark yang juga merupakan jawara di turnamen China Open 2018 lalu, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

 

Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan

Dengan pengalaman yang mereka miliki, The Daddies nampak tak memiliki kesulitan dalam menghadapi Kim/Anders. Pasangan senior Indonesia tersebut sukses menang 2 set langsung 21-19 dan 21-14 atas pasangan Denmark.

Dari nomor ganda putri, hasil berbeda didapat oleh dua pasangan Indonesia yang tersisa. Yang pertama adalah pasangan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta yang harus takluk ditangan pasangan nomor 1 asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Della/Rizki harus takluk 2 set langsung 15-21 dan 19-21 dari Yuki/Sayaka.

 

Apriyani Rahayu/Greysia Polii

Sedangkan satu pasangan lainnya yaitu Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil melaju ke babak semifinal usai berhasil menang kala menghadapi pasangan asal Tiongkok, Du Yue/Li Yinhui. Greysia/Apriyani berhasil menang 2 set langsung 23-21 dan 21-15.

Satu lagi wakil Indonesia yang tersisa di babak perempatfinal Hong Kong Open 2018 adalah pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. The Minions kali ini sukses mengalahkan pasangan asal Korea Selatan, Kim Gi Jung/Lee Yong Dae. Khusus menghadapi pebulutangkis senior Lee Yong Dae, kemenangan atas Lee membuat rasa penasaran Marcus/Kevin tuntas terbayarkan.

 

The Minions

Pasalnya hanya Lee Yong Dae lawan yang belum pernah dikalahkan oleh pasangan Marcus/Kevin. Dalam 3 pertemuan terakhir, The Minions selalu takluk jika menghadapi Lee Yong Dae. Sementara pada pertandingan perempatfinal Hong Kong Open 2018 ini, The Minions sukses mengandaskan perlawanan Kim/Lee lewat rubber game 20-22, 21-9, dan 21-15. Hasil ini meloloskan Marcus/Kevin lolos ke babak semifinal dan akan menghadapi The Daddies.

Berikut ini jadwal wakil Indonesia di babak semifinal Hong Kong Open 2018 yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (17/11/2018) WIB;

MD

Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto (INA) vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (JPN)

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (INA) vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (INA)

WD

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (INA) vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (JPN)

 

Baca Juga:  Sepakbola Dan Orientasi Seksualitas LGBT

COMMENT
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments

Terpopuler

To Top