Isports.id – Baru-baru sebuah studi terbaru yang dihimpun Facebook dan Crowdtangle menyebutkan bahwa ajang ONE Championship menjadi ajang olahraga terpopuler di media sosial. Salah satu ajang Mixed-Martial Art ini bahkan lebih populer dibandingan dengan ajang UFC serta kompetisi sepekbola Liga Champions Eropa.
Fakta yang cukup mengejutkan tersebut berdasarkan studi dari Facebook dimana dipaltform sosial media milik Mark Zuckerberg menyebutkan bahwa video ONE ditonton hingga 8,84 miliar kali di Facebook. Posisi kedua ditempati oleh WWE dengan selisih yang cukup jauh. Di Facebook, konten video dari WWE memiliki selisih jumlah hingga 1 miliar penonton diseluruh dunia.
Posisi ketiga ditempati oleh International Cricket Concil atau ICC. ICC sendiri merupakan badan olahraga Cricket dimana video dari ICC ditonton hingga 2,81 miliar penonton. Peringkat keempat dan kelima ditempati oleh NBA dan UFC dengan jumlah penonton masing-masing 1,86 miliar hingga 1,65 miliar kali ditonton.
Secara statistic dari jumlah pengikut dilaman resmi Facebook ajang masing-masing, ONE Championship hanya diikuti oleh 32 juta followers. Sedangkan ajang gulat lainnya WWE diikuti oleh sekitar 64,5 juta followers. Posisi ketiga ditempati Liga Champions Eropa dengan total 76 juta follower di laman Facebook.
Bisa dikatakan bahwa strategi ONE Championship yang cukup besar dikawasan Asia Tenggara serta Asia Timur terbilang sukses besar. Dengan inio ONE Championship merajai platform Facebook diantara berbagai platfom media lainnya diseluruh dunia. Dalam setahun ONE Championship rata-rata mengupload hingga 10,79 video perharinya.
Dalam hal interaksi dengan para followers disosial media, ONE Championship melakukan sekitar 64,42 juta interaksi dengan para followers. Angka tersebt berada dibawah Liga Champions yang mendapat interaksi hingga 78,01 antara pihak penyelanggara dengan para followers dan fans disosial media.
Beberapa video ONE Championship di Facebook juga meraih jumlah viewers hingga ratusan juta penonton. Misalnya seperti video tendangan Superbon yang mengalahkan Giorgio Petrosyan pada bulan Oktober silam. Dimana hingga saat ini, video pertarungan tersebut ditonton hingga 40 juta kali diplatform Facebook.
Lalu beberapa video ONE Championship yang memiliki viewers terbanyak seperti video Rodtang Jitmuangon yang bisa memiliki viewers hingga 60 juta penonton. Untuk lingkup olahraga tarung bebas, angka yang ditorekhan ONE Championship hampir 8 kali lipat lebih banyak dibandingan UFC.
Sumber: Dari berbagai sumber
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.