Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepak Bola

Bungkam Denmark, Australia Sukses Jadi Tim Asia Pertama Lolos

Isports.id – Timnas Australia berhasil menekuk tim unggulan Denmark dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan matchday terakhir grup D Piala Dunia 2022.

Pertandingan ini bergulir di Stadion Al Janoub pada Rabu (30/12/2022) dini hari WIB.

Kemenangan ini membuat tim berjuluk Socceroos tersebut melangkah ke babak 16 besar sebagai Runner up grup D.

Pada babak 16 besar tim asal Asia akan berjumpa dengan jawara grup C yaitu Argentina pada Minggu (4/11/2022) pukul 02.00 WIB di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan.

Tambahan 3 angka ini membuat tim Australia menempati peringkat kedua dengan raihan 6 poin dari 3 laga yang sudah dijalani.

Adapun mereka hanya terpaut selisih gol dengan poin yang sama dan kalah head to head. Sedangkan bagi Denmark kekalahan ini membuat mereka turun ke peringkat dasar dengan torehan 1 poin.

Adapun gol kemenangan Australia tercipta melalui sontekan Mathew Leckie pada menit ke-60. Skuad arahan Graham Arnold pun tidak boleh berpuas diri dan melakukan evaluasi segera untuk menghadapi Argentina pada laga berikutnya.

Baca juga: Bekuk Polandia, Argentina Berhasil Jadi Juara Grup C

Jalannya Laga Australia vs Denmark

Awal laga, timnas Denmark menampilkan permainan menyerang dengan tempo tinggi. Alhasil peluang emas pertama terjadi untuk tim Dinamit di menit ke-11.

Sepakan keras Mathias Jansen mampu terbaca oleh Kiper Australia Mathew Ryan.

Timnas Denmark terus berusaha melancarkan serangan ke area pertahanan Australia agar bisa mencetak gol pembuka selama sisa waktu pertandingan babak pertama.

Rapatnya lini pertahanan Socceroos membuat Simon Kjaer dkk sedikit frustasi. Babak ini pun harus berakhir dengan skor kacamata 0-0.

Babak kedua kembali bergulir dengan kedua tim berinisiatif untuk keluar menyerang. Gol pembuka pada laga ini pun tercipta melalui Mathew Leckie membawa Australia unggul 1-0.

Gol bermula ketika umpan terobosan salah satu pemain Australia yang dapat dikontrol dengan baik oleh Leckie.

Leckie pun tidak ingin membuang peluang secara percuma dan melakukan penetrasi sendiri dan menyelesaikannya dengan sepakan mendatar.

Wasit sempat menunjuk titik putih kala Kasper Dolberg oleh pemain Denmark pada menit ke-71. Namun sayang keputusan ini tidak jadi, karena hasil VAR menyebutkan Dolberg sudah lebih dulu terperangkap offside.

Hingga akhir laga, Denmark harus mengakui keunggulan Australia dan merelakan satu tiket ke babak berikutnya kepada tim asal Asia tersebut.

Supporter Australia Rayakan Kemenangan Soceroos atas Denmark

Kelolosan timnas Australia mendapat apresiasi luar biasa dari seluruh pendukungnya termasuk pada negaranya sendiri.

Perayaan ini terlihat kala beberapa menit pasca kemenangan atas Denmark sejumlah pendukung memadati pusat kota Melbourne.

Para suporter memenuhi jalanan utama sembari menyalakan flare dan meneriakan yel-yel kemenangan Australia dari Denmark yang mengantar Soceroos ke babak 16 besar.

Momen ini sangat langka karena perayaan terlaksana ketika waktu masih larut malam yakni pukul 04.00 waktu setempat.

Keberhasilan timnas Australia menuju babak 16 besar merupakan kali kedua. Pasalnya Australia membutuhkan waktu 16 tahun untuk kembali lolos.

Terakhir kali mereka merasakan kerasnya babak ini adalah ketika Piala Dunia tahun 2006. Kala itu mereka harus tunduk dari Italia dengan skor 1-0 pada 26 Juni 2006.

Susunan Pemain

Australia: Mathew Ryan; Milos Degenek, Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Jackson Irvine, Aaron Mooy; Mathew Leckie (Ajdin Hrustic 89’), Riley McGree (Bailey Wright 74’), Craig Goodwin (Keanu Baccus 46’); Mitchell Duke (Jamie MacLaren 82’).

Denmark: Kasper Schmeichel; Joakim Maehle (Andreas Cornelius 69’), Andreas Christensen, Joachim Andersen, Rasmus Kristensen (Alexander Bah 46’); Mathias Jensen (Mikkel Damsgaard 59’), Pierre Hojbjerg; Jesper Lindstrom, Christian Eriksen, Andreas Olsen (Robert Skov 69’); Martin Braithwaite (Kasper Dolberg 59’).

 

Berbagai sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sepak Bola Dunia

iSports.id – Usai kemenangan Argentina di final Piala Dunia Qatar 2022 melawan Prancis Desember lalu, rupanya ketegangan masih belum berakhir. Kabar terbaru, saat ini...

Berita Olahraga

Isports.id – Kabar kurang menyenangkan menerpa timnas Kamerun usai tersisih dari Piala Dunia 2022. Kiper andalan berusia 26 tahun bernama Andre Onana memutuskan untuk...

Liga Perancis

Isports.id – Usai gagal meraih Tropi Piala Dunia untuk kedua kalinya, kini mereka harus kehilangan bomber tajam karena pensiun. Ia adalah Karim Benzema yang...

Sepak Bola

Isports.id – Penyerang muda asal timnas Prancis yakni Kylian Mbappe berhasil meraih penghargaan Sepatu Emas atau Top Skor Piala Dunia 2022. Terbukti kegemilangan Mbappe...