iSports.id
Badminton

Final Hong Kong Open 2018; Minions Kembali Raih Gelar Juara

Laga puncak turnamen BWF World Tour Hong Kong Open 2018 telah selesai diselenggarakan pada hari Minggu (18/11/2018) WIB. Di partai final turnamen ini, Jepang makin menancapkan dominasinya di dunia bulutangkis. Bagaimana tidak, mereka berhasil mengirimkan masing-masing satu wakilnya di partai final di tiap sektor/nomor.

Akan tetapi Jepang gagal menyapu bersih semua nomor yang dipertandingkan. Adalah tunggal putra asal Korea Selatan, Son Wan Ho dan tak ketinggalan ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menggagalkan usaha Jepang dalam menyapu bersih semua gelar juara di turnamen Hong Kong Open 2018 kali ini.

 

Source: /www.instagram.com/badminton_time/

Bagi Marcus/Kevin gelar Hong Kong Open 2018 ini merupakan gelar ke-8 mereka dalam turnamen BWF World Tour di sepanjang tahun 2018 dan juga total gelar ke-9 mereka tahun ini jika ditambahkan dengan medali emas Asian Games 2018 yang mereka raih Agustus-September yang lalu.

Usai memenangi pertandingan “perang saudara” di babak semifinal menghadapi senior mereka pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan, The Minions harus jumpa pasangan ganda putra andalan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di partai final.

Laga final kali ini antara Kamura/Sonoda melawan Minions layaknya laga ulangan final Denmark Open 2018 yang lalu. Kala itu Kamura/Sonoda musti mengakui keunggulan The Minions dan harus kalah 2 set langsung 15-21 dan 16-21. Mereka pun harus rela gelar Denmark Open 2018 jatuh ke tangan Marcus/Kevin.

 

The Minions Juara Hong Kong Open 2018

Seperti Deja Vu, di partai final Hong Kong Open 2018 yang digelar pada Minggu sore menjelang malam (18/11/2018) WIB ini The Minions kembali menaklukkan pasangan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda lewat 2 set langsung. The Minions menang 21-13 dan 21-12 sekaligus kembali mengubur impian Kamura/Sonoda untuk meraih gelar turnamen BWF World Tour.

Sementara itu satu lagi pebulutangkis yang menggagalkan usaha Jepang menyapu bersih semua gelar juara di Hong Kong Open 2018 adalah pebulutangkis asal Korea Selatan, Son Wan Ho. Bertanding di nomor tunggal putra, Son berhasil mengalahkan Kenta Nishimoto asal Jepang.

 

Source: /www.instagram.com/victorhkofficial/

Son Wan Ho yang di babak sebelumnya juga sempat mengalahkan pebulutangkis asal Jepang lainnya yaitu Kento Momota yang merupakan unggulan turnamen, nampaknya benar-benar menjadi masalah serius bagi para wakil Jepang. Menghadapi Kenta Nishimoto di partai final, Son Wan Ho harus bekerja keras untuk menundukkan Kenta. Son Wan Ho dipaksa bermain 3 set setelah di set pertama kalah, namun ia berhasil membalikkan keadaan dan menang dengan skor 14-21, 21-17, dan 21-13.

Bagi timnas bulutangkis Jepang meski gagal menggondol semua gelar juara di Hong Kong Open 2018, tetap saja mereka kembali mendominasi dunia bulutangkis dengan selalu meraih gelar juara di tiap turnamennya. Terutama di nomor putri, baik itu tunggal maupun ganda Jepang sangatlah mendominasi dengan sejumlah pebulutangkis hebatnya.

Di partai final nomor tunggal putri Hong Kong Open 2018 ini pebulutangkis asal Jepang, Nozomi Okuhara sukses meraih gelar juara setelah mengungguli pebulutangkis unggulan asal Thailand yaitu Ratchanok Intanon.

 

Ratchanok Intanon & Nozomi Okuhara

Nozomi Okuhara nampak tidak terlalu mengalami kesulitan menghadapi Ratchanok Intanon. Ratchanok yang biasa disapa “May” ini sering sekali melakukan self-error sehingga banyak memberi poin bagi Okuhara. Sehingga Okuhara dapat memenangi laga lewat 2 set langsung 21-19 dan 24-22.

Di nomor ganda putri, pasangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota yang juga merupakan peraih medali emas di Asian Games 2018 lalu kembali tak terbendung dalam meraih gelar juara mereka yang ke-sekian kalinya di tahun 2018 ini.

 

Source: /www.instagram.com/badminton_japan/

Pasangan Yuki/Sayaka sukses mengalahkan pasangan ganda putri unggulan asal Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan. Bermain sangat apik sejak dimulainya laga, akhirnya Yuki Fukushima/Sayaka Hirota sukses menang hanya lewat 2 set 21-18 dan 21-17 atas pasangan Lee/Shin.

Wakil Jepang terakhir yang berhasil meraih gelar juara Hong Kong Open 2018 adalah pasangan Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang bertanding di nomor ganda campuran.

 

Source: /www.instagram.com/badminton_japan/

Menghadapi pasangan ganda campuran asal Tiongkok, Wang Yilyu/Huang Dongping yang juga merupakan unggulan ke-2 turnamen Watanabe/Higashino nampak percaya diri. Kepercayaan diri tersebut lah yang membuat penampilan mereka nyaris sempurna tanpa kesalahan berarti. Watanabe/Higashino pun berhasil menang 2 set langsung 21-18 dan 21-14 atas Wang/Huang.

 

Baca Juga:  Thailand vs Indonesia, Garuda Bertekuk Lutut Di Rajamanggala

 

Related posts

Harapan Ganda Putra Indonesia di All England 2019

Muhammad Rifqi

Ahsan Hendra Selamatkan Muka Indonesia di All England

Muhammad Rifqi

Perempatfinal Hong Kong Open 2018; Indonesia Kirim 4 Wakil di Semifinal

Dimas Nugroho

Leave a Comment