Connect with us

Hi, what are you looking for?

Basket

Legenda NBA Bill Russell Meninggal Dunia di Usia 88 Tahun

Bill Russell/ Foto: Berbagai Sumber

iSports.id – Bill Russell, juara NBA 11 kali dan menjadi salah satu tokoh terpenting dalam sejarah NBA telah meninggal dunia pada usia umur 88 tahun.

Keluarganya mengumumkan pada hari Minggu, 31 Juli 2022, Russell meninggal dengan damai disisinya istrinya Jeannine. Keluarganya merilis pernyataan berikut ini:

“Dengan sangat berat hati kami ingin menyampaikan kepada semua teman, penggemar & pengikutnya bahwa Bill Russell telah meninggal dunia pada hari Minggu.”

Bill Russell menjadi pemenang paling produktif dalam sejarah olahraga Amerika, meninggal dengan tenang hari ini di usia 88 tahun. Pengaturan untuk upacara peringatannya akan segera diumumkan.

Dua kejuaraan negara bagian Bill di sekolah menengah menawarkan secercah prestasi tim murni yang tak tertandingi yang akan datang: dua kali juara NCAA; kapten tim Olimpiade AS peraih medali emas, 11 kali juara NBA dan memimpin dua kejuaraan NBA sebagai pelatih kepala kulit hitam pertama dari tim olahraga profesional Amerika Utara mana pun.

Perjalanan Bill Russell selama menjadi pemain basket profesional

Sepanjang jalan karirnya, Bill mendapatkan serangkaian penghargaan individu yang belum pernah terjadi sebelumnya karena tidak disebutkan olehnya diriya.

Pada tahun 2009, penghargaan untuk pemain paling berharga Final NBA diubah namanya menjadi Hall of Famer dua kali sebagai penghargaan sebagai pemain terbaik di final NBA.

“Istri Bill banyak teman serta keluarganya berterima kasih karena telah menjaga Bill dalam doa-doa Anda,” kata Jeannine.

“Mungkin Anda akan mengingat kembali satu atau dua momen emas yang dia berikan kepada kami, atau mengingat tawa khasnya saat dia senang menjelaskan kisah nyata di balik bagaimana momen-momen itu terungkap.”

“kami berharap setiap dari kita dapat menemukan cara baru untuk bertindak atau berbicara dengan komitmen Bill yang tanpa kompromi, bermartabat, dan selalu konstruktif terhadap prinsip. Itu akan menjadi yang terakhir, dan abadi,” sambungnya.

Lahir di Louisiana pada tahun 1934, Russell pada awalnya tidak dianggap sebagai prospek sebagai pemain bola basket papan atas.

Tawaran beasiswa pertamanya datang dari University of San Francisco, sebuah sekolah yang hampir tidak dikenal karena kehebatannya dalam bola basket tetapi sekolah yang mampu dibawa Russell ke kejuaraan nasional berturut-turut pada tahun 1955 dan 1956.

Selain bola basket, Russell adalah seorang bintang lintasan di San Francisco, terutama bersaing dalam lompat tinggi.

Dia memenangkan medali emas Olimpiade di bola basket sebagai kapten Tim USA pada tahun 1956 sebelum menjadi pemain profesional di NBA.

Sumber: NBA

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Basket

iSports.id – Adam Silver selaku komite NBA mengatakan tidak pernah ada diskusi tentang untuk menghapus Robert Sarver. Setelah penyelidikan selama hampir satu tahun terhadap...

Basket

iSports.id – Los Angeles Lakers telah mengumumkan pada hari Rabu, 17 Agustus 2022. bahwa tim akan mempensiunkan No. 16 Pau Gasol pada 7 Maret...

Basket

iSports.id – Pemain-pemain ini belum miliki nama besar di ajang NBA, tetapi mereka bisa berdampak besar bagi klubnya masing-masing. Beberapa gerakan agen bebas NBA...

Basket

iSports.id – Darius Garland telah menyetujui untuk perpanjangan selama lima tahun dengan biaya $134 juta dengan Cleveland Cavaliers. Cavaliers telah mengkonfirmasi pada hari Sabtu,...