Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olimpik

PON XX Papua Resmi Dibuka Oleh Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo , PON XX PAPUA
Sumber : pikiran-rakyat.com

iSports.id – Presiden Joko Widodo meresmikan secara langsung Pekan Olahraga Nasional (PON) pada Sabtu 2 Oktober 2021 malam WIB di Stadion Lukas Enembe, Jayapura. PON XX Papua 2020 akan digelar atau berlangsung selama dua pekan hingga Jumat, 15 Oktober 2021.

Dalam PON ini terdapat 59 cabang olahraga yang diperlombakan, 679 pertandingan, dan diikuti oleh 6.442 atlet yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Ini merupakan suatu bentuk bukti bahwa tanah Papua tidak dilupakan dan terus berkembang dalam berbagai aspek.

Pembukaan PON XX 2020 dibuka dengan upacara tarian-tarian khas Papua yang sangat meriah dan sangat menghibur penonton. Terdapat salah satu hal yang menarik yaitu adanya arak-arakan patung boneka burung Cendrawasih, patung tersebut merupakan ciri khas dari Papua.

Terdapat juga suatu atraksi pada pembukaan PON XX Papua 2020 ini, yaitu aksi dari delapan atlet legendaris Papua yang membawa bendera PON sebagai bentu penghargaan yang ditunjukan.

Atlet tersebut adalah Lisa Rumbewas (Angkat Besi), Erni Sokoy (Dayung), Kartika Monim (Voli), Imanuel Daundi (Pencak Silat), Melly Mofu (Atletik), Rully Nerre (Sepak Bola), Benny Maniani (Tinju), dan yang terakhir Maria Londa (Atletik).

Pak Jokowi Mengaku Senang Dapat Menyelenggarakan PON XX Papua Ini Untuk Membuktikan Kemajuan Papua Dalam Bidang Infrastruktur.

“Kita bangga dapat membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua. Pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukan infrastruktur di Papua dalam meneyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional” ujar Pak Jokowi.

“Harus yakin bahwa kemajuan Papua akan berjalan cepat dan mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini” tambahnya.

PON XX yang akan diselenggarakan pertama kali di tanah Papua ini merupakan suatu bentuk bukti bahwa kini Papua telah maju dan berkembang dalam pembangunan infrastruktur.

Dengan menjadi tuan rumah diajang Pekan Olahraga Nasional ini, Pak Jokowi juga berharap bahwa kompetisi PON ini dapat berjalan dengan lancar dan menjunjung tinggi  tingkat sportivitas saat bertanding.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Olimpik

iSports.id – Eko Yuli Irawan atau Eko Yuli ini merupakan atlet Angkat Besi yang berasal dari Jawa Timur. Dirinya berlaga diajang PON XX Papua...

Olimpik

iSports.id – Dhinda Salsabila merupakan atlet sepatu roda berusia 18 tahun yang berasal dari Papua. Pada usianya yang masih terbilang muda ini, dirinya sudah...

Olimpik

iSports.id – Pekan Olahraga Nasional atau biasa dikenal PON ini sedang panas-panasnya dibicarakan di Tanah Air ini. PON XX Papua sudah dibuka dan diresmikan...

Olimpik

iSports.id – Presiden Joko Widodo akan segara meresmikan penggelaran Pekan Olahraga Nasional XX atau biasa kita kenal dengan nama PON. PON kali ini akan...