Connect with us

Hi, what are you looking for?

F1

Sirkuit Losail Qatar: Venue MotoGP Untuk Balapan F1 Baru

Mengenal Sirkuit Losail Qatar, Venue MotoGP Yang Akan Digunakan Untuk Balapan F1

iSport.id – Akhir pekan ini, ajang balap F1 akan melangsungkan seri ke 20 dari 22 seri balapan untuk musim kompetisi 2021. Venue kali ini merupakan venue yang benar-benar baru bagi Formula One, yaitu Sirkuit Losail di Doha, Qatar.

Bila berbicara mengenai Sirkuit Losail, sirkuit ini lebih identik dengan balapan motor seperti MotoGP dan Superbike dibandingkan balapan mobil seperti F1.

Sirkuit yang berlokasi tidak jauh dari ibukota Qatar, Doha tersebut dari awal memang didesain untuk digunakan sebagai sirkuit balap motor.

Sirkuit Losail sendiri sudah mulai digunakan sebagai ajang balap MotoGP sejak tahun 2004. Dan di tahun 2008, sirkuit ini sedikit melakukan perubahan dengan penambahan lampu untuk mendukung balapan di malam hari. Dan sejak saat itu, balapan di Sirkuit Losail ini dilangsungkan pada malam hari.

Selain menggelar balapan MotoGP, kejuaraan dunia World Superbike juga rutin menyelenggarakan balapan di sirkuit tersebut.

Di akhir pekan ini, sirkuit ini akan digunakan pertama kali oleh ajang balap mobil bergengsi Formula One. Qatar sendiri juga sudah menekan kontrak 10 tahun agar bisa menggelar balapan F1.

Sirkuit Losail Qatar

Namun untuk musim 2022, Qatar tidak masuk lagi ke dalam kalender F1 mengingat negara tersebut akan berfokus pada event bergengsi Piala Dunia 2022.

Dan rencananya, tahun 2023 mereka akan kembali masuk ke dalam kalender F1 di mana masih belum ditentukan apakah akan tetap menggunakan Sirkuit Losail, atau venue baru berupa sirkuit Jalan Raya.

Baca juga: Beberapa Rival Valentino Rossi yang Terkenal Hingga Saat Ini

Sirkuit Losail Qatar sendiri memiliki panjang lintasan 5,380 km dengan rincian 16 tikungan dan satu lurusan panjang di garis start dan finish.

Bila melihat dari spesifikasi sirkuit tersebut, nampaknya akan menguntungkan Mercedes yang memiliki keunggulan di lurusan panjang.

Namun sirkuit ini juga kombinasi tikungan cepat yang justru akan menguntungkan Red Bull yang mengandalkan aerodinamika maksimal di tikungan.

Menjelang balapan GP Qatar ini, persaingan panas antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen juga semakin sengit.

Terlebih dengan kemenangan Hamilton di GP Sao Paolo minggu lalu yang membuat selisih poinnya dengan Verstappen kembali mendekat dengan selisih 14 poin.

Di klasmen konstruktor, Mercedes juga kembali menjauh dari kejarah Red Bull dengan selisih 10 poin setelah peraihan bagus yang juga diarih Valterri Bottas.

Balapan F1 musim ini akan menyisakan 3 seri tersisa. Setelah GP Qatar, balapan akan berlanjut di venue baru, Sirkuit jalan raya Jeddah, di Arab Saudi.

Dan balapan penutup sendiri akan berlangsung di sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada pertengahan Desember mendatang. (Edr/Eve)

 

Sumber: Berbagai sumber
Foto: Berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga