iSports.id
MotoGP OtoSports

Marquez Juara di GP Catalunya

iSports.id – Marc Marquez memenangi balapan MotoGP seri Catalunya. Tampil begitu dominan, Baby Alien tampil memukau dan tanpa kesulitan besar bisa memenangi balapan. Dalam balapan di Sirkuit Catalunya, Minggu (16/6/2019) malam waktu Indonesia barat, Marquez yang start dari posisi kedua sempat dilewati oleh Andrea Dovizioso. Namun crash yang melibatkan para pembalap top di baris depan kemudian menguntungkan Marquez.

baca juga: Rossi Menyebut Marquez dan Dovizioso Pembalap Terkuat

TABRAKAN BERUNTUN

Balapan dimulai dengan seru, sang juara bertahan MotoGP, Marc Marcquez harus memulai dengan persaingan yang sengit di awal balapan. Adalah pembalap Ducatti, Andrea Dovizioso yang melesat kencang untuk kemudian menduduki posisi terdepan. Sedangkan  Marquez masih berada di posisi kedua, Fabio Quartararo ketiga, dan Lorenzo naik ke urutan kedelapan, dengan Maverick Vinales-Valentino Rossi dalam enam besar.

Tabrakan beruntun di GP Catalunya

Selanjutnya ada kejutan, Lorenzo yang di seri-seri sebelumnya tampil buruk tiba-tiba bangkit. Belum genap lap pembuka, sang mantan rider Ducatti ini berhasil merebut posisi keempat. Ia pun bersiap menantang Dovizioso dan Marquez. Pada saat ini, Vinales telah berada di urutan ketiga, sementara Rossi masih berkutat di posisi keenam. Namun justru inilah awal petaka dari semuanya, di awal lap kedua tepatnya pada tikungan 10 terjadi drama. Marquez menyalip Dovizioso. Namun, saat bersamaan, Lorenzo berusaha menyodok ke depan. Tak diduga, ia justru memicu tabrakan beruntun.

Lorenzo menabrak Dovizioso, yang lalu keduanya mengenai Vinales. Rossi yang berada di belakang tidak dapat menghindar dan ikut tersungkur. Keempat pembalap itupun dipaksa gagal finis di Catalunya. Sebenarnya Marquez tampil dominan dalam balapan di Catalunya, namun sang pembalap asal Spanyol ini juga diuntungkan oleh tabrakan beruntun yang paling tidak menyungkurkan empat pesaingnya, Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Vinales dan Valentino Rossi.

Quartataro tampil impresif dan naik podium

Dengan tersingkirnya para nama-nama top, Marquez jelas tak tersentuh. Bahkan pertarungan seru justru terjadi pada perebutan podium kedua-ketiga, diperebutkan Quartararo, Petrucci, serta Rins – walau ia kemudian membuat kesalahan pada tujuh lap tersisa. Rins yang melakukan kesalahan gagal mempertahankan kedudukannya sehingga melorot hingga posisi ke-7. Posisi ini dimanfaatkan Quartararo untuk merangkak naik ke posisi 2.

Pemenang MotoGP seri Catalunya

MotoGP Catalunya akhirnya dimenangi Marquez dengan keunggulan 2,660 detik dari para pesaingnya. Bintang baru Suzuki, Alex Rins membayar kesalahan dengan finis keempat usai mengalahkan Jack Milller dan rekan setim Joan Mir. Adapun Fabio Quartararo berhasil meraih posisi podium kedua dan menjadi podium pertamanya selama berkarier di kelas premier. Sedangkan Danillo Petrucci harus puas berada di posisi ketiga setelah tidak bisa mengalahkan Quartataro dalam perebutan posisi kedua.

baca juga: Mimpi itu terwujud: MotoGP akan dihelat di Indonesia

TERHINDAR DARI PENALTI

Kalau istilah orang Indonesia, “masih ada untungnya”. Mungkin istilah ini tepat menggambarkan situasi Jorge Lorenzo setelah menyebabkan tabrakan beruntun di Moto GP Catalunya. Sang pembalap asal Spanyol ini masih diuntungkan ketika dirinya tidak terkena hukuman penalti akibat dirinya memicu tabrakan beruntun. Secara resmi setelah meninjau rekaman insiden, FIM MotoGP Stewards Panel akhirnya memutuskan, bahwa pihaknya tidak akan mengambil tindakan lebih lanjut terhadap Lorenzo.

Instagram Jorge lorenzo yang dipenuhi oleh hujatan fans MotoGP

Walau tidak terkena Penalti namun X Fuera (Julukan Lorenzo) tetap mengucapkan permintaan maaf. Sang Spaniard secara gentleman, mendatangi garasi Ducatti dan juga Yamaha untuk meminta maaf secara langsung kepada Dovizioso, Vinales dan Rossi.  Dilansir dari Crash, pembalap Ducatti, Andrea Dovizioso menyatakan bahwa permintaan maaf tidak bisa mengubah hasil balapan. “Terima, tidak terima, itu tidak mengubah apa pun. Saya kira pintar mengatakan ‘Oke’. Sudah bagus dia datang ke garasi [untuk meminta maaf], namun itu tidak mengubah apa pun,” ujar Dovi.

baca juga: Winglet Ducati Sah Digunakan

KLASEMEN SEMENTARA MotoGP 2019

  1. Marc marquez (Repsol Honda) 140 Point
  2. Andrea Doivzioso (Ducatti) 103 Point
  3. Alex Rins (Suzuku) 101 Point
  4. Danillo Petrucci (Ducatti) 98 Point
  5. Valentino Rossi (Yamaha) 72 Point

baca juga: MotoGP: Kejutan dari Fabio Quartataro

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Related posts

Menyambut MotoGP Akhir Pekan Ini

Muhammad Rifqi

Mick Schumacher Bisa Melakukan Debut Tes F1 di Bahrain

Khairul Ardhi

Kemenangan Dovizioso Diprotes

Muhammad Rifqi

Leave a Comment