Connect with us

Hi, what are you looking for?

MotoGP

Beberapa Rival Valentino Rossi yang Terkenal Hingga Saat Ini

Beberapa Rival Yang Pernah Bersaing Dengan Valentino Rossi

iSports.id – Pada hari Minggu kemarin (14/11/2021), Valentino Rossi menjalani balapan terakhirnya sebagai pembalap MotoGP. Pembalap yang dijuluki “The Doctor” sudah merencanakan untuk pensiun dari ajang balap yang sudah membuatnya namanya dikenal sebagai salah satu legenda terbaik ajang balap roda dua tersebut.

Selama kurang lebih 25 tahun berkarir diajang balap tersebut, total ia meraih 9 gelar juara dunia di 3 kelas berbeda. Di mana Rossi sendiri memiliki koleksi 1 gelar kelas 125 cc, 1 gelar kelas 250 cc, serta 7 gelar kelas utama MotoGP atau dulu juga dikenal dengan kelas 500 cc.

Kehadiran Rossi diajang MotoGP menjadi daya tarik paling besar bagi ajang balap bergengsi roda dua tersebut. Dengan aksi menghiburnya di lintasan serta balapan yang menarik membuat MotoGP pada akhirnya semakin banyak dikenal di seluruh dunia. Sederet prestasi serta lika-liku di dalamnya juga membuat si “The Doctor” sudah menjadi ikon dan legenda dari MotoGP itu sendiri.

Dan dalam perjalanan panjangnya tersebut, ia juga terlibat banyak persaingan dengan para pembalap lainnya. Bahkan di masanya, ia pernah menghadirkan pertarungan rivalitas yang panas dan masih banyak diingat oleh banyak penggemar MotoGP hingga saat ini. Berikut merupakan beberapa rival yang pernah bersaing dengan Valentino Rossi yang akan selalu diingat berikut ini.

pesaing rossi

  • Max Biaggi

Pada awal karirnya di MotoGP, Rossi sempat memiliki rivalitas yang panas dengan Max Biaggi. Mulai dari psy war serta persaingan tidak hanya di dalam lintasan tetapi berlanjut di luar lintasan.

Puncaknya terjadi di balapan Suzuka tahun 2002, di mana Biaggi menyikut Rossi yang hendak menyalipnya. Hal ini membuat Rossi harus keluar lintasan. Lalu Rossi membalas dengan menyalip Biaggi sambil memberikan jari tengah ke Biaggi.

Perseteruan kedua pembalap ini berlanjt di Catalunya ketika mereka berdua berkelahi sebelum naik podium. Dan hingga saat ini, meskipun sudah lama tidak terlibat persaingan secara langsung, hubungan kedua pembalap diketahui masih renggang hingga sekarang.

Baca juga: Marquez Ogah Pindah Dari Tim Repsol Honda

Beberapa Rival Yang Pernah Bersaing Dengan Valentino Rossi

  • Sete Gibernau

Pembalap berikutnya yang pernah menjadi rival kuat Valentino Rossi di ajang MotoGP adalah dengan Sete Gibernau. Bisa dibilang ia memiliki rivalitas yang cukup sengit dengan pembalap Spanyol tersebut.

Puncaknya di balapan MotoGP Jerez tahun 2005, di mana Rossi menyenggol Gibernau di tikungan terakhir dan di lap terakhir di balapan tersebut. Akibatnya Gibernau keluar lintasan dan hanya finish di urutan kedua sedangkan Rossi melenggang sebagai pemenang balapan.

Dan bahkan Rossi sendiri pernah mengatakan bahwa setelah kejadian tersebut, Gibernau tidak akan pernah menjadi juara balapan lagi. Hal itu terbukti di mana hingga pensiun dari MotoGP, Gibernau tidak bisa meraih kemenangan lagi.

pesaing rossi

  • Casey Stoner

Persaingan dengan Casey Stoner ini dimulai ketika pembalap Australia ini pindah ke tim Ducati di tahun 2007. Dan di musim tersebut beberapa kali Rossi harus dipermalukan oleh Stoner dan membuat dirinya gagal merengkuh juara dunia di tahun tersebut.

Setahun setelahnya persaingan kembali memanas di mana puncaknya berada di balapan Laguna Seca 2008. Kedua pembalap bersaing secara sengit meskipun akhirnya Stoner harus melebar dan terjatuh.

Kejadian panas juga berlangsung di balapan Jerez 2011, di mana Rossi dan Stoner saling bersenggolan yang membuat keduanya terjatuh. Terlebih Rossi masih bisa melanjutkan balapan sedangkan Stoner tidak bisa serta membuat fans kedua belah pihak menjadi saling membenci.

Beberapa Rival Yang Pernah Bersaing Dengan Valentino Rossi

  • Jorge Lorenzo

Saat Jorge Lorenzo naik kekelas MotoGP dan menjadi rekan setim di Yamaha, persaingan antara kedua pembalap ini tidak bisa dielakkan lagi.

Salah satu persaingan yang akan selalu diingat dari persaingan keduanya adalah di balapan MotoGP Catalunya 2009. Di mana kedua pembalap saling menyalip satu sama lain dan Rossi keluar sebagai pemenang setelah menyalip di tikungan terakhir.

Dan bahkan persaingan sengit juga terjadi di balapan Motegi 2010, di mana kedua pembalap saling bersaing ketat memperebutkan posisi kedua. Pada akhirnya Rossi keluar sebagai pemenang pertarungan panas antar rekan setim tersebut.

Baca juga: Melihat Perjalanan Karir Marc Marquez Hingga Musim Balapan MotoGP 2021

  • Marc Marquez

Ketika Marc Marquez pertama kali naik kelas ke kelas utama MotoGP pada 2013 silam, diprediksi ia akan menjadi bintang masa depan penerus Rossi.

Dengan gaya balapnya yang agresif serta menghibur membuat dirinya akan bisa menyamai pencapaian Rossi. Hingga tahun 2021 ini, sudah 8 gelar juara dunia dari berbagai kelas yang diarih Marquez.

Dan bahkan Marquez pernah bersaing sengit dengan Rossi di mana puncaknya adalah di balapan Sepang 2015. Rossi diduga menyenggol Marquez dan membuat Marquez terjatuh.

Inilah puncak dari kekesalan Rossi karena menganggap pembalap Spanyol ini justru terlihat membantu Jorge Lorenzo untuk bisa menarih gelar juara dunia tahun 2015 lalu.

 

Itulah beberapa rival yang pernah bersaing dengan Valentino Rossi. Harus diakui, bahwa Valentino Rossi yang membuat ajang balap MotoGP begitu banyak dikenal orang serta populer di seluruh dunia. Dan prestasinya di ajang MotoGP akan menjadi kenangan yang manis bagi para penggemar beratnya. (Edr/Eve)

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

MotoGP

iSports.id – Pembalap MotoGp Marc Marquez memiliki nama panjang Marc Marquez Alenta yang lahir pada 17 Februari 1993 di Cervera Lleida, Spanyol. Marquez merupakan...

MotoGP

iSports.id – Penampilan Marc Marquez semakin hari semakin mengilap saja. Bersama tim Repsol Honda, Marquez terus memecahkan rekor dan memenangi piala. Hal ini pun...

MotoGP

iSports.id – Teka teki siapa yang akan mengisi satu slot tersisa di MotoGP tahun 2022 terjawab sudah. Secara resmi Brasil diumumkan menjadi tuan rumah...

MotoGP

iSports.id – MotoGP Thailand berakhir sudah, dalam balapan tersebut seakan juga ikut menasbihkan satu hal. Marc Marquez menjadi Juara Dunia MotoGP 2019. Kemenangan berharga...