iSports.id
MotoGP OtoSports

Dovizioso Awali Musim Dengan Juara

HASIL POSITIF DI RAIH OLEH PEMBALAP DUCATI ANDREA DOVIZIOSO. SECARA DRAMATIS DOVI MAMPU MENGALAHKAN MARC MARQUEZ DI SESI PEMBUKA MOTOGP 2019 YANG DILANGSUNGKAN DI QATAR

iSports.id – Ada hal yang menarik pada MotoGP seri Qatar, yaitu banyak pebalap yang tidak start dengan posisi yang ideal namun mampu menyelesaikan balapan dengan hasil yang cukup memuaskan. Pada seri Qatar ini pembalap gaek Valentino Rossi harus puas dengan posisi 14 pada awal balapan. Sementara rekan Rossi di Yamaha, Maverick Vinales, berhasil menempati posisi pertama setelah tampil brilian di kualfikasi.

Marquez yang harus terjatuh saat kualifikasi

Catatan buruk juga dialami oleh Jorge Lorenzo pada sesi kualifikasi. Pebalap spanyol tersebut hanya bisa menempati posisi 15 saat start GP Qatar. Pada sesi kualifikasi terdapat banyak kejutan, di mana banyak pebalap yang tidak tampil maksimal. Salah satunya Marc Marquez yang sempat terjatuh di sesi latihan bebas ke tiga.

Hasil kualifikasi tersebut sempat menimbulkan kecemasan di tim Honda. Mereka khawatir jika nantinya para pembalap honda tidak akan maksimal di race utama.

baca juga : mimpi itu terwujud, MotoGp dihelat di indonesia

RACE UTAMA

Pada balapan utama banyak pihak yang mengkhawatirkan mengenai cuaca yang bisa berubah dengan drastis di Losail.  Bukan tanpa alasan, banyaknya rider yang jatuh saat kualifikasi dan sesi latihan bebas menguatkan kekhawatiran ini. Suhu di Losail (Qatar) diperkirakan mencapai 17 hingga 18 derajat pada pukul 20:00. Walapun sirkuit diterangi dengan lampu wat yang sangat tinggi, namun munculnya embun akan menjadi masalah.

Balapan sengit dimulai dari awal

Embun ini diyakini akan menyebabkan adanya kelembaban dan mempengaruhi kondisi sirkuit. Namun akhirnya balapan tetap digelar sesuai rencana. Dalam laga sengit ini Andrea Dovizioso keluar sebagai juara.

Balapan dimuali dengan sengit. Vinales yang start di posisi terdepan justru harus tercecer di awal balapan. Kenudian berujung dia harus bertarung dengan rekan satu timnya di Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi dalam perebutan posisi ke tujuh dan delapan. Kejutan datang dari Alex Rins, pembalap Suzuki ini mampu menyodok ke peringkat pertama. Namun Rins terpaksa menurunkan tempo demi menghemat pemakaian ban.

Rins yang sempat menjadi pesaing serius Marquez

Penurunan tempo ini dimanfaatkan Marquez untuk masuk ke posisi teratas. Alhasil tiga pembalap, Rins, Marquez, dan Dovizioso bertarung dalam perebutan posisi juara. Vinales yang sebelumnya tampil apik seolah tidak mau menyerah tanpa hasil. Terbukti pembalap spanyol tersebut mampu menyalip Joan Mir dari Suzuki dan mencapai empat besar.

Drama terjadi di dua lap terakhir balapan. Dovizioso yang sedang memimpin justru melakukan kesalahan dengan sedikit melebar yang langsung dimanfaatkan oleh Marquez. Namun ini tidak berlangsung lama, karena Dovi langsung merebut kembali ketika tiba di lintasan lurus yang menjadi kekuatan utama Ducati. Kejadian saling salip ini terus berlangsung hingga di putaran dan tikungan terakhir.

Dovi, marquez, dan Rins saling susul menyusul hingga menjelang akhir

Pada tikungan akhir, Marquez yang sedang memimpin justru agak melebar. Celah sempit inilah yang kemudian dimanfaatkan Dovi. Pebalap Ducati ini mampu dengan sekejap memanfaatkan momen tersebut dan memacu kuda besinya melewati Marquez dan memenangi balapan. Hasil ini membuat Dovizioso mengulangi suskesnya musim lalu saat memenangkan GP Qatar 2018.

Sementara itu Marquez harus puas di posisi ke dua podium. Di belakangnya ada Carl Crutchlow yang menyodok ke posisi ke tiga. Sementara Jorge Lorenzo memulai debut kembalinya di Honda dengan buruk. Di tengah kondisi fisik nya yang belum fit, Lorenzo harus telempar dari posisi 10 besar.

Dovizioso,memenangkan laga, Crutchlow menyodok di posisi ketiga podium

Hasil MotoGP Qatar 2019 (10 besar)

  1. Andrea Dovizioso
  2. Marc marquez
  3. Carl Crutchlow
  4. Rins
  5. Valentino Rossi
  6. Daniel Petrucci
  7. Maverick Vinales
  8. Mir
  9. Nakagami
  10. Espargaro

baca juga : Ferrari berharap titel pada SF90

Sumber : berbagai sumber

Foto : berbagai sumber

Related posts

Awal Musim yang Menjanjikan Untuk Bottas

Muhammad Rifqi

Hamilton Yang Tak Sesumbar

Muhammad Rifqi

Kemenangan Dovizioso Diprotes

Muhammad Rifqi

Leave a Comment