Connect with us

Hi, what are you looking for?

MotoGP

Mimpi itu terwujud : MotoGP akan dihelat di Indonesia

iSports.id – Dua tahun nanti (2021 tepatnya), Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah yang akan menggelar balapan motor MotoGP.

MANDALIKA JADI PILIHAN

Warga Indonesia akhirnya bisa menyaksikan secara lansgsung balap motor nomor wahid di dunia ini. Sirkuit balapan Mandalika (Lombok) jadi pilihan tempat balapan motor paling bergengsi ini. Lintasan sepanjang 4,3 kilometer untuk arena balap motor akan segera dibangun di Sirkuit Mandalika di Ibukota Nusa Tenggara Barat, Lombok.

mandalika

Menurut Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, Indonesia mengalahkan kompetitor lainnya seperti Brasil. Abdulbar juga mengkonfirmasi telah menandatangani kontrak dengan Dorna Sports S.L (penyandang resmi lisensi penyiaran MotoGP).

Dalam kontrak ini kemungkinan Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan selama tiga tahun, walaupun detail kontrak belum diumumkan secara resmi.

motoGP siap dihelat di Indonesia

Pemilihan Mandalika menjadi tempat diselenggarakannya MotoGP ini tidak lepas dari sisi komersial yang akan menguntungkan Indonesia. Dibangunnya sirkuit balapan MotoGP tersebut dapat menarik lebih banyak wisatawan internasional untuk mendatangi Indonesia, khususnya Lombok.

 “Kami sudah mendapat dukungan dari kementerian olahraga dan kementerian pariwisata dalam rangka mempromosikan Mandalika sebagai salah satu dari 10 Bali baru”.

Abdulbar

Hal tersebut juga imbas dari jumlah penonton yang datang menyaksikan motoGP. Secara detail tiap balapan dalam MotoGP  membutuhkan waktu sekitar empat hari, karena ada tahapan kualifikasi dan Moto2.

“Jika ada sekitar 100.000 penonton setiap hari. Lalu hingga 150.000 orang pada hari terakhir, maka diharapkan akan nada sekitar 300.000 orang pengunjung di Mandalika,” lanjut Abdulbar.

baca juga : SF90 harapan Ferrari

PEMBANGUNAN  SIRKUIT

Dalam mencapai harapan pembangunan sirkuit tersebut tidak lepas dari gelontoran biaya yang mahal. Dilansir dari Forbes, biaya total untuk membangun sirkuit jalanan menjadi trek sekelas Formula 1 bisa mencapai 57,7 juta dolar atau setara dengan 807 milliar.

Pembangunan sirkuit di Mandalika rencananya akan dilakukan oleh perusahaan konstruksi asal Perancis, Vinci Construction. Mulai Oktober 2019 proyek ini akan segera dimulai di lokasi seluas 131 hektare di sekitar Mandalika, yang merupakan kawasan bisnis di sebelah selatan Lombok.

Sirkuit Mandalika ini sendiri nantinya akan mempunyai panjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan. Pembangunan sirkuit ini sendiri diperkirakan akan memakan waktu selama setahun. Menurut Gubernur NTB Zulkkieflimansyah, pemerintah akan menyuntikan dana sekitar 15 milliar untuk melancarkan pembangunan sirkuit ini. Setelah selesai pembangunan, sirkuit ini akan ada rangkaian trial run oleh Dorna dan event lainnya.

rencana sirkuit mandalika

Senada dengan apa yang dikatakan oleh Abdulbar, menurut Zulkieflimansyah adanya dukungan dari pemerintah diharapkan juga mampu memberikan akselarasi lebih terhadap pembangunan wilayah Mandalika.

Jadi kita nantikan saja kehadiran sirkuit bertaraf internasional ini di Indonesia. Tentu saja sambil memimpikan bisa menyaksikan para jenius motor balap beraksi secara langsung.

Sumber : berbagai sumber

Foto : berbagai sumber

baca juga : menjadi seputih raul

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

MotoGP

iSports.id – Pembalap MotoGp Marc Marquez memiliki nama panjang Marc Marquez Alenta yang lahir pada 17 Februari 1993 di Cervera Lleida, Spanyol. Marquez merupakan...

MotoGP

iSports.id – Penampilan Marc Marquez semakin hari semakin mengilap saja. Bersama tim Repsol Honda, Marquez terus memecahkan rekor dan memenangi piala. Hal ini pun...

MotoGP

iSports.id – Teka teki siapa yang akan mengisi satu slot tersisa di MotoGP tahun 2022 terjawab sudah. Secara resmi Brasil diumumkan menjadi tuan rumah...

MotoGP

iSports.id – MotoGP Thailand berakhir sudah, dalam balapan tersebut seakan juga ikut menasbihkan satu hal. Marc Marquez menjadi Juara Dunia MotoGP 2019. Kemenangan berharga...