iSports.id
MotoGP OtoSports

MotoGP Brasil Kembali Lagi, Finlandia dan Indonesia Akan Menyusul

iSports.id – Teka teki siapa yang akan mengisi satu slot tersisa di MotoGP tahun 2022 terjawab sudah. Secara resmi Brasil diumumkan menjadi tuan rumah untuk lima musim. MotoGP sebelumnya telah mengumumkan bahwa akan menggelar 22 balapan mulai 2022. Jumlah itu tiga lebih banyak dari seri yang digelar musim ini.

Baca juga: Untuk Keenam Kalinya, Marquez Juara Dunia MotoGP 2019

Menyusul Finlandia dan Indonesia

Tahun depan Finlandia akan jadi tuan rumah. Sementara mulai 2021, Indonesia sudah mendapatkan kontrak untuk satu slot tambahan. Untuk 2022 sempat ada dugaan bahwa Portugal yang mendapatkan jatah slot ekstra. Namun ternyata MotoGP mengumumkan Brasil sebagai pemilik jatah tersebut. Dipilihnya Brasil sebagai tuan rumah sebenarnya tak terlalu mengejutkan, karena tahun lalu Dorna sudah meneken kesepakatan awal untuk MotoGP kembali ke sana di 2021, yang kemudian kepastiannya molor hingga baru diumumkan hari Kamis (10/10/2019) ini.

Dalam situs MotoGP disebutkan, Rio Motorsports (RMS) sebagai perwakilan MotoGP Brasil menjalin kontrak selama lima tahun dengan Dorna Sports. Dengan begitu, ajang balap motor bergengsi ini akan digelar di Rio de Janeiro tepatnya di Sirkuit Rio Motorpark hingga 2026. “Rio Motorpark yang semuanya baru akan dibangun di Deodoro. Rio de Janeiro akan kembali menjadi tuan rumah Grand Prix setelah 15 tahun,” demikian pernyataan Dorna.

Baca juga: MotoGP : Kejutan dari Fabio Quartataro

Pengerjaan Sirkuit Rio Motorpark diperkirakan selesai pada 2021. Sirkuit ini akan memiliki panjang 4,5 kilometer yang terdiri dari tujuh tikungan kiri dan enam tikungan kanan. Perkiraan waktu tempuh satu putaran sirkuit ini menurut MotoGP 1 menit 38 detik. Walikota Rio de Janeiro Marcelo Crivella bangga dengan bakal digelarnya MotoGP Brasil di kotanya pada 2022 nanti. “MotoGP, yang dikonfirmasi untuk tahun 2022, merupakan kemajuan besar bagi kota kami,” ujar Crivella.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta juga menambahkan jika kembalinya Brasil juga merupakan sebuah anugerah bagi MotoGP. “Saya sangat bangga bisa mengumumkan bahwa MotoGP akan kembali digelar di Rio de Janeiro, salah satu kota yang sangat ikonik di dunia dan di negara yang menakjubkan, Brasil adalah pasar penting untuk motor, balapan motor, dan olahraga otomotif, dengan sejarah yang bisa dibanggakan dan juga ke depannya sehingga saya antusias ingin melihat MotoGP memainkan peran vital seiring kembalinya kami di 2022,” pungkasnya. Welcome back Brasil!

Baca juga: Mimpi itu terwujud : MotoGP akan dihelat di Indonesia.

 

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Related posts

Marquez Ogah Pindah dari Tim Repsol Honda

Muhammad Rifqi

Untuk Keenam Kalinya, Marquez Juara Dunia MotoGP 2019

Muhammad Rifqi

Bagi Valentino Rossi, Fabio Quartararo Menjengkelkan

Muhammad Rifqi

Leave a Comment