iSports.id
MotoGP OtoSports

Perpisahan Zarco dengan KTM

iSports.id –Kabar mengejutkan datang dari ajang MotoGP. Pebalap KTM, Johan Zarco mengambil keputusan untuk mengakhiri kontraknya lebih awal. Pemutusan kontrak ini sejatinya terlalu dini, mengingat kontrak Zarco baru akan berakhir di 2020 mendatang.

Baca juga: Demi Masa Depan, Zarco Bakal Hijrah ke KTM Musim 2019

KELUAR DI TENGAH MUSIM

Awalnya Zarco resmi digaet KTM pada awal 2019. Dalam kontrak berdurasi dua tahun, ia akan memacu RC16 hingga akhir 2020. Namun tiba-tiba Zarco mengeluarkan pernyataan yang bikin geger, ia memutuskan akan mengakhiri kontraknya bersama KTM. Johann Zarco sebelumnya meminta pada KTM untuk memutus kontraknya secara damai. KTM menyanggupi dan mempersilakan Johann Zarco untuk pergi dari KTM.

Zarco tidak akan menyelesaikan kontraknya yang habis di 2020

Ternyata dalam kesepakatan terbarunya, Zarco bebas untuk bilang kapan keluar, setelah semua balapan dilalui ataukah di tengah musim. Pengumuman ini sekaligus menegaskan bahwa dirinya tak menyelesaikan kesepakatan dua tahun untuk balapan bersama tim tersebut. Putus kontrak tiba-tiba, mantan juara dunia Moto2 dua kali beruntun tersebut membuat bursa perpindahan pembalap semakin panas.

Dalam klausul kontrak Zarco boleh keluar di tengah musim

“Johann Zarco dan Red Bull KTM tidak akan menyelesaikan dua tahun kontrak hingga 2020. Mantan juara dunia Moto2 ini telah mengakhiri kesepakatan pada akhir musim 2019 nanti,” ujar pihak KTM dikutip dari Crash. Pengumuman tersebut menimbulkan banyak spekulasi, termasuk isu mengenai Zarco yang enggan turun balapan bersama tim tersebut hingga akhir musim. “Jika Zarco berhenti, test rider kita Mika Kallio bakal menggantikannya hingga akhir musim ini,” ujar jajaran petinggi KTM Hubert Trunkenpolz.

Baca juga: Pedrosa Ingin Akhiri Kariernya Bersama Honda

DIGANTIKAN PEDROSA?

Dalam mengambil keputusan ini, sebenarnya berat bagi Zarco sendiri. Melalui akun media sosial Instagram, pengguna nomor #5 itu angkat bicara soal perpisahannya dengan pabrikan Austria. “Sudah resmi, saya tidak akan berlomba dengan @ktmfactoryracing untuk MotoGP musim 2020. Ini keputusan yang berat. Saya memiliki kesempatan untuk melakukan pekerjaan terbaik di dunia dan saya ingin melakukannya dengan senyuman berlomba untuk podium! Sebagai seorang profesional, saya tetap fokus selama sisa musim 2019 untuk memberikan yang terbaik dan berusaha meningkatkan skill saya!”

Permasalahan peningkatan kualitas motor ditenggarai menjadi penyebab perpisahan ini

Dengan keluarnya Zarco maka akan meninggalkan lubang kosong di kursi rider. Hingga kini KTM sudah mengambil ancang-ancang mencari penggantinya jika Zarco memutuskan berhenti sebelum musim berakhir. Dan pilihannya adalah ke Mika Kallio, test rider KTM. “Jika Zarco berhenti, test rider kita Mika Kallio bakal menggantikannya hingga akhir musim ini.” ujar jajaran petinggi KTM Hubert Trunkenpolz.

Pedrossa saat ini berstatus test rider KTM

Selain itu, rumor tersebut juga membuat isu kepindahannya ramai dibicarakan. Hingga saat ini terdapat dua kursi pembalap yang masih belum resmi terisi musim depan. Kursi tersebut adalah milik Takaaki Nakagami di tim LCR Honda serta Jack Miller di Pramac Ducati. Terkait hal tersebut, Trunkenpolz juga menyatakan bahwa bisa jadi Dani Pedrosa bakal kembali dari pensiunnya. “Dani telah menandatangani kontrak test rider yang secara khusus berbunyi bahwa dia tidak akan kembali balapan. Namun kami akan menanyainya lagi, sebab kami punya situasi yang baru,” ujar Trunkenpolz.

Baca juga: Mimpi itu terwujud: MotoGP akan Dihelat di Indonesia

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Related posts

Dovizioso Awali Musim Dengan Juara

Muhammad Rifqi

Menyambut MotoGP Akhir Pekan Ini

Muhammad Rifqi

Mick Schumacher Bisa Melakukan Debut Tes F1 di Bahrain

Khairul Ardhi

Leave a Comment