iSports.id
MotoGP OtoSports

Vinales Sukses di Assen

iSports.id – Seri MotoGP Motul TT Assen (30/06/2019) baru saja berakhir. Maverick Vinales berhasil menjadi juara pertama. Podium kedua dan ketiga berturut-turut adalah Marc Marquez dan Fabio Quartararo. Posisi ke 4 (empat) ada Andrea Dovizioso dan Franco Morbidelli berada di urutan ke 5 (lima).

baca juga: Kejutan Alex Rins

JALANNYA BALAPAN

Selepas start duo Suzuki membuat kejutan. Alex Rins dan Joan Mir berada di posisi 1-2. Sementara Fabio Quartararo yang start dari posisi 1 mundur ke posisi 3. Namun kondisi ini hanya berlangsung dua lap. Pada lap ke-3 Alex Rins terjatuh sementara Joan Mir tidak dapat mempertahankan posisinya. Fabio Quartaro mengambil alih pimpinan lomba pada lap 3. Maverick Vinales membuntuti di belakangnya sementara Marc Marquez berada di posisi ketiga. Pada lap ke-4 Marquez merangsek ke posisi 2 dan terus menekan Quartararo.

Vinales mempersembahkan kemenangannya untuk Yamaha

Marquez sempat memimpin balapan pada lap ke-11 setelah Quartararo gagal mengendalikan sepeda motor M1 di trek lurus karena kencangnya angin. Namun, kesalahan Marquez di tikungan pertama memasuki lap ke-12 dimanfaatkan Quartararo untuk kembali memimpin balapan.

Vinales memimpin sejak Lap 16

Klimaks balapan ini sesungguhnya terjadi pada lap ke-14, ketika Vinales mulai on fire. Maverick Vinales mulai merangsek naik pada lap ke-14 dengan mengambil alih posisi kedua dari Marquez. Dua lap Top Gun berhasil menggeser Quartararo. Alhasil sejak lap 16 Vinales terus memimpin balapan dan menadi juara pada balapan seri Assen kali ini. Kemenangan di Assen menjadi yang pertama bagi Vinales, sekaligus pertama untuk Yamaha sejak Phillip Island 2018. Pada saat itu pula, podium tertinggi juga dipersembahkan oleh Vinales.

baca juga: Mimpi itu terwujud : MotoGP akan dihelat di Indonesia

ROSSI JATUH LAGI

Untuk kali ketiga The Doctor (julukan Valentino Rossi) terjatuh kembali. Kali ini bahkan sang rider italia ini ikut menyeret Takaki Nakagami untuk tersungkur bersama. Sebenarnya semua kesulitan Rossi dimulai dari babak kualifikasi, ia harus rela tercecer dan memulai balapan di posisi 14. Ketika balapan? Semakin menjadi, The Doctor seakan kesulitan memperbaiki posisinya.

Rossi yang jatuh ikut menyeret Nakagami

Puncaknya ketika ia bertarung untuk perebutan posisi 10 besar dengan Nakagami. pembalap Italia itu kehilangan grip depan dan jatuh di tikungan 8 pada Lap 5. Tiga kali jatuh beruntun sebenarnya bukan kali pertama bagi Rossi, pada 2011 silam ia juga pernah mengalaminya 2011 (Motegi, Phillip Island, Valencia).

Menanggapi hal ini Rossi beralasan ia tidak memiliki kecepatan yang cukup untuk menyalip Nakagami. “Seperti di Mugello, saya sangat menderita karena tidak punya kecepatan yang cukup. Jadi, mungkin kami akan menemukan sesuatu minggu depan. saya coba menyalip Nakagami saat masuk Tikungan 8, tapi saya mungkin agak terlalu banyak keluar dari racing line, karena ketika saya masuk, saya kehilangan grip depan dan sayangnya saya menyeret Nakagami,” ujar Rossi

Ini bukan kali pertama Rossi jatuh tiga kali beruntun

The Doctor juga tidak lupa mengucapkan permintaan maaf kepada Nakagami yang jadi ikut tersungkur akibat kesalahannya. “Saya harus minta maaf karena itu kesalahan saya. Juga kecelakaan itu cukup besar. Untungnya saya baik-baik saja. Saya juga tahu bahwa Taka baik-baik saja. Ini penting,” tutup Rossi kepada Crash.

baca juga: MotoGP : Kejutan dari Fabio Quartataro

KLASEMEN SEMENTARA MOTOGP 2019

  1. Marc Marquez (Honda Repsol) : 160 Point
  2. Andrea Dovizioso (Ducatti) : 116 Point
  3. Danillo Petrucci (Ducatti) : 108 Point
  4. Alex Rins (Suzuki) : 101 Point
  5. Valentino Rossi (Yamaha) : 72 Point

baca juga: Winglet Ducati Sah Digunakan

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Related posts

Marquez Ogah Pindah dari Tim Repsol Honda

Muhammad Rifqi

MotoGP Brasil Kembali Lagi, Finlandia dan Indonesia Akan Menyusul

Muhammad Rifqi

Untuk Keenam Kalinya, Marquez Juara Dunia MotoGP 2019

Muhammad Rifqi

Leave a Comment