Connect with us

Hi, what are you looking for?

Badminton

Profil Carolina Marin, Pebulutangkis Asal Spanyol Yang Pernah Raih Gelar Juara Dunia Sebanyak 3 Kali

Profil Carolina Marin
Profil Carolina Marin (Sumber: Instagram @carolinamarin)

iSports.id – Carolina Marin dengan nama lengkap Carolina Maria Marin Martin merupakan pemain bulu tangkis tunggal putri asal Spanyol yang pernah sukses merebut medali emas Olimpiade Rio 2016.

Carolina Marin lahir pada 15 Juni 1993 atau saat ini berusia 29 tahun dan saat ini jugamenduduki peringkat kelima dunia BWF.

Carolina Marin diabadikan namanya di salah satu gelanggang olahraga Spanyol yang letaknya berada di Kota Huelva, dengan nama Palacio De Deportes Carolina Marin. Dalam bahasa Spanyol, nama tersebut artinya adalah Istana Olahraga Carolina Marin. Alasanya diabadikan namanya setelah keberhasilannya meraih medali emas Olimpiade Rio 2016.

Dirinya juga merupakan tunggal putri pertama di dunia peraih gelar juara dunia BWF bulu tangkis sebanyak tiga kali, yakni 2014, 2015, dan 2018.

Awal perjalanan karinya, sebenarnya dirinya merupakan penari flamenco. Dia mulai tertarik untuk bermain bulu tangkis saat melihat temannya bermain bulu tangkis dan temannya juga perkenalkan kepadanya.

Sejak saat itulah, dia pun memutuskan untuk berhenti menjadi penari flamenco dan mulai menekuni bulu tangkis saat usianya menginjak 8 tahun dengan mengikuti latihan di klub IED La Orden di Huelva. Sementara itu, untuk debut profesionalnya dimulai pada tahun 2005.

Singkatnya di tahun 2009, namanya tercatat sebagai salah satu pemain bulu tangkis Spanyol pertama yang sukses meraih medali perak di Kejuaraan Junior Eropa. Berlanjut di 2014, sukses menjadi juara dunia BWF untuk pertama kalinya setelah sukses mengalahkan tunggal putri asal China bernama Li Xuerui.

Pada 2015, sukses menjadi juara All England setelah mengalahkan tunggal putri India, Saina Nehwal. Akibat keberhasilannya itu, dirinya pun sukses naik peringkat menjadi keempat dunia.

Carolina juga sempat mengalami cedera di tahun 2019 saat dirinya bertanding di final Indonesia Master menghadapi Saina Nehwal. Dia pun menjalani pemeriksaan dan operasi. Proses pemulihan cederanya yang dialami cukup lama. Saat pulih, dia harus mengalami cedera ACL pada 2021 dan setelah itu berhasil pulih.

Berbicara mengenai performanya baru-baru ini atau 2022, Carolina di Kejuaraan Dunia 2022 hanya mencapai babak perempat final setelah kalah dari tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi dengan dua game langsung 21-17 dan 21-17.

Kemudian, di Jepang Open 2022 hanya mencapai babak perempat final setelah kalah dari tunggal putri Korea Selatan, An Se Young dengan tiga game 21-18, 13-21, dan 21-17. Nah, bagi Anda yang mau mengetahui biodatanya ada di bawah ini.

Baca juga: Profil Liu Yu Chen Yang Sukses Raih Gelar Indonesia Open 2022

Biodata Carolina Marin

  • Nama Lengkap: Carolina Marín
  • Tempat Lahir: Huelva, Spanyol
  • Tanggal Lahir: 15 Juni 1993
  • Usia: 29 tahun
  • Kebangsaan: Spanyol
  • Tinggi Badan: 172 cm
  • Berat Badan: 62 kg
  • Pegangan Raket: Kiri
  • Instagram: @carolinamarin

 

 

Sumber: Berbagai Sumber 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Badminton

iSports.id – Liu Yu Chen adalah pemain bulu tangkis asal China yang bermain untuk sektor ganda putra dengan berpasangan Ou Xuanyi. Liu Yu Che...

Badminton

iSports.id – Daniel Marthin merupakan pemain bulu tangkis asal Indonesia yang lahir pada 31 Juli 2001 yang bermain untuk sektor ganda putra bersama Leo...

Badminton

iSports.id – Kunlavut Vitidsarn merupakan atlet bulu tangkis tunggal putra asal Thailand yang lahir pada 11 Mei 2001 yang baru-baru ini memperoleh gelar runner-up...

Badminton

iSports.id – Chen Qingchen merupakan pemain bulu tangkis putri asal China yang yang berpasangan dengan Jia Yifan untuk sektor ganda putri yang baru-baru ini...