Connect with us

Hi, what are you looking for?

Badminton

Profil Hendra Setiawan, Ganda Putra Nomor 2 Dunia Asal Indonesia

Hendra Setiawan
Sumber: Lamongan Today

Isports.id – Hendra Setiawan merupakan salah satu pemain bulutangkis Indonesia yang lahir pada 25 Agustus 1984 dan saat ini menduduki peringkat ke-2 dunia pada nomor ganda putra yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan.

Pada awal karirnya sebagai atlet bulutangkis, Hendra berpasangan dengan Markis Kido dan pernah menduduki peringkat ke-2 dunia IBF untuk ganda putra.

Prestasi yang dihasilkan oleh Hendra dan Markis Kido pernah mendapatkan medali emas pada Kejuaraan Dunia 2007 serta medali emas Olimpiade Beijing pada 2008 dan 2010 juga berhasil meraih medali emas di Asian Games.

Kemudian di tahun 2021, Hendra dan Kido akhirnya berpisah dan Hendra berpasangan dengan Mohammad Ahsan yang kemudian mendapatkan prestasi pertama di tahun 2012 sebagai semi finalis di YONEX Denmark Open dan 2013 mereka berhasil meraih dua gelar superseries, yakni di Djarum Indonesia Superseries Primer dan Maybank Malaysia Open Superseries.

Bahkan prestasi mereka berlanjut di tahun 2014 dengan menyabet gelar All England 2014. Selajutanya di tahun 2019 sukses meraih tiga gelar juara bergengsi, yakni All England, Kejuaraan Dunia, dan World Tour Finals. Kemudian mendapatkan meriah trofi juara New Zealand Open 2019.

Hendra Setiawan dijuluki sebagai The Daddies. The Daddies adalah julukan yang diberikan lantaran Hendra adalah salah atlet Indonesia yang usianya tidak muda lagi dan dia juga sudah menjadi seorang ayah yang mempunyai tiga anak.

Walaupun usianya tidak muda lagi, Hendra tetap aktif menjadi seorang atlet bulutangkis saat ini. Bahkan dia juga bersama pasangannya Mohammad Ahasan mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Kemudian, Hendra juga menjadi Kapten tim Indonesia pada Piala Sudirman 2021 yang diadakan di Finlandia. Hendra sendiri pertama kali masuk pada skuad Indonesia untuk Piala Sudirman pada 2007 yang di laksanakan di Skotlandaia.

Diistulah Indonesia berhasil masuk babak final, tetaou harus kalah oleh China dengan skor 3-0. Setelah Piala Sudirman 2021, Hendra kemudian menjadi kapten tim Thomas Indonesia.

Hendra pun sukses membawa Indonesia sebagai juara Piala Thomas Cup 202o setelah mengalahkan China pada partai final yang diadakan di Denmark. Tentunya dengan kemenangan ini membuat Indonesia mengakhiri dahaga setelah tidak pernah menuara Thomas Cup selama 19 tahun dan terakhir Indonesia juara pada tahun 2002. Sementara yang  terbaru dari Hendra Setiawan adalah sukses menjadi runner up bersama pasangannya Mohammad Ahsan di kejuaran India Open 2022.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Olahraga

iSports.id – Olimpiade merupakan ajang kebanggaan bagi setiap negara yang bisa mengirimkan perwakilan terbaik mereka ke sana. Terlebih lagi, jika atlet binaan mereka tersebut...

Badminton

iSports.id – Berakhirnya era Susi Susanti, bulutangkis tunggal putri saat ini sedang tertinggal prestasinya ketimbang perolehan-perolehan yang bisa dilakukan oleh para pria. Seperti pada...

Badminton

Isports.id – Yuki Fukushima merupakan pemain bulu tangkis putri Jepang yang lahir pada 6 Mei 1993 dan bermain untuk sektor ganda putri yang berpasangan...

Badminton

Isports.id – Huang Yaqiong merupakan pemian bulu tangkis asal Tiongkok yang bermain pada sektor ganda campuran yang saat ini menempati posisi ranking nomor 2...