Connect with us

Hi, what are you looking for?

Badminton

Profil Lee Zii Jia, Pebulutangkis yang Memutuskan Keluar Dari BAM

Lee Zii Jia
Sumber: The Star

Isports.id – Lee Zii Jia merupakan pemain bulutangkis putra yang berkewanageraan Malaysia yang saat ini menduduki peringkat ketujuh dunia versi BWF.

Lee Zii Jia dilatih langsung oleh Indra Wijaya, Misbun Sidek, dan Hendrawan asal Indonesia. Pada tahun 2016, dia sukses menyebet medzli perunggu dalam kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis setelah kalah dari Chico Aura Dwi Wardoyo pada partai semifinal.

Kemudian pada tahun 2016 dia juga berhasi mencapai babak final India International Series, tetapi dia harus menelah kekalahan oleh pebulutangkis Lakshyan Sen. Di tahun 2017, dia akhirnya berhasil meraih gelar perdananya pada level senior pada turnamen Polish International setelah mengalahkan rekan senegaranya, Soon Joo Ven.

Adapun di 2018, dia juga berhasil memenangkan gelar perdana BWF World Tournya dalam turnamen Chinese Taipe setelah mengalahkan Chou Tien Chen di semifinal dan mengalahkan Riichi Takehi pada partai final.

Tentunya dengan kemenangan tersebut, membuat dia akan menjadi pelapis Lee Chong Wei>  Selanjutnya pada 2018 berhasil mencapai partai final Korea Master 2018, tetapi harus mengalami kekalahan dari Son Wan Ho.

Memang kehebatan Lee Zi Jia tidak lepas dari tangan dingin pelatih asal Indonesia, Hendrawan. Hendrawan adalah mantan pemian bulu tangkis Indonesia yang berhasil meraih kejayaan ada Olimpiade . Selain itu, Hendrawan juga menyumbangkan medali perak untuk Indonesia pada Olimpiaode Sydney di tahun 2000. Dia sendiri memulai karir kepelatihannya di negara Malaysia pada 2009.

Tidak hanya itu, berkat dirinya Lee Zii Jia juga berhasil meraih medali emas Sea Games Manila 2019 dan juga membawa negarnya menembus final untuk Kejuaraan Beregu Asia 2020. Setelah it, prestasinya pun semakin naik setelah dia berhasil menyabet gelar juara All England dit tahun 2021. Namun, kabar terbaru dari dia adalah memutuskan untuk keluar dar Badminton Associantion of Malaysia (BAM) dan memilih untuk menjadi pemain profesional independen. Kabar tersebut diketahui setelah media Malaysia melalui ungguhan Istagram menuliskan jika Lee Zii Jia tunggal putra Malaysia sudah resmi keluar dari pelatnas. Dia mengajukan surat pengunduran diri keluar dari BAM pada 11 Januari 2022.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Olahraga

iSports.id – Olimpiade merupakan ajang kebanggaan bagi setiap negara yang bisa mengirimkan perwakilan terbaik mereka ke sana. Terlebih lagi, jika atlet binaan mereka tersebut...

Badminton

iSports.id – Berakhirnya era Susi Susanti, bulutangkis tunggal putri saat ini sedang tertinggal prestasinya ketimbang perolehan-perolehan yang bisa dilakukan oleh para pria. Seperti pada...

Badminton

Isports.id – Yuki Fukushima merupakan pemain bulu tangkis putri Jepang yang lahir pada 6 Mei 1993 dan bermain untuk sektor ganda putri yang berpasangan...

Badminton

Isports.id – Huang Yaqiong merupakan pemian bulu tangkis asal Tiongkok yang bermain pada sektor ganda campuran yang saat ini menempati posisi ranking nomor 2...