Connect with us

Hi, what are you looking for?

Badminton

Profil Loh Kean Yew: Juara Dunia Bulutangkis Pertama dari Singapura

loh kean yew

Jakarta, iSports – Loh Kean Yew berhasil membanggakan negaranya, Singapura, dengan kemenangannya di final tunggal putra BWF World Championship 2021. Keberhasilannya ini diraih setelah ia mengalahkan Srikanth Kidambi dari India pada Hari Minggu (20/12) di Huelva, Spanyol.

Pemain berusia 24 tahun ini mengakhiri pertandingan 43 menit setelah dimulai dengan skor 21-15, 22-20. Loh Kean Yew pun menjadi orang Singapura pertama yang berhasil menjadi juara dunia badminton dengan peraihan gelar ini. Sebelumnya, ia setidaknya sudah mengalahkan 3 pemain unggulan selain Kidambi, seperti Viktor Axelsen di 64 besar, Kantaphon Wangcharoen di 16 besar, dan Anders Antonsen di semifinal.

Di BWF, saat ini Loh Kean Yew berada di ranking tertingginya, yaitu ke 15 di dunia. Pemain kelahiran Penang, Malaysia, 26 Juni 1997 ini sendiri mulai mengumpulkan gelar setelah memenangkan Singapore International Series 2014. Saat itu ia berusia sekitar 17 tahun. Kemudian di tahun 2017, ia kembali menang dan menyabet gelar di Malaysia International Series 2017.

Di tahun 2018, Loh Kean Yew berhasil menjadi runner up di South Australian International dan menjuarai Mongolia International Series. Kemudian ia mulai berlatih bersama pelatih Indonesia, Mulyo Handoyo. Sosok ini juga orang yang sama yang melatih Taufik Hidayat hingga meraih medali emas Olimpiade Athena 2004. Hasil latihannya pun semakin terlihat.

Ia berhasil menjadi runner up di Swedish Open, Hyderabad Open, dan Russian Open pada tahun 2019. Di Thailand Masters 2019, ia berhadapan dengan pebulu tangkis asal China, Lin Dan di final dan berhasil menang. Pemain badminton profesional asal Singapura inipun menjadi juara Thailand Masters 2019.

Di tahun 2021 ini, Loh Kean Yew menjuarai Dutch Open 2021 setelah menang dari Lakshya Sen (India) 21-12, 21-16 pada bulan Oktober. Sebulan kemudian, ia menjadi juara Hylo Open 2021. Ia juga mencapai runner up di Indonesia Open 2021 setelah kalah dari Axelsen di final. Terakhir, untuk mencapai posisi tertinggi sepanjang karirnya, ia menraih juara BWF Championships 2021.

“Saya tidak bisa berpikir. Di awal tahun ini, saya tidak bisa berpikir ini akan terjadi, saya sangat sangat sangat bahagia,” kata Loh Kena Yew dikutip dalam situr resmi BWF Championships menanggapi kemenangannya. Dalam kutipan Strait Times, ia juga berkata, “Saya merasa terhormat untuk memberikan emas pertama ini untuk Singapura.”

 

Sumber: Kompas, Detik, BWF Championships
Foto: BWF Championships

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Badminton

iSports.id – Loh Kean Yew merupakan atlet bulu tangkis tunggal putra asal Singapura yang berhasil menorehkan sejarah bagi negaranya setelah meraih gelar di Kejuaraan...

Berita Olahraga

iSports.id – Olimpiade merupakan ajang kebanggaan bagi setiap negara yang bisa mengirimkan perwakilan terbaik mereka ke sana. Terlebih lagi, jika atlet binaan mereka tersebut...

Badminton

iSports.id – Berakhirnya era Susi Susanti, bulutangkis tunggal putri saat ini sedang tertinggal prestasinya ketimbang perolehan-perolehan yang bisa dilakukan oleh para pria. Seperti pada...

Badminton

Beijing,  Isports.id – Sebuah kabar mengejutkan dating dari dunia bulutangkis Tiongkok. Salah satu pebulutangkis Tiongkok, Di Zijian diduga melakukan match fixing atau pengaturan. Diduga...