Connect with us

Hi, what are you looking for?

MotoGP

Resmi! MotoGP India Masuk dalam Kalender di Tahun 2023

Grand Prix MotoGP India/ Foto: Berbagai Sumber

iSports.id – MotoGP telah secara resmi mengkonfirmasi bahwa grand prix pertamanya di India akan berlangsung pada tahun 2023.

Mengingat jadwal ditahun 2022 terbilang sangat padat dan menyisakan beberapa balapan lagi, maka dari itu Dorna Sports menggesernya di tahun 2023.

Selama akhir pekan GP Aragon pada awal September, muncul laporan dari India bahwa MotoGP mengincar balapan di Sirkuit Internasional Buddh, bekas tuan rumah grand prix Formula 1.

Kepala Dorna Sports Carmelo dan Carlos Ezpeleta melakukan perjalanan ke India setelah putaran Aragon untuk menandatangani kontrak tujuh tahun untuk membawa seri ke negara itu dengan promotor acara FairStreet Sports.

Meskipun diperkirakan 2023 tidak mungkin menjadi tahun pertama yang realistis dari Grand Prix India, MotoGP telah mengumumkan bahwa itu akan ditampilkan pada jadwal musim depan.

Dengan kesepakatan baru-baru ini yang ditandatangani dengan Sirkuit Sokol untuk membawa Kazakhstan ke kalender mulai 2023, MotoGP akan memiliki kehadiran besar-besaran di Asia.

Selain India dan Kazakhstan, MotoGP akan mengikuti balapan di Jepang, Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Qatar.

“Kami sangat bangga mengumumkan bahwa Sirkuit Internasional Buddh akan ada di kalender 2023,” kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta.

“Kami memiliki banyak penggemar di India dan kami senang dapat membawa olahraga ini kepada mereka.

India juga merupakan pasar utama untuk industri sepeda motor dan oleh karena itu, untuk MotoGP sebagai puncak dunia roda dua.

F1 sendiri balapan di Sirkuit Internasional Buddh dari 2011 hingga 2013, meskipun GP India keluar dari kalender mulai 2014 karena alasan keuangan, birokrasi, dan perpajakan.

Kalender sementara penuh diharapkan akan diumumkan pada waktunya, dengan musim 2023 ditetapkan menjadi yang terpanjang dalam sejarah, jika India dan Kazakhstan tetap maju.

Musim 2023 akan dimulai pada 26 Maret di Portugal, karena tempat pembuka musim tradisional Losail di Qatar harus mundur ke akhir kalender, karena peningkatan fasilitas yang terjadi di sirkuit untuk kembalinya F1 ke negara itu tahun depan.

“Kami sangat menantikan balapan di Sirkuit Internasional Buddh dan tidak sabar untuk menyambut para penggemar melalui gerbang untuk melihat olahraga luar biasa ini secara langsung,” ujar Dorna Sports.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

MotoGP

Last updated on 8 November, 2022 iSports.id – Penutupan musim MotoGP di GP Valencia menandai momen yang sangat spesial bagi masyarakat Italia dan Francesco...

MotoGP

iSports.id – Skuad pabrikan Honda MotoGP baru saja memperbarui kesepakatan sponsorship dengan Repsol selama dua tahun. Repsol telah menjadi mitra tim pabrikan Honda sejak...

MotoGP

iSports.id – Fabio Quartararo tidak akan menyerah untuk mendapatkan gelar MotoGP 2022 di musim ini, meskipun terpaut 23 poin dari Francesco Bagnaia di Grand...

MotoGP

iSports.id – Australian Grand Prix Corporation akan mengevaluasi, apakah sirkuit Phillip Island membutuhkan pelapisan ulang berdasarkan masukan dari para pembalap MotoGP. Pembahasan mengenai permukaan...