Connect with us

Hi, what are you looking for?

Badminton

Sah, Gregoria Lolos BWF World Tour Final 2022

Isports.id – Tunggal putri andalan Indonesia yakni Gregoria Mariska Tunjung secara resmi lolos bermain pada BWF World Tour Finals 2022.

Pebulu tangkis berusia 23 tahun tersebut berhak untuk memperebutkan gelar terbaik pada sektor tunggal putri. Kompetisi yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand pada 7-11 Desember 2022.

Kepastian informasi ini berasal dari konfirmasi langsung oleh Bambang Rudiyanto selaku anggota dewan BWF asal Indonesia. Ia membuat cuitan pada laman akun twitter miliknya sebagai berikut.

“Breaking: Grego jadi ikut World Tour Finals,” tulisnya.

Informasi ini menjadi penantian besar yang membahagiakan bagi Gregoria. Pasalnya ia sempat tidak memiliki kesempatan untuk ikut serta dalam turnamen bergengsi ini.

Perlahan tapi pasti perkembangan permainan yang ditampilkan Gregoria mempengaruhi prestasi dirinya dalam beberapa ajang tur dunia terakhir.

Sehingga Gregoria mampu memperoleh poin peringkat individu yang nantinya sebagai acuan untuk penentuan peserta WTF.

Oleh karena itu, tunggal putri Indonesia tersebut berstatus sebagai pemain cadangan pertama pada kompetisi tersebut.

Hal ini berarti Gregoria memiliki peluang besar untuk tampil pada World Tour Finals apabila salah satu dari delapan peserta mengundurkan diri.

Bak gayung bersambut, salah satu tunggal putri asal India yakni PV Sindhu memutuskan untuk mundur pada ajang ini.

Kepastian ini terkonfirmasi dari pelatihnya yakni Kang Tae-sang asal Korea Selatan melalui akun Instagram pribadinya.

Menurutnya, PV Sindhu telah melaporkan kepada BAI selaku federasi bulu tangkis India bahwa dirinya akan menanggalkan kompetisi di Bangkok karena masih cedera. Serta beberapa kompetisi berikutnya kemungkinan besar akan juga ia lewatkan apabila cederanya masih belum pulih.

Namun beberapa pendukung Indonesia sempat cemas akan tidak hadirnya sosok Gregoria dalam turnamen ini. Dikarenakan BWF selaku federasi dunia dan penyelenggara kompetisi ini belum memustukan posisi PV Sindhu pada beberapa hari yang lalu.

BWF pun memberikan batas waktu hingga 29 November untuk peserta yang berhak lolos ke WTF.

Akan tetapi hal ini telah usai setelah pernyataan resmi yang muncul dari salah satu anggota BWF tersebut.

Ajang Pembuktian Pebulu Tangkis Dunia di World Tour Finals

Sebagai informasi, BWF World Tour Finals merupakan kompetisi penutup dari serangkaian BWF World Tour seperti Indonesia Open, Australia Open, dll.

Kuota peserta dalam setiap cabang terbatas hanya 8 peserta yang boleh tampil pada turnamen puncak yang akan bergulir di Bangkok pada 7 hingga 11 Desember 2022.

Adapun ketentuan untuk bisa tampil dalam turnamen tersebut adalah para peserta wajib mengumpulkan poin sebanyak mungkin dari rangkaian turnamen super 300, 500, 750 musim ini.

Artinya jalan menuju BWF World Tour Final hanya berdasarkan dari pemain yang berprestasi pada turnamen BWF World Tour selama tahun bersangkutan.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah mengumumkan bahwa pelaksanaan BWF World Tour Finals 2022 batal bergulir di Guangzhou, China dan berpindah ke Bangkok, Thailand. Hal ini karena China yang kala itu masih harus membenahi pandemi covid yang meningkat.

BWF menyatakan bahwa Asosiasi Badminton China (CBA) telah sepakat untuk perpindahan lokasi ini mengingat akan ada banyak kendala apabila tetap memaksakan turnamen di China ketika situasi pandemi COVID-19 masih mengintai Negeri Tirai Bambu.

Panitia akan merilis peserta yang ikut serta BWF World Tour Finals pada 22 November setelah penyelenggaraan turnamen Australian Open 2022.

Pada turnamen ini Indonesia telah memastikan beberapa wakil untuk ikut serta yakni Jonathan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Kemudian pada sektor ganda yakni Fajar Alfian/M. Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Olahraga

iSports.id – Sepanjang bulan Januari, para pemain top bulutangkis di seluruh dunia sudah mulai berkompetisi dalam turnamen bulutangkis. Setidaknya sudah dua turnamen yang berakhir,...

Berita Olahraga

iSports.id – Indonesia berhasil meloloskan tiga wakilnya di babak semifinal turnamen Yonex-Sunrise India Open Super 750. Sayang, ketiganya harus gugur dan mengandaskan harapan Indonesia...

Badminton

iSports.id – Turnamen Yonex-Sunrise India Open Super 750 sudah memasuki babak semifinal. Semifinal akan berlangsung pada Sabtu, 21 Januari 2023. Peraih gelar juara di...

Badminton

Last updated on 14 Desember, 2022 Isports.id – Tim bulu tangkis Indonesia belum mampu membawa pulang gelar pada perhelatan turnamen BWF World Tour Finals...