Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepak Bola

PSSI Butuh Rp13 Miliar Buat Naikkan Kualitas Wasit

PSSI Butuh Rp13 Miliar Buat Naikkan Kualitas Wasit
(Foto: Kompasiana)

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah berusaha mendapatkan kucuran dana Rp13 Miliar dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Uang sebanyak itu akan dipergunakan untuk menaikkan kualitas perangkat pertandingan, seperti wasit, hakim garis, dan pengawas pertandingan.

Jakarta, isports.id – Federasi sepakbola tertinggi di Indonesia itu terlebih dahulu mengajukan proposal dalam FIFA Forward Program. Menyambut keinginan tersebut, otoritas tertinggi sepakbola dunia tersebut mengirimkan utusannya, Karl Seitz.

Wanita berumur 47 tahun itu merupakan Manajer Wasit FIFA. Dia mengunjungi Indonesia selama dua pekan sejak 2 Desember lalu. Sosok Karl sudah sering hadir dalam berbagai kegiatan yang berkesinambungan dengan sepakbola.

“PSSI mengajukan program FIFA Forward, namanya Match Official Reform, yang digunakan untuk pengembangan perangkat pertandingan, terutama wasit,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, mengutip dari laman resmi PSSI.

“Jadi kita akan habiskan dana sebesar 13 miliar dari FIFA sepanjang tiga tahun sampai 2020 untuk melakukan reformasi perangkat pertandingan ini,” jelasnya.

Untuk langkah awal kunjungan Kari ke Indonesia, PSSI mengajaknya bertemu dengan perangkat pertandingan Liga 3 di Semarang pada Minggu 3 Desember 2017. Mantan wasit asal Amerika Serikat tersebut melihat ada keseriusan Indonesia untuk menggarap proyek ini.

“Saya melihat keseriuasan dan semangat yang besar. Dari beberapa pertemuan, saya juga melihat antusias yang tinggi dari perangkat pertandingan untuk belajar. Ini sangat positif ,” kata Kari.

Dalam pertandingan Liga 1 2017, operator PT LIB memaksa menggunakan jasa wasit asing. namun, kebijakan tersebut masih saja mendapatkan protes-protes dari klub peserta.

Di Indonesia sendiri, saat ini cuma ada lima wasit yang mengantongi lisensi FIFA. Mereka adalah Thoriq Munir Alkatiri, Oki Dwi Putra, Mustafa Umarella, Yudi Nurcahya, dan Dwi Purba Adi Wicaksana.

Sedangkan untuk hakim garis yang memiliki lisensi FIFA ada sebanyak tujuh orang, yakni Bangbang Syamsudar, Nurhadi, Beni Andriko, Dinan Lazuardi, Agus Mulyadi, Dede Duha dan Agus Prima Aspa.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sepak Bola

iSports.id – Selesai sudah petualangan Niko Kovac bersama Bayern Muenchen. Bayern mengumumkan pisah jalan dengan Kovac sehari setelah dipermalukan 1-5 oleh Eintracht Frankfurt. Itu...

Sepak Bola

iSports.id – Apes betul nasib Anderlecht. Klub papan atas Liga Belgia tersebut pada awalnya sangat bersemangat dan senang dengan kembalinya legenda klub mereka, Vincent...

Sepak Bola

iSports.id – Laga persahabtan seru tersaji pada Kamis malam (10/10/2019). Dalam laga itu mempertemukan Tim Panser Jerman melawan Tim Tango Argentina. Laga yang dihelat...

Sepak Bola

iSports.id – Belgia menjaga kesempurnaan penampilan mereka di kualifikasi Euro 2020. Eden Hazard dan kolega secara sensasional mampu mengalahkan San Marino dengan skor mencolok...