iSports.id
Sepak Bola Liga Inggris Sepak Bola Dunia

Bernardo Silva Terancam Hukuman FA

iSports.id – Bernardo Silva terancam akan terkena hukuman dari federasi sepak bola Inggris. Hal ini sendiri terkait dengan postingan di media sosialnya. Ia terancam larangan bermain enam laga.

Baca juga: Si Pencuri Hati Pep

CANDAAN BERUJUNG HUKUMAN

Akar permasalahan kasus ini muncul saat Silva mem-posting gambar karakter kartun berkulit hitam yang disandingkan dengan foto rekan setimnya, Benjamin Mendy saat masih balita. Postingan itulah yang kemudian memicu kontroversi. Silva dianggap telah melontarkan serangan rasial pada teman seklubnya itu. Pemain berusia 25 tahun tersebut langsung menghapus gambar dan melontarkan klarifikasi bahwa itu semua cuma gurauan semata. Dia juga menulis surat permohonan maaf atas tindakannya tersebut kepada FA

Pihak FA dilaporkan membandingkan cuitan Silva dengan video yang pernah ia rilis tahun lalu di Instagram. Di video itu Silva bertanya kenapa Mendy tampil tanpa mengenakan pakaian saat sang sahabat datang dengan celana dan baju serba hitam. “Diduga aktivitas pemain Manchester City tersebut melanggar Aturan FA E3 (1) karena itu berupa penghinaan dan/atau tidak pantas dan/atau mencemarkan permainan,” demikian pernyataan resmi FA.

Badan tertinggi sepak bola Inggris itu menambahkan, pelanggaran yang dilakukan oleh Silva diperparah dengan hinaan yang merujuk kepada ras dan warna kulit. Pemain asal Portugal itu diberi waktu hingga 9 Oktober untuk menanggapi dakwaan tersebut. Akibat dakwaan tersebut, Silva terancam dijatuhi hukuman larangan bertanding selama tiga hingga enam laga. Itu artinya pesepakbola asal Portugal itu bakal melewatkan laga-laga penting The Citizen, termasuk duel dengan Liverpool di Anfield pada 11 November mendatang.

Baca juga: Manchester City akan Buat Patung Vincent Kompany

PEMBELAAN PEP

Manajer Manchester City, Pep Guardiola akhirnya ikut angkat bicara mengenai apa yang akan menimpa anak asuhnya. Guardiola menilai apa yang Silva lakukan hanya sekedar bercanda saja sebagai sahabat. “Apa yang ia sampaikan hanya bercanda sajalah. Ada karakter kartun yang ia samakan dengan wajah Mendy dan terlihat mirip,” bela sang manajer.

“Jika sesuatu terjadi [Silva dihukum] itu akan menjadi sebuah kesalahan karena Bernardo adalah pribadi luar biasa. Bernardo salah satu orang paling menyenangkan yang pernah saya temui,” ujar Pep.

“Gambar itu bukan soal warna kulit. Ia mengambil gambar Benjamin kecil dan ia menghubungkannya dengan kartun ini, yang mirip dengan gambarnya. “Ada banyak situasi seperti serupa dengan orang berkulit putih dan Anda melihat kartun dan wajahnya mirip seperti wajah Anda dan Anda menaruhnya di sana, ini sama saja,” tutup Pep.

Baca juga: City Resmikan Cancelo

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Related posts

Panser Bertemu Tango Berakhir Imbang

Muhammad Rifqi

Baby Mourinho Gantikan Babyface Assasin?

Muhammad Rifqi

Hasil Sensasional Antarkan Bergia ke Euro 2020

Muhammad Rifqi

Leave a Comment