iSports.id
Sepak Bola Liga Inggris

Calon Direktur Olahraga Manchester United

iSports.id – Rio Ferdinand nampaknya dalam waktu dekat akan kembali ke pangkuan Manchester United. Bukan sebagai pemain, melainkan sebagai Direktur Olahraga Manchester United. Sejak awal tahun ini Manchester United memang sedang mencari sosok yang tepat untuk menjadi Direktur Olahraga pertama mereka. Tidak bisa dipungkiri kegagalan Manchester United dalam merekrut pemain pemain dengan kualitas tinggi menjadi salah satu alasan pihak Setan Merah tidak bisa berbuat banyak di musim ini.

GUNNAR SOLKSJAER

Sistem tata kelola klub dirasa ada yang salah dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya adalah terlalu luasnya kewenangan Ed Woodward sebagai jajaran eksekutif di United. Hal inilah yang memicu manajemen United untuk menunjuk sesesorang yang dapat membantu Ed dalam mengelola tim. Hal ini juga dirasa penting karena dengan adanya Direktur Olahraga akan menjadi penghubung bagi Ole Gunnar Solksjaer  sebagai manajer untuk membangun ulang squad Setan Merah kembali.

Rio ferdinand yang saat ini menjadi pengamat sepakbola di BT Sport

Dilansir dari Guardian (media Inggris) Rio Ferdinand menjadi salah satu kandidat kuat Direktur Olahraga di Manchester United. Penunjukkan Ferdinand tidak lepas dari kemampuan bisnisnya yang cukup baik. Selain itu mantan penggawa timnas Inggris tersebut sudah mengenal seluk beluk klub yang bermarkas di Old Traffod. Woodward sendiri merasa Ferdinand merupakan sosok yang tepat untuk mengisi pos tersebut. Keluarga Glazer selauk pemilik Manchester United juga terkesan dengan Ferdinand saat menjadi pengamat sepak bola di BT Sport. Ditulis dari Dailly Mail, “Wakil Direktur utama Manchester United sedang mempertimbangkan membawa Rio Ferdinand kembali ke klub untuk diberikan peran besar.”

BEBERAPA NAMA

Selain Ferdinand beberapa nama juga disebutkan menjadi calon Direktur Olahraga Manchester United yang pertama. Adalah Mike Phela, yang kini menjabat sebagai asisten Ole Gunnar Solksjaer. Phelan sendiri sudah mengungkapkan keinginannya untuk mengisi pos tersebut, hal itu dipicu dari dirinya yang belum mau memperpanjang kontraknya yang hanya berlaku hinggga akhir musim. Kabar sebellumnya menyebutkan bahwa Phelan hanya ingin bertahan apabila diberikan jabatan sebagai Direktur Olahraga. Mantan Asisten Sir Alex Ferguson ini sebenarnya sudah tidak asing dengan jabatan Direktur Olahraga, hingga saat ini ia masih menjabat Direktur Olahraga Central Coast Marine.

Salah satu kesuksesan Ajax adalah berkat Van der Sar

Selain Phelan, juga muncul nama Edwin Van der Sar yang juga tertarik kembail ke Old Traffod. Mantan kiper Manchester United ini sudah menungkapkan keinginannya untuk mengisi pos tersebut. Van der Sar hingga hari ini masih menjabat sebagai Direktur Olahraga AJax Amsterdam. Bersama Marc Overmars ia berhasil membangun Ajax kembali yang sempat kehilangan tajinya. Kegemilangan Ajax yang bercokol di puncak klasemen sementara Eredivisie (Liga Belanda), serta berhasil menembus babak semifinal Liga Champions musim ini tidak lepas dari peran keduanya dalam membangun Ajax.

baca juga : Manchester United Seperti Mengemis Masuk Empat Besar

PERTEMUAN FERDINAND DAN VAN DER SAR

Walaupun sedang bersaing dalam memperebutkan posisi Direktur Olahraga di Manchester United. Rio Ferdinand dan Edwin Van der Sar justru tidak terpengaruh dalam hal tersebut. Keduanya menganggap siapaun yang terpilih nantinya bisa menjalankan strategi bisnis agar mampu membangun Manchester United lebih baik.

Pertemuan ini terjadi kala semifinal leg pertama Tottenham Hotspurs kontra Ajax Amsterdam  selasa (30/4) kemarin. Pertemuan kedua mantan pemain Manchester United tersebut juga dipublikasikan Ferdinand di akun media social miliknya, dengan sebuah keterangan foto, “berbagi pengetahuan”. Bukan tanpa sebab Ferdinand menulis keterangan ini, menurut kakak Anton Ferdinand ini percakapan tersebut merupakan sebuah pengalaman yang berharga, meegenai peran yang mungkin nanti akan diembannya.

Pertemuan Ferdinand dan Van der Sar

“Dia teman baik. Dia melakukan pekerjaan yang fantastis disana (Ajax). Dia baru saja memberitahuku seluk beluk apa saja yang sebenarnya dia dapatkan disana. Jadi layak ditunggu siapakah yang nantinya akan benar benar secara resmi akan mengisi posisi Direktur Olahraga di Manchester United nantinya.

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

baca juga : gol ajaib Macheda

Related posts

Duel Seru Chelsea dan Ajax di Stamford Bridge

Muhammad Rifqi

Panser Bertemu Tango Berakhir Imbang

Muhammad Rifqi

Setelah Koscielny, Kapten Arsenal Bermasalah (Lagi)

Muhammad Rifqi

Leave a Comment