iSports.id
Sepak Bola Liga Inggris Sepak Bola Dunia

Gelar Pertama Manchester City di Musim baru

iSports.id – Manchester City berhasil memenangi Community Shield 2019. Mereka mengalahkan Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit. Ini adalah gelar pertama pasukan Pep Guardiola musim 2019/2020 dan gelar ketujuhnya selama menangani The Citizens.

Baca juga: Manchester City Gaet Rodri

JALAN PERTANDINGAN

Bertanding di Stadion Wembley pada Minggu (4/8/2019), Liverpool tampil tanpa Sadio Mane yang baru kembali pada Senin (5/8) usai membela Senegal di Piala Afrika 2019. Divock Origi tampil sebagai pengganti Mane menemani Roberto Firmino dan Mohamed Salah di lini depan. Di pihak kampiun Liga Inggris 2018/2019, Pep Guardiola menurunkan Claudio Bravo sebagai penjaga gawang. Raheem Sterling, Leroy Sane, dan Bernardo Silva ditempatkan sebagai trio lini depan. Sementara Otamendi dan John Stones mengawal pertahanan.

Sterlinh mencetak gol pembuka

Pertandingan sendiri berjalan dalam alur yang intens dan ketat. Empat menit pertandingan berjalan The Citizens sudah mengancam melalui upaya Leroy Sane. Bermula dari kesalahan Joe Gomez yang dimanfaatkan Raheem Sterling, bola kemudian disodorkan kepada Sane yang langsung melepaskan tendangan dari sudut sempit. Tetapi bola hanya menyamping dari sasaran. Liverpool merespons dua menit setelahnya melalui usaha Roberto Firmino. Umpan lambung Divock Origi diteruskan Firmino lewat tendangan setengah voli yang masih digagalkan Claudio Bravo dengan baik.

Menit ke–12, The Cityzens berhasil memecah kebuntuan lewat Raheem Sterling. Gol ini berawal dari tendangan bebas Kyle Walker yang berujung kemelut didepan gawang The Reds. David Silva yang mendapat bola melakukan sentuhan kecil ajaibnya yang berujung gol oleh Sterling. Gol dari Sterling ini membuat City diatas angin dan mengendalikan tempo permainan. Hingga babak pertama selesai, The Cityzens mendominasi permainan, hampir dari sepertiga lapangan mampu mereka kuasai.

Gabriel Jesus sukses melewati Van Dijk di laga ini

Bahkan saking mendominasinya, rekor Virgil Van Dijk pun pecah oleh Gabriel jesus. Setelah lebih dari setahun akhirnya sang defender asal Belanda ini mampu dilewati oleh Gabriel Jesus. Hal ini terbilang luar biasa, mengingat nama sekelas Lionel Messi pun belum bisa melewati Van Dijk. Apalagi The Reds tidak mampu mengeluarkan gegenpress andalannya, Pep Guardiola dengan cerdas memainkan bola di tengah lapangan dan membuyarkan pressing ketat permainan Liverpool.

Baca juga: Sapu Bersih ala Cityzens

BABAK KEDUA

Memasuki paruh kedua Klopp mencoba melakukan pendekatan baru pada dimensi lini tengahnya. Wijnaldum bermain lebih melebar dan Fabinho bermain lebih ke dalam. Pada awalnya ini belum berfungsi, malah The Cityzens kembali menorehkan peluang emas lagi lagi lewat Sterling. Menerima umpan terobosan David Silva, ia berhasil lolos dari perangkap offside dan tinggal berhadapan dengan Alisson, tapi tendangannya menerpa tiang gawang.

Joel Matip menyamakan kedudukan di babak kedua

Lalu kemudian angin pertandingan berubah kala Liverpool mendapat kesempatan emasnya lewat situasi bola mati. Yang pertama pada menit 57 saat sundulan Van Dijk menerpa tiang gawang Claudio Bravo. Peluang kedua didapat dari Mohammed Salah yang melepaskan tendangan jarak jauh, namun usaha Salah masih gagal. Liverpool makin bersemangat menyamakan kedudukan. Salah kembali beraksi. Ia berhasil menusuk dari sisi kanan lalu melepas sepakan keras. Kali ini usahanya mampu diredam oleh Bravo.

Penyelamatan gemilang Kyle Walker

Kerja keras Liverpool untuk mencetak gol akhirnya berbuah hasil pada menit ke-78. Tendangan bebas Jordan Henderson tak sempurna dihalau oleh barisan belakang City. Bola justru jatuh di kaki Van Dijk yang langsung melepas umpan ke depan gawang The Citizens. Matip menyambut dengan sundulan kepala untuk mengubah skor menjadi imbang 1-1. Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit. Hal ini membuat pertandingan harus ditentukan lewat adu penalti. Di babak tos-tosan, City berhasil memenangi laga dengan skor 5-4. Satu-satunya penendang yang gagal adalah gelandang Liverpool, Gini Wijnaldum.

Baca juga: Transfer Aneh Nabil Fekir

SAMA-SAMA TAMPIL HEBAT

Meski dalam laga tersebut Manchester City memenangi laga, namun Manaer The Cityzens, Pep Guardiola tidak ragu untuk memuji permainan lawannya. Walaupun mendominasi di awal hingga tengah pertandingan, nyatanya City benar-benar dikurung habis selama 10 menit akhir dan bahkan nyaris kalah andaikan Kyle Walker tak menyapu bola sundulan Mohamed Salah di garis gawang. Dewi Fortuna masih berpihak pada City ketika mereka menang 5-4 di adu penalti, setelah kegagalan penalti Gini Wijnaldum sebagai eksekutor kedua Liverpool.

Menurut Klopp hasil ini tidak akan menggambarkan kondisi di Liga

Usai pertandingan, Guardioila memuji perlawanan Liverpool yang dinilainya tampil hebat dan mampu merepotkan. Manajer asal Spanyol itu menilai tidak ada tim yang benar-benar tampil dominan selama pertandingan. “Final yang luar biasa dari kedua tim, tidak ada tim yang dominan selama 90 menit. Kami punya beberapa momen bagus, kami kelelahan di 15 menit terakhir dan mereka punya kesempatan menang,” ujar Guardiola di BBC.

Pep mendapat kartu kuning di laga ini

“Ini ujian bagus untuk kedua tim. Tentunya bagus untuk para pemain karena mereka tahu siapa lawan sebenarnya musim ini. Perbedaan tidak ada artinya di level seperti ini. Satu penalti, satu poin,” sambung Guardiola.

Baca juga: Resmi, Kieran Trippier Berlabuh ke Atletico Madrid

SUSUNAN PEMAIN

Liverpool (4-3-3)

Pelatih: Jurgen Klopp

Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold (Joel Matip 67′), Joe Gomez, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson, Jordan Henderson (A. Lallana 79′), Fabinho (Naby Keita 67′), Georginio Wijnaldum, Mohamed Salah, Roberto Firimino (X. Shaqiri 79′), Divock Origi (A. Oxlade-Chamberlain 79′).

 

Manchester City (4-3-3)

Pelatih: Pep Guardiola

Claudio Bravo, Kyle Walker, John Stones, Nicolas Otamendi, Oleksandr Zichenko, Kevin De Bruyne (Phil Foden 89′), Rodri, David Silva (Ilkay Gundogan 61′), Bernardo Silva, Raheem Sterling, Leroy Sane (Gabriel Jesus 13′).

Baca juga: Bagian Kelam Sepak Bola: TPO Part I

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Related posts

Brasil ke Semifinal Copa America 2019

Muhammad Rifqi

Liverpool Menangi Laga Ketat Kontra Tottenham

Muhammad Rifqi

Gol Roket Salah ke Gawang Chelsea Bukan Gol Favoritnya

Khairul Ardhi

Leave a Comment