Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepak Bola

Lewat Patung, Barcelona Hormati Johan Cruyff

iSports.id – Sosok Johan Cruyff tampaknya begitu membekas bagi Barcelona. Baru-baru ini tim raksasa Spanyol tersebut membuatkan Patung Johan Cruyff sebagai bentuk penghormatan kepadanya.

Baca juga: Barcelona Bangkit, Hancurkan Betis

BENTUK PENGHORMATAN

Johan Cruyff, nama ini sudah tidak asing lagi bagi pubik Katalan, termasuk seluruh fan Barcelona di seluruh dunia. Bagi Balugrana Cruff adalah peletak fondasi serta peletak filosofi sepak bola Barcelona. Efeknya, hingga sekarang Barcelona mampu setidaknya beberapa kali merajai Eropa. Tidak mau menyia-nyiakan sosok pahlawan Katalan tersebut, Senin (26/8/2019) kemarin, Barcelona dengan resmi memperlihatkan patung Johan Cruyff.

Patung ini sebagai bentuk penghormatan kepada Johan Cruyff

Peresmian patung untuk mendiang Cruyff dilakukan, Senin (26/8/209), di markas Barcelona. Presiden klub, Josep Maria Bartomeu, hadir dalam peresmian itu. Sementara itu dari keluarga mendiang Cruyff diwakili oleh sang istri, Danny Cruyff, serta kedua anaknya yakni Susila dan Jordi.

Acara ini sekaligus menjadi peresmian stadion Barcelona yang diberi nama Estadio Johan Cruyff

Patung setinggi 3,5 meter itu menampilkan sosok Cruyff yang tengah mengenakan kostum Barcelona dengan nomor punggung 9. Monumen ini berlokasi di depan pintu masuk tribun utama stadion Camp Nou. “Patung ini akan menjadi pengingat abadi akan Johan Cruyff dan apa yang ia wakili. Johan Cruyff sangat penting dalam sejarah Barcelona, secara hakiki dan sentimen,” ujar Bartolomeu melalui akun resmi Twitter Barcelona.

Baca juga: Rumput Ilalang Ajax

PATUNG IKONIK

Patung ini bukan hanya sekedar patung, ini merupakan bentuk simbol era Cruyff kala itu. Patung ikonik ini terbuat dari perunggu ini terletak di pintu masuk utama dari Camp Nou, dekat dengan patung legenda Barca lainnya, Laszlo Kubala. Patung ini memperlihatkan pose Cruyff ketika masih bermain di era 1970-an yang menjadi salah satu pose paling ikonik dari sosok asal Belanda tersebut.

Cruyff merupakan sosok fenomenal bagi Barcelona

Patung yang memiliki tinggi 3,5 meter dan berat 1500 kilogram ini dibuat selama beberapa bulan oleh pemahat asal Belanda, Corry Ammerlan van Niekerk. Selain Cruyff, Van Niekerk juga pernah membuat patung legenda sepak bola Belanda lainnya, seperti Frank Rijkaard dan Rinus Michels.

Alasan Niekerk membuat patung ini cukup beralasan. Baginya Cruyff merupakan sosok yang ikonik dan melambangkan sepak bola Katalan. Memang pada kenyataanya Cruyf adalah sosok yang fenomenal bagi Blaugrana. Ia adalah mantan pemain Barcelona di era 1970-an, serta pernah menjabat sebagai manajer Los Cules dari tahun 1988 hingga 1996. Ia adalah peletak dasar filosofi sepak bola Blaugrana, serta bertanggung jawab dalam pengembangan akademi tersohor La Masia.

Cruyff peletak fondasi total Football di Barca

Cruyff merupakan tokoh sentral dalam permainan menyerang Total Football di Belanda pada era 1970-an. Taktik tersebut kemudian diadopsi oleh Barcelona selama masa baktinya sebagai pemain dan pelatih di Camp Nou, hingga kini bertransformasi menjadi gaya bermain Tiki-taka.

La masia pun tidak lepas dari peran Cruyff yang membentuknya

Sebagai pemain, Cruyff memang tak terlalu sukses di Barcelona dari sisi raihan trofi. Tercatat Cruyff hanya mempersembahkan satu trofi La Liga dan Copa del Rey. Namun nama Cruyff harum ketika menjadi pelatih Barca pada periode 1988 hingga 1996 silam. Ia sukses mengantar Blaugrana meraih sederet trofi, mulai dari empat gelar La Liga, satu Copa del Rey, hingga satu gelar Piala Champions. Cruyff wafat pada 24 Maret 2016 pada usia 68 tahun karena penyakit kanker paru-paru yang diderita. Sejak masih aktif merumput, ia dikenal sebagai seorang perokok berat.

Baca juga : Konflik Transfer Griezmann

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sepak Bola

iSports.id – Catalonia mencekam. Kota klub raksaksa Spanyol, Barcelona tersebut saat ini sedang dalam kondisi yang penuh huru-hara. Situasi ini didapat usai sejumlah aktivis...

Sepak Bola

iSports.id – Tidak ada yang menyangka penampilan Ansu Fati sampai sejauh ini. Di awal musim bahkan namanya belum dikenal. Coba tengok di skuad Catalan...

Sepak Bola

iSports.id – Barcelona harus berterima kasih kepada striker andalannya Luis Suarez. Berkat sumbangan gol dari El Pistolero (julukan Suarez), Barcelona mampu memetik kemenangan. Bukan...

Sepak Bola

iSports.id – Jika ada yang bertanya apa spesialnya seorang Samuel Eto’o? Jawaban yang paling jelas adalah, ia satu-satunya pemain sepak bola yang merasakan indahnya...