iSports.id
Sepak Bola

Manchester City Lolos dari Sanksi larangan Transfer

iSports.id – The Cityzens (julukan Manchester City) selamat dari hukuman larangan transfer dari FIFA. Setelah hanya mendapat denda 315 ribu poundsterling atau setara dengan Rp5,4 miliar. Hal ini tentu melegakan, karena jika mendapat sanksi ini akan menghambat perkembangan City yang masih mengepakkan sayapnya hingga Eropa.

Baca juga: City Resmikan Cancelo

DENDA BERUNTUNG

Sebelumnya, City dikabarkan akan mendapat hukuman berupa larangan membeli pemain dalam dua bursa transfer ke depan. Sanksi ini serupa dengan yang diterima oleh Chelsea yang sebelumnya diputuskan bersalah akibat kasus transfer pemain di bawah usai 18 tahun. Tapi untungnya Manchester City kini hanya dikenakan denda 370 ribu Swiss Franc saja karena melanggar masalah transfer pemain dibawah umur 18 tahun ini. Mereka tak akan dihukum dengan larangan transfer seperti klub lainnya.

City lolos dari denda

FIFA awalnya tidak memperinci kasus apa yang membuat City awalnya terancam hukuman tersebut. Namun diyakini, City sudah menyalahi aturan terkait hubungan mereka dengan klub Denmark, FC Nordsjaelland, dan akademi sepakbola Right To Dream di Ghana yang keduanya dimiliki oleh Tom Vernon (Presiden Nordsjaelland).

Tahun lalu, dua pemain dari Right To Dream, George Davies dari Sierra Leone dan Dominic Oduro dari Ghana, mengatakan bahwa mereka menandatangani kontrak dengan City saat belum berusia 18 tahun. Mereka juga telah bermain untuk City dalam beberapa kejuaraan usia muda. Dengan membayar denda tersebut, Man City memiliki kebebasan melakukan perekrutan pemain yang mereka butuhkan di jendela tengah musim, Januari nanti.
Baca juga: Manchester City Gaet Rodri

KOOPERATIF

“Komite Disiplin FIFA telah memberi sanksi kepada Manchester City FC karena melanggar peraturan transfer internasional dan pendaftaran pemain di bawah usia 18 tahun, yang tertuang dalam pasal 19 Peraturan FIFA tentang Status dan Transfer Pemain,” tulis pernyataan di laman resmi FIFA. Namun sanksi ini sendiri masih bisa membuat City bernapas lega, pasalnya nasib mereka tidak senahas Chelsea.

Nasib City beda dengan Chelsea

Chelsea tengah menjalani hukuman larangan merekrut pemain baru. (Dave Thompson/AP) Sejauh ini pihak FIFA belum memberikan klarifikasi mengapa Manchester City hanya mendapat denda untuk pasal yang sama dengan Chelsea. “Klub menerima tanggung jawab atas pelanggaran yang terjadi sebagai akibat dari salah tafsir peraturan yang dipermasalahkan,” demikian pernyataan Man City.

City dianggap kooperatif

FIFA juga menambahkan jika pihak Manchester City memang sangat koperatif dalam kasus ini. “Semua pelanggaran terjadi sebelum Desember 2016 ketika pedoman tentang interpretasi ketentuan dikeluarkan, sejak tanggal itu Man City sepenuhnya patuh [pada peraturan],” Manchester City menambahkan. Kondisi ini berbeda dengan Chelsea. The Blues membantah tuduhan melakukan pelanggaran dan melakukan banding hingga Pengadilan Arbitrase Olahraga.

Baca juga: Transfer Harry Maguire: Manchester United Ditikung Sang Tetangga?

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Related posts

Anderlecht Kena Denda karena Vincent Kompany

Muhammad Rifqi

Diproyeksi Menggantikan Messi, Ansu Fati Dipagari Barca

Muhammad Rifqi

Klub Serie C, Como 1907 Diambil Alih Orang Indonesia

Muhammad Rifqi

Leave a Comment