iSports.id
Sepak Bola Sepak Bola Dunia

Niko Kovac Resmi Dipecat Bayern Muenchen

iSports.id – Selesai sudah petualangan Niko Kovac bersama Bayern Muenchen. Bayern mengumumkan pisah jalan dengan Kovac sehari setelah dipermalukan 1-5 oleh Eintracht Frankfurt. Itu adalah kekalahan kedua Die Roten di Liga Jerman musim ini. Robert Lewandowski dan kawan-kawan saat ini duduk di posisi empat dengan 18 poin dari 10 pertandingan.

Baca juga: Perisic Segera Menjadi Milik Muenchen

Keputusan Berat

Jalan yang ditempuh Bayern Muenchen musim ini memang berat. Performa tim yang naik turun bak roller coaster adalah awalnya. Bayern bisa saja tampil begitu brilian pada satu pertandingan, lalu di pertandingan berikutnya hancur lebur tidak bersisa. Kita tentu ingat bagaimana Muenchen meluluh lantahkan Tottenham di Liga Champions. Setelahnya Muenchen malah tidak tampil impresif di Bundesliga.


Pun begitu dengan penampilan mereka pada Minggu ini. Secara memalukan mereka harus kalah telak melawan Eintracht Frankfurt. Skor 1-5 menjadi hal yang memalukan bagi klub sekelas Die Rotten (julukan Muenchen). Ini merupakan kekalahan kedua Bayern Munich di Bundesliga musim 2019/2020. Kekalahan tersebut membuat klub berjuluk FC Hollywood ini tercecer di posisi empat klasemen sementara. “Performa tim kami dalam beberapa pekan terakhir dan hasil yang diterima menunjukkan butuh ada aksi untuk dilakukan,” ucap CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge, di laman resmi klub.

Baca juga: Lika-liku Winger Baru Muenchen

Memang Harus Dipecat

Kekalahan ini sendiri menimbulkan efek berikutnya, yaitu Niko Kovac harus lengser dari kursi kepelatihannya di Muenchen. Keputusan ini diambil setelah melalui persetujuan bersama antara sang pelatih dan petinggi klub, Presiden Uli Hoeness, CEO Karl Heinz Rummenigge, dan Direktur Teknik Hasan Salihamidzic. “Performa Bayern dalam beberapa pekan terakhir menunjukkan bahwa kami harus mengambil tindakan. Kami semua menyesali situasi ini. Saya ingin berterima kasih kepada Niko Kovac atas kinerjanya, terutama sudah mempersembahkan dua gelar musim lalu, ” ujar Rummenigge kepada Sky Sports.Presiden Klub, Uli Hoeness juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kovac. Karena bagaimanapun juga Kovac memberi dampak positif bagi Muenchen dalam masa-masa transisi ke pemain barunya saat ini. Terlebih musim lalu Kovac memberikan gelar ganda, Thropy Bundes Liga dan DFB Pokal. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Niko Kovac atas nama FC Bayern atas karyanya, terutama karena memenangkan gelar ganda musim lalu,” ujarnya di laman resmi klub.

Tanggapan Kovac? Meski berita, sang pelatih tetap menerima keputusan berat tersebut. “Saya rasa ini adalah keputusan yang tepat untuk saat ini. Saya dan saudaraku Robert (Kovac) mengucapkan terima kasih atas setengah tahun terakhir. Hasil dan cara kami bermain akhir-akhir ini telah membawa saya pada keputusan ini, jadi saya harus menerima keputusan berat ini,” ujar Kovac kepada BBC Sports.

Untuk sementara kursi pelatih Bayern akan diisi oleh asisten Kovac, Hans Flick. Manajemen klub dipastikan tengah mencari pelatih permanen untuk menggantikan Kovac. Beberapa nama manajer yang menganggur menjadi kandidat kuat pengganti Kovac. Mulai dari Massimiliano Allgeri, Jose Mourinho, Arsene Wenger. Bahkan nama pelatih anyar Ajax Amsterdam, Erik Ten hag juga masuk ke dalam bursa pengganti Niko Kovac.

Baca juga: Mencintai Bayern Itu Berat

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Related posts

Klub Serie C, Como 1907 Diambil Alih Orang Indonesia

Muhammad Rifqi

Panser Bertemu Tango Berakhir Imbang

Muhammad Rifqi

Catalonia Memanas, El Classico Dipindah?

Muhammad Rifqi

Leave a Comment