iSports.id
Sepak Bola Sepak Bola Dunia

Copa America 2019: Argentina Dikalahkan Kolombia

iSports – Segera  berbenah, mungkin itulah kata kata yang tepat untuk timnas Argentina saat ini. Dalam helatan Copa America 2019, Lionel Messi dan kolega ditumbangkan Kolombia dengan skor 0-2. Bermain dengan squad utama, Albiceleste justru tampil tidak memuaskan.

baca juga: Tangisan Messi

JALAN PERTANDINGAN

Di awal laga sebenarnya Tim Tango begitu optimis bisa mengalahkan Kolombia di Arena Fonte Nova, Salvador, Bahia, Minggu (16/6/2019) pagi waktu Indonesia Barat. Namun kenyataannya ternyata tidak seindah harapan, Carlos Queiroz sang pelatih Kolombia begitu cerdik dalam memainkan strategi di pertandingan ini. Mantan manajer Real Madrid ini sukses mengurung Messi dan mematikan permainan lini tengah Argentina.

Messi yang dikurung dalam pertandingan ini

Di awal babak pertama, Argentina tampil begitu terbuka dan membuka beberapa peluang. Peluang pertama datang di menit ke-7. Penjaga gawang David Ospina keluar dari sarangnya namun tidak mampu meraih bola. Beruntung Sergio Aguero tidak cukup sigap untuk memanfaatkan peluang ini. Kolombia mendapat nasib buruk pada menit ke-9. Penyerang sayap Luis Muriel terkapar usai berbenturan dengan Geman Pazzella. Dia kemudian ditarik keluar pada menit ke-12 dan digantikan Roger Martinez.

Para pemain Kolombia tampil ngotot

Menjelang babak pertama berakhir, tekanan Argentina menurun. Sepertinya Kolombia bisa menjinakkan lini tengah Argentina yang diisi pemain sekelas Paredes, dan Lo Celso. Terbukti di menit 38 James Rodriguez melepas umpan tendangan bebas yang mengarah ke Radamel Falcao. Bomber dengan julukan El Tigre tersebut nyaris membobol gawang Argentina andai sundulannya lebih bagus. Babak pertama berakhir dengan hasil imbang tanpa gol.

baca juga: Malaikat Firenze

BABAK KEDUA

Di babak kedua Argentina tidak mau diam begitu saja, pelatih Argentina Lionel Scaloni, segera melakukan perubahan pada awal babak kedua. Angel Di Maria ditarik keluar dan digantikan Rodrigo de Paul. Scaloni berharap bisa lebih kuat di lini tengah. Hasilnya Albiceleste lebih menekan dan lebih kreatif di lini tengah. Peluang pun langsung datang di menit 47, saat Leandro Paredes melepaskan tendangan jarak jauh. Tapi masih menyamping dari gawang Kolombia.

Roger Martinez mencetak gol pembuka

Ketegangan sempat terjadi ketika Juan Cuadrado melanggar Lionel Messi pada menit 60. Sempat terjadi ketegangan antar kedua belah pihak. Akhirnya, Cuadrado mendapat kartu kuning. Dia kemudian diganti pada menit ke-64 oleh Jefferson Lerma. Selepas insiden ini Tim tango terus membombardir sepertiga pertahanana Kolombia. Namun Queiroz selaku pelatih kolombia menginstruksikan agar squad-nya untuk tampil lebih sabar, hasilnya langsung terbukti.

Kolombia mencetak gol pembuka lwat sepakan keras Roger Martinez. Pergerakannya di sisi sayap kanan pertahanan Argentina, diteruskan dengan cutting inside dan mengakhiri dengan tendangan jarak jauh yang ciamik. Ketertinggalan gol langsung direspon oleh Scaloni (pelatih Argentina) namun bukan Paulo Dybala ataupun Lautaro Martinez yang dimasukkan, melainkan Mattias Suarez masuk menggantikan Sergio Aguero.

Duvan Zapata menggandakan kedudukan

Pergantian ini menjadi tidak efektif, Messi yang sebelumnya tidak efektif bersama Aguero dalam pertandingan ini malah makin melempem. Serangan-serangan tim biru putih ini kandas begitu memasuki sepertiga pertahanan Kolombia. Bahkan Kolombia mencetak gol keduanya di menit -86 lewat Duvan Zapata. Pemain yang masuk lapangan pada menit ke-81, untuk menggantikan Radamel Falco, sekaligus mengakhiri perlawanan Argentina

Aguero juga tampil mengecewakan dalam pertandingan ini

Dengan kegagalan mencetak gol ke gawang Kolombia, Messi menambah catatan buruknya di kompetisi bergengsi. Dari lima penampilan, empat di antaranya tampil di Piala Dunia 2018, Messi hanya mencetak satu gol. Pada laga selanjutnya Argentina akan berjumpa Paraguay pada 20 Juni 2019 mendatang.

baca juga: Higuain, Pensiun dari Timnas Argentina

SUSUNAN PEMAIN

Argentina (4-2-3-1)

Pelatih: Lionel Scaloni

Franco Armani, Renzo Saravia, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Guido Rodriguez (Guido Pizarro), Leandro Paredes; Giovani Lo Celso, Lionel Messi, Angel Di Maria (Rodrigo de Paul), Sergio Aguero (Matias Suarez).

Kolombia (4-3-3)

Pelatih: Carlos Queiroz

David Ospina, John Medina, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo; Juan Cuadrado (Jefferso Lerma), Wilmar Barrios, Mateus Uribe; James Rodriguez, Luis Muriel (Roger Martinez), Radamel Falcao(Duvan Zapata).

baca juga: On This Day: Debut Resmi Diego Maradona sebagai Pelatih Argentina

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Related posts

Setelah Koscielny, Kapten Arsenal Bermasalah (Lagi)

Muhammad Rifqi

Tren Kemenangan Italia Hancurkan Liechtenstein

Muhammad Rifqi

Panser Bertemu Tango Berakhir Imbang

Muhammad Rifqi

Leave a Comment