iSports.id
Sepak Bola Sepak Bola Dunia

Belanda Gasak Belarusia

iSports.id – Belanda terus menunjukkan tajinya di kualifikasi Euro 2020. Setelah hancur-hancuran di musim sebelumnya dan tidak ikut berpartisipasi dalam Piala Dunia 2018, Belanda seolah lahir kembali di tahun ini. Dini hari tadi tim Negeri Kincir Angin kembali menunjukkan tajinya dengan menggasak Belarusia empat gol tanpa balas.

Bermain di Feijenoord Stadium (Rotterdam) Belanda langsung mendominasi dari peluit awal dibunyikan. Baru dua menit pertandingan berjalan, mereka sudah unggul lewat gol Memphis Depay. Keunggulan cepat ini semakin membuat Belanda percaya diri dan berada di atas angin.

Tekanan demi tekanan terus dilancarkan oleh Der Oranje. Salah satunya lewat sepakan jarak jauh gelandang muda berbakat Frankie De Jong, walau hasilnya belum menjadi gol.

Depay bersama De Jong dan Wijnaldum melakukan selebrasi

Gol yang ditunggu akhirnya datang juga. Berawal dari pergerakan lini tengah, Georginio Wijnaldum sukses menyarangkan bola. Sepakan terukurnya mampu memperdaya kiper Belarusia Andrey Garbunov, 2-0 untuk Belanda.

Belarusia bukan tanpa peluang. Lewat serangan balik mereka memiliki kesempatan untuk memperkecil ketinggalan. Akan tetapi solidnya pertahanan yang dibangun oleh duo Virgil Van Dijk dan Matthijs De Ligt masih sangat sulit untuk ditembus.

Pada babak kedua keadaan tidak jauh berbeda. Anak asuh Ronald Koeman ini semakin nyaman bermain. Martin De Roon keluar digantikan Davy Propper menjadikan lini tengah Belanda semakin stabil dalam bertahan.

Alhasil mereka dengan leluasa menyerang Belarusia, yang berujung Wijnaldum dilanggar di kotak pinalti. Memphis Depay yang maju sebagai algojo dengan dingin mampu mengelabui kiper lawan.

Penalti dingin dari Depay

Memphis Depay seolah menjadi bintang pada pertandingan kali ini. Mantan pemain Manchester United ini berhasil memberikan assist kepada Virgil van Dijk di menit-menit akhir. Umpan Depay mampu dikonversi bek tengah Liverpool ini menjadi gol pada menit 86. Hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan, laga berkesudahan 4-0 untuk Negeri Kincir Angin.

Dengan hasil ini untuk sementara Belanda memuncaki klasemen Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan torehan 3 poin. Pada laga berikutnya nanti akan terjadi pertarungan seru dengan rival terkuat mereka di Grup ini, yaitu Jerman.

baca juga : Era baru Jerman diawali hasil imbang

BELANDA TERLAHIR KEMBALI

Belanda kali ini beda, meski masih ditukangi oleh muka lama, Ronald Koeman. Perubahan besar-besaran yang dilakukan Koeman terasa sangat segar bagi Timnas Belanda. Kegagalan masuk Piala Dunia 2018 seolah menjadi aib yang melecut semangat Belanda.

Ronald Koeman yang mampu memugar Skuad Belanda saat ini

Belanda yang memiliki tradisi kuat dalam sepak bola harus puas menjadi penonton dalam helatan di Rusia tersebut. Alhasil inilah yang menjadi tugas berat bagi Koeman. Bekerja sejak Februari 2018, Koeman mengubah tim pascatransisi para pemain senior yang pensiun. Kehilangan pemain senior yang selama ini menjadi kunci macam Arjen Robben, Robin Van Persie, hingga Wesley Sneijder menciptakan lobang yang besar di tim.

Walau tampil loyo di awal, pemilihan Koeman tidak salah. Mengandalkan pemain-pemain muda generasi baru, Belanda tampak begitu berubah dalam segi permainan tim. Memphis Depay, Frankie De jong, Matthijs De Ligt, Marten de Roon adalah sebagian kecil perubahan yang dilakukan oleh Koeman.

Bersama De Jong dan skuat muda lainnya Belanda menjanjikan permainan yang efektif

Moncernya para youngster ini juga didukung dengan filosofi sepak bola Koeman yang mengandalkan serangan cepat yang terukur. Efektifitas  serangan serta jarak antar lini yang rapat, membuat Belanda tampak trengginas saat ini. Layak ditunggu sejauh mana para youngster Der Oranje ini akan berbicara pada kualifikasi Euro 2020.

baca juga : Sejarah berdarah Escobar

Susunan Pemain

Belanda (4-3-3)

Pelatih : Ronald Koeman

Jasper Cilessen, Denzel Dumfries (K Tete), Matthijes De Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind, Marten De Roon (D Propper), Georginio Wijnaldum, Frankie De Jong, Seteven Bergwijn, Memphis Depay, Ryan Babel (Q Promes)

Belarusia (4-2-3-1)

Pelatih : I. Kriushenko

Andrey Gorbunov, Igor Shitov, Aleksandr Martynovich, Mikhail Sivakov, Denis Polyakov, Stanislav Dragun (D Laptev), Ivan Masevski, Yuri Kovalev (P Savitskiy), Anton Putsila, Igor Stasevich, Nikolai Signevich (A Saroka)

baca juga : malaikat firenze

Sumber : berbagai sumber

Foto : berbagai sumber

Related posts

Timo Werner Semakin Dekat Dengan Muenchen

Muhammad Rifqi

Sempat Gugup, Arsenal Akhirnya Menang

Muhammad Rifqi

Atletico Madrid Perkenalkan Joao Felix

Muhammad Rifqi

Leave a Comment