iSports.id
Sepak Bola Sepak Bola Dunia

Duel Klasik Copa America 2019: Brazil Kalahkan Argentina

iSports.id – Brasil sukses melangkah ke partai final Copa America 2019, setelah mengalahkan Argentina dalam duel klasik. Dalam duel klasik ini Tim Selecao menang 2-0 berkat gol dari Gabriel Jesus dan Roberto Firmino. Lionel Messi? Gagal lagi.

baca juga: Brasil ke Semifinal Copa America 2019

JALAN PERTANDINGAN

Pertandingan semifinal di Estadio Mineirao, Rabu (3/7) pagi WIB, berjalan terbuka dan menarik. Namun Brasil bermain lebih efisien dan mampu betul betul memanfaatkan celah pertahanan Tim tango. Baru dua menit laga berjalan, Brasil sudah mendapatkan peluang. Roberto Firmino mendapatkan bola di kotak penalti Argentina dan melepaskan tembakan dalam posisi tak terkawal. Bola ditepis, tapi belakangan wasit juga meniup peluit tanda off side.

Gabriel Jesus mencetak goal pertama

Argentina tidak mau tinggal diam, Albiceleste merespons lewat tendangan jarak jauh Leandro Paredes di menit ke-12. Percobaannya masih tipis saja di atas gawang Brasil. Pendukung tim Samba bersorak gembira di menit 19. Berawal dari pergerakan Firmino di sisi kanan, pemain Liverpool itu meneruskannya dengan umpan silang mendatar. Gabriel Jesus tak terkawal di tengah kotak penalti dan dengan mudah mencocor bola ke dalam gawang.

Lionel Messi tidak mau jadi penonton, walau diikuti oleh Casemiro sepanjang pertandingan, La Pulga membuka kesempatan lewat tendangan bebas andalannya. Dari tendangan bebas, Lionel Messi melepaskan umpan lambung ke dalam kotak penalti yang ditanduk Sergio Aguero pada menit ke-30. Bola gagal ditepis Alisson Becker, tapi membentur mistar gawang dan kembali ke arena permainan.

Pemain Brasil bermain lebih efisien

Pertandingan terus berjalan dengan intensitas tinggi di sisa babak pertama. Messi dan Aguero menjadi mesin serangan Argentina, walau hasilnya masih nihil. Gol balasan Argentina belum muncul juga hingga babak pertama selesai.

baca juga: Chile Memulai Copa America Dengan Kemenangan

BABAK KEDUA

Argentina memulai babak kedua dengan positif. Lautaro Martinez punya kans di tengah kotak penalti pada menit ke-50, hanya saja sepakannya menyambut umpan silang masih mudah untuk diamankan Alisson. Dua menit kemudian, sodoran Messi diterima Rodrigo De Paul yang berdiri cukup bebas. Tendangan kerasnya masih melambung.

Firmino mencetak gol kedua

Argentina terus membombardir pertahana Brasil, namun akan anak asuh Tite masih bermain tenang dan rapat. Argentina mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti pada menit ke-65. Messi maju sebagai eksekutor dan mengarahkan tendangan ke pojok kiri atas gawang. Alisson mengantisipasinya dengan baik dan menangkap bola.

Brasil maju ke babak final

Albiceleste seperti terbuai dengan menyerang dan lupa akan pertahanan. Hal ini dimanfaatkan oleh Brasil melalui serangan balik yang efektif. Diawali dari Gabriel Jesus yang mampu melewati satu pemain Argentina dari sisi kiri, sang striker memberi umpan manis kepada Fimino yang berdiri bebas di dalam kotak pinalti Argentina. Tanpa kesulitan, Bobby (panggilan Firmino) menceploskan bola, 2-0 untuk Brasil. Argentina mencoba meningatkan daya dobrak di sisa waktu pertandingan, termasuk memasukkan Paulo Dybala. Tapi Brasil meredam mereka dengan baik dan skor 2-0 pun tak berubah sampai peluit panjang dibunyikan.

baca juga: Tangisan Messi

DAN TERJADI LAGI

Dan terjadi lagi, Messi gagal lagi. Gagal untuk kesekian kalinya mempersembahkan tropi untuk Argentina. La Pulga harus keluar lapangan dengan kepala tertunduk. Pemain berusia 32 tahun itu selalu kesulitan membawa Argentina meraih trofi, walau dirinya sukses bersama dengan Barcelona dengan puluhan trofi.

Mirisnya lagi Messi hanya mencetak satu gol, dalam hasil imbang melawan Paraguay, meskipun dia diharapkan untuk melangkah lebih saat berhadapan melawan Brasil di mana dia akan menghadapi rekan satu tim saat ini dan masa lalu di seperti Philippe Coutinho dan Dani Alves

Messi masih belum bisa memberikan tropi bagi Argentina

Di dua edisi Copa America sebelumnya, Argentina kalah di final, keduanya melawan Chile. Tahun lalu di ajang Piala Dunia 2018 Rusia, Argentina keok di babak 16 besar melawan Prancis, yang akhirnya keluar sebagai juara. Usai laga Messi sendiri mengungkapkan kekecewaannya atas hasil ini, namun dirinya enggan pensiun dulu dan memastikan diri akan tampil pada tahun depan, saat Argentina menjadi tuan rumah ajang Copa America.

“Ini hari yang menyedihkan bagi kita semua, tapi saya bisa meyakinkan orang Argentina bahwa saya akan kembali tahun depan. Saya berutang piala. Tahun depan, Copa ada di Argentina, dan di depan kerumunan tuan rumah, dengan semua dukungan Anda, kami akan berusaha lagi,” ujar Messi usai laga. Penggawa Barcelona ini juga mempertanyakan beberapa keputusan wasit yang tidak menggunakan bantuan VAR dalam beberapa kejadian penting.

Masih ada kesempatan bagi Messi di Copa America tahun 2020

“Itu bukan alasan, tapi saya harap Conmebol akan melakukan sesuatu dengan wasit jenis ini, itu memiringkan pertandingan dengan buruk. Kami tidak mengikat, kami melakukan upaya yang sangat baik, semua hal kecil bagi mereka, langkah jelas yang tidak mengarah ke VAR, hukumannya, saya harap rekan setim saya dihormati ,” ujar Messi.

baca juga: Argentina Lolos Dari Lubang Jarum

SUSUNAN PEMAIN

Brasil (4-3-3)

Pelatih: Tite

Alisson, Alves, Silva, Marquinhos (Miranda), Sandro; Arthur, Casemiro, Coutinho; Jesus (Allan), Firmino, Everton (Willian).

Argentina (4-3-1-2)

Pelatih: Lionel Scaloni

Armani, Foyth, Pezzella, Otamendi, Tagliafico (Paulo Dybala); Acuna (Angel Di Maria), Paredes, De Paul (Giovani Lo Celso); Messi, Aguero, Martinez.

baca juga: James Rodriguez Dirayu Napoli

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Related posts

Klub Serie C, Como 1907 Diambil Alih Orang Indonesia

Muhammad Rifqi

Diproyeksi Menggantikan Messi, Ansu Fati Dipagari Barca

Muhammad Rifqi

Niko Kovac Resmi Dipecat Bayern Muenchen

Muhammad Rifqi

Leave a Comment