iSports.id
Sepak Bola Sepak Bola Dunia

Gelar Pemain Terbaik FIFA 2019 Jatuh ke Tangan Messi

iSports.id – Seperti yang sudah diprediksi beberapa kalangan sebelumnya, nama Lionel Messi masih akan menjadi pemegang kuat gelar pemain Terbaik FIFA 2019. Hal ini didapat setelah pada Senin (22/9) di Milan, El Messiah (Julukan Messi) menyabet gelar terbaik tersebut.

Baca juga: Tangisan Messi

PENGHARGAAN FIFA PERTAMA

Meski terbilang sudah diprediksi banyak kalangan sepak bola untuk menyabet gelar ini, nyatanya Messi tidak bermodal banyak untuk mendapatkan gelar ini. Dengan modal gelar juara Liga Spanyol dan menjadi pemenang sepatu emas Eropa atau pencetak gol terbanyak, Messi menyisihkan Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo. Bagi Messi sendiri ini merupakan pertama kalinya ia memenangi penghargaan Pemain Terbaik FIFA. Dalam tiga tahun terakhir sejak pertama kali diberikan, penghargaan ini dimenangi Cristiano Ronaldo (2 kali) dan Luka Modric.

Selain itu, ini juga jadi penghargaan individu besar pertama yang dimenangi Messi sejak 2015. Ballon d’Or 2015 merupakan penghargaan individu besar terakhir yang diraih Messi sebelumnya. Trofi ini dimenangkan ikon Barcelona itu tak lepas dari suara bulat yang diberikan para pelatih, kapten timnas dan penggemar sepak bola dunia. Namun, Messi tak didukung suara para wartawan.

Dari para kapten timnas di seluruh dunia anggota FIFA, Messi menerima 377 suara, mengungguli Virgil Van Dijk (337) dan Cristiano Ronaldo (330). Dalam hitungan pelatih, dia mendapat 379 suara, mengalahkan Ronaldo (307) dan Van Dijk (289). Kemenangan paling mencolok didapat dari para fan yang memberikan 1.359.728 suara kepada orang Argentina itu, berbanding 962.919 untuk Ronaldo, dan 704.235 untuk Van Dijk. Berbeda di mata para jurnalis di dunia yang lebih menyukai Van Dijk yang menerima 462 suara, lebih banyak ketimbang Messi (364), dan  Ronaldo (264). Bagi La Pulga (julukan Messi) sendiri ini merupakan hal penting, karena dengan penghargaan ini akan membuka jalannya untuk meraih Ballon D’or tahun ini.

Baca juga: Luka Modric, Pemain Terbaik FIFA 2018

PENGHARGAAN LAIN

Selain Messi, ada beberapa nama juga yang memenangkan kategori lainnya. FIFA sebelumnya telah mengumumkan 10 kandidat pada 31 Juli 2019 yang kemudian mengerucut menjadi tiga nomine saja pada 2 September 2019. Proses yang sama juga berlaku untuk penghargaan pemain terbaik wanita, serta pelatih terbaik pria dan wanita.

Juergen Klopp yang membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions musim lalu tampil sebagai pemenang dalam kategori pelatih terbaik, mengalahkan Pep Guardiola dan Mauricio Pochettino. Dominasi Liverpool begitu terasa dalam malam penghargaan ini seiring Alisson Becker yang terpilih sebagai kiper pria terbaik.

Di kategori wanita, Sari van Veenendaal asal Belanda menjadi kiper terbaik. Sedangkan Jill Ellis yang membawa timnas AS menjadi juara Piala Dunia wanita menjadi pelatih tim wanita terbaik. Ellis pun tercatat sebagai pelatih pertama yang berhasil mempertahankan gelar Piala Dunia setelah Vittorio Pozzo bersama timnas Italia pada Piala Dunia 1934 dan 1938. Kategori pemain terbaik wanita diraih Megan Rapinoe. Pemain timnas AS itu mengalahkan dua rivalnya, Alex Morgan dan Lucy Bronze.

Selain itu FIFA akhirnya mengesahkan Gol salto Daniel Zsori dari klub Debrecen ke gawang Ferencvaros terpilih menjadi gol terbaik dan mendapat penghargaan Puskas Award 2019. Gol Zsori pun mengalahkan gol tendangan chip Messi dan gol tendangan bebas jarak jauh Juan Fernando Quintero. Silvia Grecco menjadi pemenang FIFA Fan Award, sementara Marcelo Bielsa dan anak asuhnya di Leeds United mendapat penghargaan FIFA Fair Play.

baca juga: Kandidat Puskas Award 2019

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Related posts

Catalonia Memanas, El Classico Dipindah?

Muhammad Rifqi

Trent Alexander Arnold Pecahkan Rekor Guiness

Muhammad Rifqi

Anderlecht Kena Denda karena Vincent Kompany

Muhammad Rifqi

Leave a Comment