iSports.id
Sepak Bola Liga Inggris Liga Italia Liga Spanyol Liga Indonesia Sepak Bola Dunia Liga Perancis

Kandidat Puskas Award 2019

iSports.id – Senang dengan gol-gol cantik? Kali ini FIFA akhirnya resmi mengeluarkan kandidat pemenang gol terbaik untuk musim ini. Piala yang biasa disebut dengan Puskas Award ini sudah menjadi tradisi ada setiap tahunnya. Uniknya nama Lionel Messi akhirnya muncul dalam kandidat tersebut.

Baca juga: Bocoran Sir Alex Ferguson Untuk Menghentikan Messi

PARADE GOL TERBAIK

Secara resmi akhirnya FIFA mengeluarkan kandidat yang akan mempertarungkan gol terbaik untuk musim 2019. Parade gol terbaik ini nantinya akan diumumkan pada bulan September 2019 mendatang di kota Milan. Megabintang Barcelona, Lionel Messi akhirnya masuk dalam nominasi ini ditemani oleh Zlatan Ibrahimovic yang masih garang bersama L.A Galaxy.

Gol Messi menjadi kandidat kuat pemenang Puskas award 2019

Kandidat terkuat pun praktis adalah Ibrahimovic dan Messi yang sama-sama mencetak gol indah tahun ini. Messi mencetak gol indah itu kala Barcelona menghadapi Real Betis 17 Maret lalu. Dia mencetak gol lewat sepakan chip ajaib dari luar kotak penalti dan kiper Betis pun hanya terpaku melihat bola membentur mistar sebelum jadi gol. Messi pun berpeluang besar memenangi Puskas Award untuk pertama kalinya. Anomali mengingat Messi sebenarnya sudah tujuh kali masuk nominasi dari 11 edisi Puskas Award.

Ibrahimovic juga menjadi kandidat serius pemenang Puskas Award 2019

Sementara Ibrahimovic mencetak gol akrobatik saat klubnya, LA Galaxy, bertemu Toronto FC di Major League Soccer (MLS) pada 15 September 2018. Saat itu Ibrahimovic sambil membelakangi gawang menyontek bola umpan lambung dengan tumitnya. Selain kedua megabintang itu, penyerang gaek Italia yang bermain di Sampdoria, Fabio Quagliarella, masuk dalam nominasi itu. Dia membuat gol voli dengan tumitnya saat Sampdoria menang 3-0 atas Napoli di awal musim lalu

Gol cantik striker gaek, Fabio Quagliarella masuk dalam nominasi

Sebanyak 10 nominasi Puskas Award 2019 dipilih panel FIFA dan ahli sepakbola dari luar organisasi mulai periode 16 Juli 2018 hingga 19 Juli 2019. Tahun lalu, penghargaan gol terbaik di dunia diberikan kepada Mohamed Salah yang dicetak saat Liverpool melawan Everton di Liga Inggris. Pria Mesir itu melewati dua pemain lawan sebelum melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh. Namun, penghargaan yang didapat Salah menuai kritik lantaran banyak pihak gol salto Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale di Liga Champions lebih layak.

Baca juga: Zlatan Ibrahimovic Cetak Gol ke-500

MEKANISME PEMILIHAN

Semua gol yang dipilih untuk dinominasikan meraih penghargaan ini diciptakan dari periode 16 Juli 2018 hingga 19 Juli 2019. Gol-gol terbaik ini dipilih oleh sebuah panel khusus bentukan FIFA. Tidak sampai disitu, FIFA juga menyertakan para ahli sepak bola di luar lembaga FIFA. Kini publik sudah bisa memilih gol mana yang mereka anggap paling layak menerima Puskas Award.

Tahun lalu banyak pihak lebih condong memilih gol salto Cristiano Ronaldo

Proses voting di situs resmi FIFA ini akan ditutup pada 1 September 2019 tengah malam. Nantinya setelah terpilih tiga gol dengan suara terbanyak, pemenangnya akan ditentukan oleh voting yang dilakukan oleh anggota FIFA Legends. Pemenang penghargaan ini akan menerima trofinya secara langsung pada seremoni yang dihelat FIFA di kota Milan. Acara ini rencananya digelar pada 23 September 2019 mendatang.

Baca juga: Gol Mohamed Salah Menangkan FIFA Puskas Award 2018, Tepat?

PARA KANDIDAT PUSKAS AWARD 2019

1. Matheus Cunha (Brasil): Bayer Leverkusen vs RB Leipzig [Bundesliga] (6 April 2019)

2. Zlatan Ibrahimovic (Swedia): Toronto FC vs LA Galaxy [MLS] (15 September 2018)

3. Lionel Messi (Argentina): Real Betis vs FC Barcelona [La Liga] (17 Maret 2019)

4. Ajara Nchout (Kamerun): Kameroon vs Islandia Baru [FIFA Women’s World Cup] (20 Juni 2019)

5. Fabio Quagliarella (Italia): Sampdoria vs Napoli [Serie A] (2 September 2018)

6. Juan Fernando Quintero (Kolombia): River Plate vs Racing Club [Superliga Argentina] (10 Februari 2019)

7. Amy Rodriguez (Amerika Serikat): Utah Royals vs Sky Blue FC [NWSL] (16 Juni 2019)

8. Billie Simpson (Irlandia Utara): Sion Swifts Ladies FC vs Cliftonville Ladies FC [Women’s NIFL Premiership] (9 Agustus 2018)

9. Andros Townsend (Inggris): Manchester City vs Crystal Palace [Premier League] (22 Desember 2018)

10. Dániel Zsóri (Hungaria): Debrecen FC vs Ferencváros TC [Nemzeti Bajnoskag I] (16 Februari 2019)

Baca juga: Gol Roket Salah ke Gawang Chelsea Bukan Gol Favoritnya

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Related posts

Tren Kemenangan Italia Hancurkan Liechtenstein

Muhammad Rifqi

Catalonia Memanas, El Classico Dipindah?

Muhammad Rifqi

Skenario Aneh Mourinho dan Pochetino

Muhammad Rifqi

Leave a Comment