Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepak Bola

Napoli Kalahkan Juara Bertahan Liga Champions

iSports.id – Napoli sukses dalam laga pembuka Liga Champions 2019/20. Tidak main-main, lawan yang ditakulakannya adalah sang juara bertahan musim lalu, Liverpool. Bermain di Staion Sao Paolo, Napoli bermain dengan kepercayaan diri tinggi. Alhasil mereka mampu merepotkan dan mengalahkan Liverpool.

Baca juga: Liverpool Juara Super Eropa

JALAN PERTANDINGAN

Laga berlangsung cukup seimbang di awal babak pertama. Bermain di Stadion San Paolo pada Rabu (18/9/2019), gol Dries Mertens dan Fernando Llorente cukup untuk membuat juara bertahan menelan kekalahan. Napoli arahan Carlo Ancelotti menurunkan skuad terbaiknya dengan duet Dries Mertens dan Hirving Lozano di lini serang.

Sementara Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool memainkan trio Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Tuan rumah mendapatkan peluang matang terlebih dahulu pada menit 6 melalui sepakan keras Fabian Ruiz. Kendati sempat dua kali ditepis Adrian, bola muntahan dilesakkan ke gawang oleh Hirving Lozano. Namun, Lozano terlebih dahulu terperangkap offside.

Memasuki menit ke-21, giliran Liverpool yang mendapat peluang emas lewat Sadio Mane. Sayang usaha pemain asal Senegal itu masih bisa digagalkan Alex Meret. Roberto Firmino hampir membuka keunggulan Liverpool dua menit jelang turun minum. Tandukannya memanfaatkan umpan tarik James Milner hanya melenceng tipis di samping kanan gawang Alex Meret. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga jeda.

Baca juga: Marahnya Ancelotti

BABAK KEDUA

Gol penalti Mertens

Di babak kedua, tuan rumah langsung menggebrak ketika laga baru berjalan 4 menit. Sontekan jarak dekat Dries Mertens meneruskan umpan tarik Mario Rui memaksa Adrian melakukan penyelamatan gemilang. Napoli hanya dihadiahi sepak pojok. Mohamed Salah sempat memperoleh kesempatan untuk memecah kebuntuan pada menit ke-65. Sayang tembakannya masih bisa ditepis Meret.

Gol penutup dari Llorente

Petaka sesungguhanya datang pada menit 80, Napoli mendapat hadiah penalti pada menit ke-80 usai Andy Robertson melanggar Jose Callejon di kotak terlarang. Mertens yang bertindak sebagai algojo pun sukses menunaikan tugasnya dengan sempurna. Napoli memimpin 1-0. Tertinggal satu gol membuat Jurgen Klopp bereaksi dengan memasukkan Xherdan Shaqiri untuk menggantikan kapten Jordan Henderson. Namun alih-alih menyamakan kedudukan, Liverpool justru makin tertinggal setelah Llorente yang masuk sebagai pemain pengganti sukses membobol gawang Adrian pada masa injury time. Skor 2-0 untuk kemenangan Napoli bertahan hingga pertandingan selesai.

Baca juga: Manolas Menuju Napoli

KEKALAHAN MENYAKITKAN

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengatakan bahwa kekalahan yang dialami timnya dari Napoli pada matchday pertama Grup E Liga Champions 2019-2020 terasa menyakitkan. Jika melihat statistik, The Reds sebenarnya menguasai 51 persen aliran bola. Namun, pertahanan ketat alias catenaccio yang diperagakan tuan rumah membuat pasukan Klopp kesulitan mengembangkan permainan. Ditambah lagi, finishing The Reds (julukan Liverpool) juga buruk.

Mohamed Salah dan kawan-kawan membuat empat tembakan tepat sasaran sementara tuan rumah lima. Dua dari lima shot on target Napoli berbuah gol pada menit ke-82 lewat penalti Dries Mertens dan torehan Fernando Llorente di injury time.

“Sakit. Itu permainan yang jauh lebih baik daripada tahun lalu. Itu permainan yang sangat terbuka. Kami memiliki banyak serangan balik dan tidak menyelesaikannya, itu merupakan masalah. Kami mengendalikannya lagi menjelang akhir tetapi kemudian kebobolan lewat penalti,” kata Klopp kepada BT Sport.  “Kami melakukannya dengan baik di banyak momen. Kami memainkan banyak sepak bola yang bagus tetapi kami tidak menyelesaikan peluang kami. Anda melihat banyak rasa hormat dari kedua belah pihak,” ujar Klopp.

Meski demikian, pelatih yang membawa Liverpool juara Liga Champions pada musim lalu itu mengatakan bahwa timnya mesti bisa menerima kekalahan. “Kami membuat keputusan yang tidak benar malam ini, itu sebabnya kami harus menerima hasilnya,” tutur sang mantan manajer Dortmund tersebut. Akibat hasil minor tersebut, pasukan Klopp kini bercokol di peringkat ketiga klasemen Grup E tanpa nilai.

Baca juga: James Rodriguez Dirayu Napoli

SUSUNAN PEMAIN

Napoli (4-4-2)

Pelatih: Carlo Ancelotti

Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Kostas Manolas, Kalidou Koulibaly, Mario Rui, Jose Callejon, Allan (Eljif Elmas 75′), Fabian Ruiz, Lorenzo Insigne (Piotr Zielinski 66′); Hirving Lozano (Fernando Llorente 69′), Dries Mertens.

Liverpool (4-3-3)

Manajer: Juergen Klopp

Adrian, Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson, Jordan Henderson (Xherdan Shaqiri 87′), Fabinho, James Milner (Georginio Wijnaldum 66′), Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

Baca juga: Hasil Drawing Grup Liga Champions 2019/20

Sumber: berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Sepak Bola

iSports.id – Penampilan Liverpool musim lalu bisa dibilang menjadi penampilan yang berkesan. Meski gagal menjadi juara Liga Premiere, anak-anak asuh Juergen Klopp memberikan perlawanan...

Sepak Bola

iSports.id – Bagi penikmat sepak bola Premiere League, nama Hwang Hee Chan begitu asing di telinga mereka. Namun coba tanya kepada penikmat sepak bola...

Sepak Bola

iSports.id – Liverpool meraih kemenagan atas tamunya Red Bull Salzburg. Namun dalam laga tersebut sebenarnya tidak mudah bagi Liverpool. Mereka harus bekerja ekstra keras...

Sepak Bola

iSports.id – Barcelona harus berterima kasih kepada striker andalannya Luis Suarez. Berkat sumbangan gol dari El Pistolero (julukan Suarez), Barcelona mampu memetik kemenangan. Bukan...