iSports.id
Sepak Bola Sepak Bola Dunia

Sempat Gugup, Arsenal Akhirnya Menang

iSports.id – Arsenal hampir saja meneruskan tren negatifnya. Setelah menelan tiga kekalahan beruntun di Premiere League, akhirnya anak-anak asuh Unai Emery mampu meraih kemenangan di Europe League. Hasil ini didapatkan tadi malam setelah menumbangkan Valencia di leg pertama babak semifinal Europe League.

UMPAN PANJANG PAREJO

Bermain di kandangan sendiri, anak-anak Meriam London justru tampak terlihat sangat gugup dalam memulai pertandingan. Sepertinya tiga kekalahan beruntun sedikit banyak mempengaruhi mental anak-anak London ini. Hal ini terlihat dari permainan yang dikuasai Valencia di beberapa menit awal laga. Menit kedelapan peluang bersih untuk Valencia benar-benar tercipta, Umpan panjang Dani Parejo dimanfaatkan dengan Rodirigo yang berdiri bebas, namun sayang tendangannya malah terkena rekannya sendiri.

Valencia sempat unggul lebih dahulu lewat Diakhaby

Menit ke-11 gol untuk Valencia benar-benar tercipta. Melalui skema sepak pojok, Parejo kembali melepaskan umpan akurat yang dimanfaatkan oleh Rodrigo. Penyerang Valencia ini pun dengan cerdik memberikan assist dengan kepala yang diselesaikan dengan baik oleh Diakhaby, 1-0 untuk Valencia. Sampai beberapa menit setelah gol ini sepertinya pertandingan akan menjadi milik El Che (julukan Valencia).

Lacazette berhasil menyamakan kedudukan

Namun itu semua berubah di menit 18, Alexandre Lacazette berhasil menyamakan kedudukan. Emirates Stadium bergemuruh, hal ini menjadi pelecut mental dan semangat The Gunners. Gol ini seakan mengangkat moral pemain Arsenal. Perlahan tapi pasti anak asuh Unai Emery mampu menguasai bola dan menjinakkan kondisi di lini tengah permainan. Di menit ke-25 hasil baik dituai Arsenal, umpan silang Granit Xhaka di teruskan oleh Lacazette dengan sundulan kepalanya. Kiper sempat mengahalau, namun bola sudah melewati garis dan gol untuk Arsenal.

Sundulan Lacazette gagal dihalau Neto, dan membuahkan gol kedua bagi Arsenal

Di babak kedua, Valencia mencoba mencari momen kembali. Mereka kembali menekan Arsenal dengan menumpuk pemain di lini tengah sambal mencari kesempatan ruang terbuka di lini pertahanan Arsenal. Namun hingga pertengahan babak kedua belum ada peluang bersih untuk Valencia, justru Lacazette yang hampir saja mencetak Hattrick andai sundulan kepalanya masih mampu dihalau Jose Gaya. Arsenal benar-benar kembali, gol krusial dicetak oleh Aubameyang, umpan Kolasinac mampu diselesaikan dengan dingin oleh striker asal Gabon tersebut. Hasil ini menjadi modal berharga bagi Arsenal yang akan melawat ke Markas Valencia pekan depan.

 

baca juga : Luka Jovic Resmi Dipermanenkan Eintracht Frankfurt

PELUANG MASIH 50:50

Kemenangan yang diraih Arsenal diakui membuat Manajer Arsenal, Unai Emery puas dengan penampialn anak asuhnya tersebut. Walau sempat tertinggal terlebih dahulu, tim Meriam London ini tidak patah arang untuk mebalikkan keadaan. Hal inilah yang membuat Emery bangga atas hasil yang diraih.

“Respons kami sangat baik saat tertinggal terlebih dahulu” – Unai Emery

“Ketenangan, semangat, dan gol pada babak pertama memberi kami kepercayaan diri. Valencia adalah tim yang bagus. Mereka bermain dengan pemain yang kuat di lini tengah dan bertahan. Mereka juga kuat di Set Piece,” ujar Emery kepada Sky Sports. Emery juga menambahkan bahwa kemenangan ini bukan tolak ukur pasti dalam mencapai final. Emery yang tahu betul karakter Valencia, karena ia pernah menjadi pelatih di sana tahu betul kalau Valencia selalu mempunyai potensi dalam memberikan kejutan.

Gol ketiga dari Aubameyang menjadi gol krusial di laga ini

“Kemenangan ini memang hasil bagus. Namun, laga kedua nanti akan lebih sulit dan peluang kedua tim masih 50:50,” tutup Emery. Jika Arsenal mampu menahan imbang atau tidak kalah dengan selisih satu gol, maka Arsenal bisa lolos ke Final Europe League 2018/19.

SUSUNAN PEMAIN

Arsenal (3-4-1-2)

Manajer : Unai Emery

Petr Cech, Shkodran Mustafi, Sokratis Papasthaoupulus, Laurent Koscielny (Nacho Monreal), Ainsley Maitland Niles, Matteo Guendozi (Lucas Torreira), Granit Xhaka, Sead Kolasinac, Mesut Oezil (Henrikh Mkhtaryan), Pierre Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette.

Valencia (5-3-2)

Manajer : Marcelino Garcia

Neto, Cristiano Piccini, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Facundo Roncaglia, Jose Gaya, Carlos Soler (Daniel Wass), Mouctar Diakhaby, Daniel Parejo, Rodrigo (Santi Mina), Goncalo Guedes (Kevin Gameiro).

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

baca juga : Arsenal Minim Dana Belanja Musim Depan

Related posts

Nasib Sanchez

Muhammad Rifqi

Moise Kean Hijrah ke Inggris

Muhammad Rifqi

Portugal Juara UEFA Nation League

Muhammad Rifqi

Leave a Comment