iSports.id
Sepak Bola

Thailand vs Indonesia, Garuda Bertekuk Lutut Di Rajamanggala

Sempat unggul 1-0, timnas Indonesia harus bertekuk lutut atas tim tuan rumah Thailand dalam lanjutan laga grup B piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Sabtu (17/11/2018).

Meski mampu mencetak gol lebih dulu lewat tendangan jarak jauh Zulfiandy pada menit ke 28, nyatanya Timnas Indonesia tidak mampu mempertahankan keunggulan. Justru tim gajah putih, Thailand lah yang berangsur mengembangkan permainan hingga menghasilkan 4 gol oleh Korrakot Wriyaudomosiri pada menit ke-38, Pansa Hemviboon (45+2′), Adisak Kraison (65′), dan  Pokkhao Anan (74′).

Memulai laga dengan cukup agresif, Indonesia dan Thailand sama-sama mempraktikan permainan terbuka dengan umpan-umpan pendek. Indonesia yang terlihat lebih nyaman, mampu mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola yang lebih banyak dari tim tuan rumah, Thailand.

Riko melpas tembakan

Menit ke 25’ Indoesia sebenarnya sudah mendapatkan peluang emas.Namun sayang, lillipaly yang saat itu tinggal berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Thailand tidak mampu menempatkan bola dengan baik. Tendangannya yang diarahkan ke tiang dekat hanya menghasilkan tendangan sudut bagi tim nya.

Empat menit berselang barulah Indonesia mampu mencatatkan angka di papan skor. Adalah zulfiandy, pemain berusia 23 tahun asal Kabupaten Bireun tersebut yang mampu membuka asa untuk garuda. Tendangan jarak jauh kencangnya tersebut melenggang mulus ke karah kanan gawang Thailand yang gagal dimentahkan oleh penjaga gawang mereka, S. Tedsungnoen.

Selepas gol tersebut Indonesia mulai mengendurkan serangannya. Hal ini mampu dimanfaatkan oleh barisan penyerang Thailand untuk mengembangkan permainan. Benar saja, keunggulan Indonesia hanya bertahan hingga menit ke 38.

Berawal dari sepakan jarak jauh pemain Thailand yang mampu menciptakan tendangan sudut. Sang eksekutor tendangan sudut, Korrakot Wriyaudomosiri mengirim umpan langsung ke gawang Indonesia yang gagak diantisipasi penjaga gawang, Awan Setho. Skor sama kuat 1-1.

Gol ini pun membuat tim Thailand semakin percaya diri. Sampai akhirnya di dua menit babak tambahan paruh pertama mereka kembali menciptakan gol. Tendangan bebas yang diambil Wriyaudomosiri mampu menciptakan kemelut di depan gawang Indonesia. Dengan cepat Pansa Hemviboon menyambar bola sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 untuk Tim Thailand.

Di babak kedua Indonesia co mengambil inisiatif serangan, namun anak asuhan Bima Sakti terlihat kesulitan untuk menciptakan ancaman berarti ke gawang Thailand. Justru tim tuan rumah lah yang berhasil menambah keunggulannya. Di menit ke-65, Adisak Kraisorn menciptakan gol ketiga tuan rumah guna menjadikan skor kini 3-1.

Setelah menerima operan Puangchan, Kraisorn dengan mudah meloloskan dari kawalan lini belakang Indonesia. Dari dalam kotak penalti, Kraison melepaskan sepakan kencang yang tak kuasa dibendung Awan Setho.

Thailand semakin percaya diri. Pada akhirnya di menit ke-74, Thailand mampu menciptakan gol keempatnya lewat serangan balik.

Dechmitr mengirim umpan terobosan yang diterima Pokkhao Anan dan memenangi sprint dengan lini belakang Indonesia. Dengan situasi Awan Setho terlanjur keluar dari sarangnya, Anan melepaskan tembakan yang melewati atas kepala si kiper yang sukses bersarang di gawang Indonesia. Skor kini 4-1.

Pada menit ke 89’ Indonesia mampu menciptakan gol yang mereka tunggu-tunggu. Dari sepak pojok, Riko melepaskan tembakan ke dalam kotak penalti yang diselesaikan oleh Fachrudin Aryanto dengan sundulan ke arah tiang jauh gawang Thailand. Indonesia menipiskan ketinggalan menjadi 2-4.

Namun hingga pluit akhir dibunyikan tidak ada lagi gol yang tercipta. Indonesia harus bertekuk lutut atas tim tuan rumah, Thailand dengan margin ketertinggalan dua gol. Kekalahan ini pun menjadi kekalah kedua Indonesia di babak penyisihan grup Piala AFF 2018.

Susunan pemain

Thailand: 23-Siwarak Tedsungnoen; 4-Chalermpong Kerdkaew, 6-Pansa Hemviboon, 13-Philip Roller, 24-Korrakot Wriya-Udomsin; 8-Thitiphan Puangjan, 11-Mongkol Thosakrai, 14-Nurul Sriyankem, 17-Tanaboon Kesarat, 29-Sanrawat Dechmitr; 9-Adisak Kraison

Pelatih: Milovan Rajevac

Indonesia: 12-Awan Setho; 3-Alfath Fathier, 16-Fachruddin, 23-Hansamu Yama, 2-Putu Gede; 6-Evan Dimas, 4-Zulfiandi, 10-Stefano Lilipaly; 21-Andik Vermansah, 25-Riko Simanjuntak; 9-Alberto Goncalves

Pelatih: Bima Sakti

Baca juga: Perempatfinal Hong Kong Open 2018; Indonesia Kirim 4 Wakil di Semifinal

 

Related posts

Sejarah Berdarah Escobar

Muhammad Rifqi

Babak Baru Chelsea Vs FIFA

Khairul Ardhi

Jerman Memulai Era Baru Dengan Hasil Imbang

Muhammad Rifqi

Leave a Comment