iSports.id
Sepak Bola Sepak Bola Dunia

UEFA Nations League; Swiss dan Inggris Melaju ke Babak Semifinal

Portugal menjadi tim pertama yang memastikan diri berlaga di babak semifinal UEFA Nations League setelah sukses menahan imbang Italia 0-0 di Stadion San Siro, Milan. Usai Portugal, kali ini giliran Swiss dan Inggris yang melaju ke babak semifinal UEFA Nations League.

Hasil tersebut dipastikan setelah Swiss dan Inggris sukses mengalahkan lawan-lawannya. Swiss berhasil menang dengan skor yang sangat telak 5-2 atas Belgia, sementara timnas Inggris sukses mengalahkan Kroasia dengan skor tipis 2-1. Uniknya kedua tim tersebut menang dengan cara membalikkan kedudukan setelah sebelumnya tertinggal terlebih dahulu.

Dari grup 2 League A, Swiss secara mengejutkan berhasil menundukkan Belgia yang berstatus sebagai favorit juara dengan skor sangat telak 5-2. Bertanding di depan publik sendiri di Swissporarena Stadium di kota Luzern, timnas Swiss bermain agak lambat di awal pertandingan dan terkesan masih belum panas.

Hal itulah yang dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain Belgia untuk mengobrak-abrik pertahanan Swiss. Belgia yang bermain dengan 3 penyerang lincah Dries Mertens, serta Hazard bersaudara yaitu Thorgan dan Eden Hazard terlihat begitu menyulitkan pertahanan Swiss.

Hasilnya dalam 20 menit pertama, Belgia sukses mencuri 2 gol sekaligus membungkam para suporter tuan rumah yang memenuhi Stadion. Kedua gol Belgia tersebut semuanya diborong oleh Thorgan Hazard yang masing-masing dilesakkan pada menit 2 dan 17.

 

Ricardo Rodriguez

Pasca dua gol yang dicetak oleh Belgia, para pemain timnas Swiss merasa tersentak dan mulai bermain lebih agresif. Hasilnya mereka mendapatkan hadiah tendangan penalti yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Ricardo Rodriguez. Full-back AC Milan tersebut berhasil mengecoh penjaga gawang Belgia, Thibaut Courtois sekaligus menipiskan kedudukan menjadi 1-2 pada menit ke-26.

Lima menit kemudian akhirnya Swiss berhasil menyamakan kedudukan melalui striker andalan mereka, Haris Seferovic. Gol Seferovic rupanya membuat semangat para pemain Swiss menjadi semakin tak terbendung.

 

Haris Seferovic

Dengan determinasi tinggi, timnas Swiss akhirnya sukses membalikkan kedudukan menjelang akhir babak pertama tepatnya pada menit 44 dan kembali melalui Haris Seferovic. Gol tersebut sekaligus menutup babak pertama bagi keunggulan timnas Swiss 3-2 atas Belgia.

Belgia yang secara mengejutkan malah balik tertinggal nyata nya tidak tinggal diam, di babak kedua mereka memasukkan pemain-pemain dengan tipikal yang lebih menyerang. Divock Origi masuk menggantikan Thomas Meunier sementara Mitchi Batshuayi masuk menggantikan Nacer Chadli.

Dengan masuknya Batshuayi dan Origi, lini serang Belgia semakin baik sehingga upaya mereka dalam rangka menyamakan kedudukan semestinya membuahkan hasil yang signifikan. Akan tetapi alih-alih mencetak gol, Belgia justru semakin tertinggal kala Swiss mencetak 2 gol tambahan.

Pemain bertahan Nico Elvedi semakin menjauhkan keunggulan Swiss kala mencetak gol pada menit ke-62, sementara Haris Seferovic yang sebelumnya telah mencetak 2 gol di babak pertama sukses menambah pundi-pundi golnya. Tepatnya pada menit 84, Seferovic sukses melengkapi laga ini dengan raihan hat-trick. Skor akhir pun menjadi 5-2 bagi kemenangan Swiss dan meloloskan mereka ke babak semifinal UEFA Nations League sebagai pemuncak klasemen grup 2.

Sementara di grup lain yaitu grup 4, Inggris sukses mengandaskan perlawanan dari tamunya Kroasia dengan skor tipis 2-1. Inggris yang bertanding di hadapan publik sendiri di Stadion Wembley, London masih dibayang-bayangi kekalahan di semifinal Piala Dunia 2018 lalu kala berjumpa dengan Kroasia.

Akibatnya timnas Inggris bermain kurang meyakinkan di babak pertama. Meski bermain dengan para penyerang andalan seperti Raheem Sterling, Marcus Rashford, serta sang kapten Harry Kane, tidak ada satu gol pun yang tercipta di babak pertama baik bagi Inggris maupun Kroasia.

Kroasia yang lebih banyak bermain menunggu dan mengandalkan serangan balik, di awal babak kedua justru berhasil mencuri gol tepatnya pada menit ke-57. Adalah Andrej Kramaric yang sukses melesakkan bola ke gawang Inggris kawalan Jordan Pickford.

 

Andrej Kramaric

Usai mengelabui beberapa pemain bertahan timnas Inggris, sepakan Kramaric sempat di blok pemain bertahan Inggris yang membuat bola berubah arah sehingga gagal diantisipasi oleh Pickford.

Setelah tertinggal, Inggris kembali meningkatkan intensitas serangan serta memasukkan beberapa pemain seperti Jesse Lingard, Dele Alli dan Jadon Sancho. Pergantian pemain tersebut terbukti sukses, kala Lingard sukses memanfaatkan kemelut didepan gawang Kroasia menjadi sebuah gol penyeimbang bagi timnas Inggris.

 

Harry Kane

Akhirnya pada 5 menit jelang waktu normal berakhir, Harry Kane sukses mencetak gol sekaligus menjadikan timnas Inggris berbalik unggul menjadi 2-1. Memanfaatkan tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan Kroasia, Kane berhasil menyambut umpan tersebut menjadi gol kemenangan bagi timnas Inggris.

Hingga akhir laga tidak ada lagi gol yang tercipta, Inggris pun menang 2-1 atas Kroasia sekaligus memastikan diri lolos ke babak semifinal UEFA Nations League. Dengan hasil ini sudah ada 3 tim yang lolos ke babak semifinal yaitu Portugal, Swiss dan juga timnas Inggris. Satu slot tersisa akan diperebutkan oleh Prancis ataupun Belanda yang berada di grup 1 UEFA Nations League.

 

Baca Juga:  Final Hong Kong Open 2018; Minions Kembali Raih Gelar Juara

Related posts

On This Day : rekor gol tercepat Liga Champions tercipta

Muhammad Rifqi

LA Galaxy Resmikan patung David Beckham

Muhammad Rifqi

Pierce Morgan: Saya Pilih Ronaldo, Daripada Messi

Khairul Ardhi

Leave a Comment