Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepak Bola

3 Faktor Kekalahan Timnas Indonesia atas Timnas Irak

Pelatih Shin
Pelatih Shin ungkap kekalahan Timnas atas Irak | Bola.net

Last updated on 21 November, 2023

Isports.id – Pelatih Shin Tae Yong angkat suara perihal kekalahan telak Timnas Indonesia dari tuan rumah Irak yang berakhir 1-5. Laga yang bergulir di Basra Internasional Stadium pada Kamis (16/11/2023) WIB ini merupakan duel pertama kedua tim dalam grup F.

Pasalnya kedua tim akan kembali bertemu dengan Indonesia sebagai tuan rumah pada matchday keenam. Laga tersebut merupakan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua, yang mana semua negara terbagi dalam beberapa grup. Selain Irak, Indonesia akan bersua dua tim sesama Asean yakni Vietnam dan Filipina.

Shin Tae Yong beberkan alasan kekalahan Timnas Indonesia

Shin Tae Yong menilai ada 3 alasan utama anak asuhnya bisa terjungkal dengan 5 gol yang terdiri dari 2 gol babak pertama dan tiga gol pada babak kedua. Adapun gol-gol tersebut lahir dari Bashar Rasan (20’), gol bunuh diri Jordi Amat (35’), Osama Rashid (60’), Youssef Amyn (81’), dan Ali Al Hamadi (88’).

Alasan pertama adalah permainan tim lawan yang lebih bagus bila dibandingkan dengan Timnas yang terkesan panik ketika mendapatkan serangan. Selain itu faktor perbedaan kualitas beberapa pemain juga menjadi kunci kesuksesan Irak.

Kemudian alasan kedua adalah dukungan ribuan suporter tuan rumah yang membuat mental para pemain lawan lebih meningkat. Tidak hanya itu hal ini berbanding terbalik yang seakan membuat para pemain timnas gugup dalam beberapa momen.

Terbukti pada gol kedua lawan yang lahir dari kebingungan para pemain bertahan yang tak mampu mengawal dengan baik penyerang Irak. Lantas Jordi Amat yang ingin membuang bola malah terjun bebas ke gawang kiper Nadeo.

Terakhir yang menjadi alasannya adalah faktor kelelahan Asnawi dkk yang melakukan perjalanan cukup jauh. Hal tersebut terasa wajar dengan pemain Timnas harus melakukan transit dan membutuhkan beberapa jam untuk sampai ke negara Irak.

Kemudian, kami juga harus melalui perjalanan panjang dengan para pemain yang tidak datang bersamaan,” ujar Shin Tae-yong.

Baca juga: Michael Weiss Lawan Indonesia Lebih Ringan, Timnas Filipina Siap Tempur

Faktor lain Kekalahan Timnas

Adapun faktor selain pengungkapan dari pelatih Shin yang terlihat secara jelas oleh semua penonton adalah perbedaan peringkat dari kedua negara. Sebab Timnas Irak yang menghuni peringkat 68 dengan Timnas yang berada di peringkat 145.

Selain itu perbedaan pengalaman dalam kompetisi internasional dari kedua negara juga menjadi pembeda. Sebab Indonesia sangat jarang bertemu dengan tim-tim kuat Asia dalam kompetisi resmi dalam 5 tahun terakhir.

Hal itulah yang membuat Pelatih Shin Tae Yong akan melakukan evaluasi secara besar-besaran guna meraih poin penuh dalam lawatannya ke kandang Filipina. Misi wajib menang akan terusung oleh setiap pemain yang ingin tetap menjaga asa lolos ke babak berikutnya.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Sepak Bola

iSports.id – Kembali mencuat mengenai rumor Shin Tae yong akan tinggalkan timnas Indonesia dan akan kembali ke kampung halamannya. Masa depan pelatih Timnas Indonesia,...

Sepak Bola

iSports.id – Erick Thohir siapkan pemain muda untuk Piala AFF 2024 dan akan berikan kesempatan untuk pemain muda. Erick Thohir, Ketua umum PSSI mengumumkan...

Sepak Bola

  iSports.id – Pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong, memiliki keinginan kuat untuk menghadapi tim sepak bola Asia yang kuat. Korea Selatan menjadi nama...

Berita Olahraga

iSports.id – Sandy Walsh ucapkan terima kasih yang mendalam kepada para suporter yang telah memberikan dukungan selama perjuangan mereka dalam berbagai kompetisi. Dalam sebuah...