Connect with us

Hi, what are you looking for?

F1

Fernando Alonso Tercatat Jadi Pembalap Tercepat pada Sesi Latihan F1 GP Kanada 2024

Fernando Alonso Tercatat Jadi Pembalap Tercepat

iSports.id – Fernando Alonso tercatat jadi pembalap tercepat pada dua sesi latihan F1 GP Kanada 2024, pada Sabtu (8/6/2024) dini hari.

Dua kali juara dunia F1 ini berhasil menyelesaikan satu putaran pada Sirkuit Gilles Villeneuve dengan waktu 1 menit 15,810 detik pada sesi latihan kedua.

Meskipun demikian, catatan waktu Alonso masih jauh dari rekor lap tercepat yang pernah Valtteri Bottas pegang sejak 2019, yaitu 1 menit 13,078 detik.

Hal ini bisa mengingat, karena kondisi cuaca yang kurang mendukung pada hari pertama F1 GP Kanada 2024.

Fernando Alonso Tercatat Jadi Pembalap Tercepat

Para pembalap bahkan sempat menunda dan membatasi aksi mereka pada sesi latihan pertama. Hal itu karena beberapa titik pada Sirkuit Gilles Villeneuve masih tergenang air.

Genangan ini muncul akibat hujan lebat yang terjadi beberapa jam sebelum sesi berlangsung. Kondisi ini membuat para pembalap tidak bisa tampil maksimal, meskipun lintasan mulai mengering seiring berjalannya waktu.

Fernando Alonso mengaku tidak bisa banyak berkomentar tentang catatan waktu tercepat yang ia capat pada hari pertama F1 GP Kanada 2024.

“Sejujurnya, tidak banyak yang bisa saya komentari. Hari Jumat yang rumit untuk semua orang, tidak banyak lap di FP1 dan FP2,” ujar Alonso. “Kami tidak bisa mendapatkan putaran yang layak dalam kondisi lintasan kering maupun basah.”

Namun, pembalap tim Aston Martin Aramco ini menyebut bahwa kondisi rumit pada hari pertama bisa bermanfaat untuk menghadapi sesi-sesi berikutnya. Terlebih, tidak menutup kemungkinan sesi kualifikasi dan balapan juga akan terganggu oleh cuaca.

Alonso juga memberikan catatan kepada penyelenggara mengenai genangan air di beberapa titik lintasan yang berpotensi membahayakan pembalap.

“Kami membutuhkan tes yang layak dalam kondisi lintasan basah jika ada potensi terjadinya aquaplaning,” jelas pembalap berusia 42 tahun ini. “Mungkin ini akan jadi akhir pekan yang menarik bagi kalian, tetapi ini selalu jadi perjudian bagi kami untuk memilih tipe ban yang sesuai dengan kondisi lintasan.”

Setelah ini, para pembalap masih memiliki satu sesi latihan yang akan dilaksanakan pada Sabtu (8/6/2024) pukul 23.30 WIB. Sesi kualifikasi F1 GP Kanada 2024 dijadwalkan berlangsung pada Minggu besok.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

F1

iSports.id – Tim dari Red Bull Racing berencana datangkan Carlos Sainz, setelah kesuksesannya berhasil meraih kemenangan pada GP Australia 2024. Sehingga, petinggi tim Red...

F1

iSports.id – Tim Formula 1 sepakat bahwa perubahan trek F1 Singapura tidak akan memberikan dampak tertentu bagi kendaraan F1. Mengingat, karakter fundamental downforce pada...

F1

iSports.id – F1 Jeddah 2023 kembali menunjukkan dari kedua aksi pembalap terbaik dari Red Bull saling adu strategi di musim ini. Perez berhasil singkirkan...

F1

iSports.id – Fernando Alonso telah menjelaskan di mana dia masih perlu beradaptasi dengan mobil Formula 1 Aston Martin 2023, setelah beralih ke Alpine. Pembalap...