Connect with us

Hi, what are you looking for?

Basket

Basket IBL 2024 Memiliki Rencana akan Tetap Berlangsung di Bulan Ramadhan

Basket IBL 2024 Memiliki Rencana akan Tetap Berlangsung di Bulan Ramadhan

iSports.id – Rencananya, selama bulan suci Ramadan tahun ini (1445 Hijriah), Kompetisi Basket IBL 2024 akan tetap berlangsung untuk musim ini.

Sehingga, sejauh ini liga telah mengumumkan sembilan pertandingan lanjutan IBL 2024 yang akan berlangsung selama bulan puasa.

Adapun jadwal tanding juga berubah, dengan setelah buka puasa pada pukul 19.30 WIB atau 20.00 WIB.

Sebagai akibat dari ketentuan tersebut, pihak liga hanya memiliki kemampuan untuk mengatur paling banyak dua pertandingan dalam satu hari.

Sebaliknya, pertandingan basket profesional Tanah Air belum pernah berlangsung selama bulan Ramadan.

Basket IBL 2024 Tahun ini untuk Pertama Kalinya Berjalan pada Bulan Ramadhan

Sejak permulaan IBL pada tahun 2003, setelah berganti nama menjadi NBL pada musim 2010–2011, dan kembali ke IBL pada tahun 2016, tidak ada laga selama bulan puasa.

Adapun fakta bahwa pihak penyelenggara telah merencanakan agar kompetisi tidak berlangsung selama bulan Ramadan.

Liga basket profesional Indonesia selalu berakhir sebelum 1 Ramadan selama 16 musim pertama.

Jadwal liga IBL 2021 menyesuaikan dengan bulan puasa setelah musim 2020 terhenti karena pandemi COVID-19.

Pada saat itu, kompetisi berlangsung pada pertengahan Maret  hingga awal Juni. Bulan puasa kala itu berlangsung dari 13 April hingga 13 Mei 2021, menurut versi Kemenag.

Meskipun demikian, masa jeda antara musim reguler dan babak playoff menjadi alasan IBL 2021 untuk tidak menggelar pertandingan selama bulan Ramadan.

Jadwal yang sama juga pada musim 2022. Namun, untuk IBL 2023, kompetisi juga harus terhenti pada tengah musim karena adanya bulan Ramadan.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, break puasa IBL 2023 dimulai dengan pertandingan all-star sebelum kembalinya kompetisi dengan seri keenam musim reguler.

Pihak liga memutuskan untuk tetap menghelat pertandingan IBL 2024 selama bulan Ramadan karena beberapa alasan.

Salah satunya adalah penggunaan format home-away sejak musim reguler, yang membuat kompetisi diproyeksi berlangsung hingga tujuh bulan lebih lama.

Selain itu, sebagai bagian dari rencana pemilihan 2024, IBL meliburkan pertandingan musim ini selama empat pekan pada bulan Februari.

Jika IBL 2024 juga diliburkan selama bulan Ramadan, rangkaian kompetisi akan lebih lama dari tujuh bulan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Basket

iSports.id – Ingin terus memberikan kesan positif pada ajang Internasional, Pelita Jaya Jakarta datangkan mantan pemain NBA. Pelita Jaya Jakarta merupakan klub bola basket...

Basket

iSports.id – Secara mengejutkan Rony Gunawan mundur dari Satria Muda Pertamina, setelah ia mengambil sebuah keputusan bersama timnas. Satria Muda Pertamina Jakarta kembali mengumumkan...

Basket

iSports.id – Hampir ada sebanyak delapan mantan pemain NBA dan sejumlah Top Scorer dari liga-liga internasional, IBL 2024 mengukir cerita baru dengan merilis aturan-aturan...

Basket

iSports.id – RANS Simba Bogor mendatangkan Le Bryan Nash, untuk memberikan tambahan ekstra pada lini serang mereka pada IBL 2024. Nash, seorang penyerang tajam...