Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olimpik

IOC Dilema untuk Tidak Memasukan Rusia ke Ajang Paralimpiade 2022

Organisasi IOC/ Foto: Berbagai Sumber

Isports.id – Ketika negara-negara di seluruh dunia memberikan sanksi kepada Rusia atas serangannya terhadap Ukraina, Komite Olimpiade Internasional melakukan apa yang dapat dilakukannya untuk menanggapi agresi Rusia.

IOC mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka merekomendasikan atlet dan official dari Rusia dan Belarus, salah satu dari sedikit sekutu Rusia selama serangannya ke Ukraina dikeluarkan dari kompetisi internasional.

Dikatakan juga bahwa jika tidak memungkinkan untuk melakukan ini, federasi olahraga internasional dan penyelenggara olahraga lainnya harus memastikan baik atlet Rusia maupun Belarusia tidak dapat bersaing dengan nama negara asal mereka, dan sebaliknya atlet individu atau tim harus dianggap netral.

IOC memberikan pernyataan

Ketua Komite Internasional Olimpiade/ Foto: Berbagai Sumber

Dalam pernyataan IOC, disebutkan bahwa gerakan Olimpiade bekerja untuk membantu membawa perdamaian di dunia melalui olahraga karena kemampuan unifikasi atletik.

Disebutkan bahwa itu tidak mencoba untuk menghukum para atlet atas keputusan pemerintah mereka jika mereka tidak berpartisipasi secara aktif di dalam permasalahannya.

Namun, mengingat bahwa atlet Ukraina telah dilarang bertanding karena serangan itu, IOC membuat keputusan untuk merekomendasikan atlet Rusia dan Belarusia tidak diizinkan untuk ikut invasi dari negaranya.

Perang yang terjadi saat ini di Ukraina, menempatkan gerakan Olimpiade itu dalam dilema dalam mengambil sebuah keputusan.

Sementara atlet dari Rusia dan Belarusia dapat terus berpartisipasi dalam acara olahraga dengan catatan mereka harus netral.

Pengumuman IOC untuk Paralimpiade

Pengumuman oleh IOC datang hanya beberapa hari sebelum dimulainya Paralimpiade Musim Dingin di Beijing.

Dalam pernyataan itu, IOC mengatakan mendapat dukungan penuh untuk Komite Paralimpik Internasional (IPC). Paralimpiade sendiri akan dijadwalkan dimulai pada 4 Maret.

Pernyataan IOC mengatakan bahwa dalam kasus seperti Paralimpiade, di mana pada saat ini tidak mungkin untuk menghapus atlet dan offisial, atau warna nasional, bendera, simbol dan lagu pada negara tersebut.

Itu harus diserahkan kembali kepada organisasi, menemukan caranya sendiri untuk mengatasi dilema tersebut.

IOC akan terus melakukan koordinasi kembali terkait akan masalah ini dan terus berupaya tetap netral dalam mengambil tindakan serta keputusan.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobile Legends

iSports.id – Pro Gusion hadir dari Rusia saat pertandingan di Wild Card M5 berlangsung. Umbrella Squad telah menunjukkan keterampilan bermain Gusion yang luar biasa...

Berita Olahraga

iSports.id – UEFA telah mengkonfirmasi bahwa tim Rusia akan dilarang dari kompetisi Eropa musim depan, sanksi tersebut dijatuhkan pada hari Senin, 2 Mei 2022....

Esports

Isports.id – .BLAST Premier, liga Esports CS:GO profesional populer yang berbasis di Kopenhagen, Denmark, telah melarang tim yang berbasis di Rusia menghadiri acaranya. Pihak...

Berita Olahraga

Isports.id – Presiden Asosiasi Sepak Bola Polandia mengecam FIFA karena mengizinkan Rusia untuk terus bersaing di kualifikasi Piala Dunia. Asosiasi Sepak Bola Polandia telah...