Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepak Bola

Laju Timnas ke Final HWC Ditundukkan Meksiko dengan skor 3-4

Finis di peringkat 5, Timnas HWC berhasil perbaiki prestasi sebelumnya sebagai juara ke-7. Laju Timnas HWC terhenti setelah dikalahkan Portugal dengan skor 4-3.

Oslo, isports.id- Indonesia berhasil menempati peringkat kelima dari 48 negara peserta kejuaraan sepakbola jalanan Homeless World Cup (HWC) 2017, setelah menundukan Portugal 6-5 di City Hall Oslo, Norwegia, Selasa (5/9) setempat.

HWC bertujuan untuk memperbaiki permasalahan sosial terkait ketunawismaan, penularan HIV-AIDS, kemiskinan dan kurangnya akses terhadap pendidikan. Pertandingan tersebut mendukung kampanye agar setiap warga didunia agar dapat memiliki hunian yang layak.

Raihan ini memperbaiki prestasi Timnas tahun lalu di Scotlandia, yang hanya finish di urutan ketujuh. Perwakilan Indonesia saat ini belum melampaui prestasi terbaik perwakilan Indonesia sebelumnya.  Tahun 2012, Rumah Cemara mewakili Indonesia sebagai peringkat keempat dalam gelaran HWC di Meksiko.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia, Yuwono A. Putranto, yang menyaksikan langsung Indonesia bertanding saat menghadapi Portugal, mengungkapkan rasa syukur atas raihan tersebut. Meski hanya menempati posisi lima, namun perjuangan para penggawa Indonesia patut diapresiasi.

“Ini pertandingan extraordinary. Selamat, khususnya untuk Tim Nasional Indonesia,” ujar Yuwono.

Langkah Indonesia terhenti untuk melaju ke fase final setelah dikalahkan Meksiko dalam babak delapan besar dengan skor 4-3. Setelah sebelumnya melenggang mulus di fase grup.

Sementara itu, Kapten Timnas Indonesia, Pinsa Prahadian, mengatakan kejuaraan HWC bukan hanya sebatas memperebutkan piala. Lebih jauh dari itu, merupakan ajang untuk menyatukan dunia serta mengajarkan arti solidaritas yang sesungguhnya.

“Siapapun di turnamen ini, di awal pertandingan selalu mengucapkan semoga beruntung kepada lawannya. Ada pelajaran tertentu dari ucapan itu,” kata dia.

Bagi Pinsa, kompetisi semacam HWC 2017 ini juga sekaligus memberinya pelajaran tentang arti kebhinekaan. “Melihat  perbedaan itu nyata dan indah. Jika dilihat dari perspektif persamaannya, yaitu sama-sama bermain bola,”ujarnya.

Berikut catatan serta prestasi Timnas Sepak Bola Jalanan Indonesia sepanjang keikutsertaannya di Homeless World Cup:

2011 di Prancis: Peringkat 6 Dunia / Best Player/ Best Newcomer Team
2012 di Meksiko: Peringkat 4 Dunia / Best Coach
2013 di Polandia: Peringkat 8 Dunia
2014 di Chile: Peringkat 10 Dunia/ Best Player
2015 di Belanda: Juara Amsterdam Cup
2016 di Skotlandia: Peringkat 7 Dunia/Best Goal Keeper                                                                                                           2017 di Norwegia: Peringkat 5 Dunia

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga