Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepak Bola

PSG dan Man. City Dianggap Langgar Financial Fair Play

Manchester City dan PSG ditengarai oleh pihak petinggi LFP telah merusak nilai industri sepak bola internasional. Namun atas tuduhan tersebut UEFA enggan melakukan audit terhadap kedua klub tersebut. PSG seringkali melakukan pelanggaran atas aturan.

Madrid, isports.id- Pihak UEFA akhirnya memutuskan untuk tidak menginvestigasi Manchester City di bawah peraturan-peraturan Financial Fair Play (FFP).  Dorongan investigasi dan penyidikan itu dilakukan oleh Liga Sepak Bola Spanyol (LFP) terhadap klub Inggris itu. Langkah ini juga untuk mengawasi pembelanjaan besar-besaran yang dilakukan Paris St Germain (PSG).

LFP meminta otoritas sepak bola Eropa tersebut untuk memeriksa kondisi keuangan kedua klub itu. Keduanya menghabiskan lebih dari 200 juta pound pada bursa transfer terkini, seperti dikutip dari laman Reuters.

“Pendanaan oleh negara yang dilakukan PSG dan Man City mendistorsi kompetisi-kompetisi Eropa dan menciptakan spiral inflasi yang merusak industri sepak bola,” kata presiden LFP Javier Tebas.

PSG dimiliki oleh Qatar Sports Investments sejak 2011 dan City dibeli Abu Dhabi United Group pada 2008. Pada Agustus Liga Spanyol telah meminta kedua klub itu diperiksa, dengan mengatakan bahwa keduanya memiliki sponsor-sponsor yang tidak masuk akal secara ekonomi dan minim nilai yang adil.

UEFA membuka pemeriksaan formal pada pekan lalu terhadap PSG untuk melihat apakah tranfer mereka melanggar peraturan “balik modal” FFP. “PSG terbiasa melakukan pelanggaran dan telah melanggar regulasi-regulasi Financial Fair Play UEFA selama bertahun-tahun,” tambah Tebas.

“Penting bahwa UEFA tidak hanya melihat pada transfer-transfer pemain terkini, namun pada sejarah PSG yang diwarnai ketidak patuhan. Transfer-transfer semata-mata merupakan hasil bertahun-tahun doping keuangan di PSG,” ucapnya.

Klub Prancis itu merekrut Neymar dari Barcelona dengan memecahkan rekor transfer dunia yakni 222 juta euro, sedangkan Manchester City membeli sejumlah pemain termasuk Bernardo Silva, Kyle Walker, dan Benjamin Mendy yang total bernilai 215 juta pound, lebih banyak dari jumlah klub-klub lain yang dihabiskan dalam satu bursa transfer.

Sementara itu pihak Manchester City menolak berkomentar mengenai situasi ini. PSG belum dapat dihubungi untuk dimintai responnya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Olahraga

iSports.id — Manchester City akan mendebutkan seragam kandang baru mereka pada tur pramusim setelah meluncurkan versi terbaru bersama Puma. Seragam musim depan akan menampilkan...

Berita Olahraga

iSports.id — Ange Postecoglou yang marah menegaskan bahwa 48 jam terakhir telah menunjukkan fondasi Tottenham rapuh. Mereka harus menelan kekalahan 2-0 setelah menjamu Manchester...

Sepak Bola

iSports.id — Baru-baru ini, terdengar pernyataan transfer pemain mendebarkan dari petinggi La Liga Spanyol, yakni Javier Tebas selaku Presiden. Ia mengatakan bahwa striker Paris...

Liga Inggris

iSports.id — Manchester City sukses tuntaskan misi mengamankan poin penuh di kandang Tottenham Hotspur dan merebut kembali posisi puncak klasemen Premier League. Dua gol...