Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sepak Bola Dunia

Man City Tim Terboros Belanja Pemain, PSG Kedua

Man. City Kalahkan Rekor Belanja PSG. Jumlah anggaran belanja City mencapai €853 juta. Jumlah ini hanya terpaut €3 juta dari total belanja pemain PSG sebesar €850 juta.

Bern,ispors.id- Mungkin pandangan Anda silau dengan mega transfer musim panas yang dilakukan PSG atas Neymar. Namun pusat studi di Swiss, CIES Football Observatory, mempunyai catatan lain.  Sebuah riset independen oleh CIES telah merilis daftar 100 tim termahal di dunia berdasarkan aktivitas transfer masing-masing klub. Hasilnya, diluar dugaan, raksasa Liga Primer Inggris Manchester City menjadi klub paling banyak keluar dana.

City disebutkan telah mengeluarkan €853 juta di bursa transfer untuk bisa membangun skuat seperti yang mereka miliki saat ini. Jumlah tersebut hanya unggul €3 juta dari tim termahal kedua, Paris Saint-Germain. Kedua tim tersebut menjadi tim terboros di bursa transfer musim ini.

CIES turut menghitung dua transfer raksasa PSG, yakni €222 juta untuk Neymar dan €180 untuk Kylian Mbappe. Klub kaya Prancis itu total telah membelanjakan €395 juta di musim panas ini. Meski demikian, tambahan angka fantastis tersebut tetap tidak mampu membuat nilai skuat PSG mengungguli City, yang di musim panas ini menggelontorkan €242 juta untuk merekrut lima pemain.

Rival sekota City, Manchester United, menduduki peringkat ketiga. Bahkan, enam dari sepuluh besar skuat termahal merupakan tim asal Inggris. Selain duo Manchester, berturut-turut terdapat Chelsea (4), Liverpool (8), Arsenal (9), dan Tottenham Hotspur (10).

Juventus menjadi satu-satunya wakil Italia dalam daftar sepuluh besar skuat termahal ini dengan duduk di urutan ketujuh. Sementara raksasa Jerman Bayern Munich hanya menduduki peringkat ke-11.

Kampiun Liga Champions musim lalu, Real Madrid, berada di urutan keenam. Menariknya, Madrid menjadi satu-satunya tim di daftar sepuluh besar yang nilai skuatnya turun dari tahun lalu — sebesar €138 juta — akibat melepas sejumlah pemain di musim panas ini.

10) Tottenham Hotspur €361 juta.

9) Arsenal €416 juta

8) Liverpool €437 juta

7) Juventus €470 juta

6) Real Madrid €497 juta

5) Barcelona €628 juta

4) Chelsea €644 juta

3) Manchester United €784 juta

2) Paris Saint-Germain €850 juta

1) Manchester City €853 juta

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Sepak Bola Dunia

Isports.id – Polemik panas European Super League dengan UEFA kini menemui babak usai meredup beberapa musim. Mencuatnya isu setelah Pengadilan Uni Eropa memutuskan sebuah...

Sepak Bola

Isports.id – Akhir drama perjuangan salah satu wakil Italia yakni AC Milan dalam grup neraka Liga Champions 2023/24 kini telah usai. Tim asuhan Stefano...

Berita Olahraga

Isports.id – Misi pembentukan ‘Barcelona Klasik’ kian terwujud pada klub MLS (Liga Amerika Serikat) yakni Inter Miami. Hal itu setelah klub yang terhuni Lionel...

Sepak Bola

iSports.id – Kabar tidak mengenakan bagi skuad La Blaugrana, pasalnya bintang muda Barcelona alami cidera ACL yang serius pada pekan ini. Setelah pemeriksaan medis...