Last updated on 8 Agustus, 2017
Pemimpin kejuaraan MotoGP Marc Marquez telah mengakui bahwa pilihan ban yang salah untuk Grand Prix Ceko adalah kunci dari apa yang akhirnya menjadi kemenangan dominan.
Brno, isports.id – Saat balapan dimulai dalam kondisi lembab, Marquez, merupakan satu-satunya pembalap di deretan klasemen atas yang memilih ban belakang basah tipe soft, sedangkan yang lainnya memilih medium.
Dan juara bertahan itu langsung mendapat masalah serius, saat ia merosot ke posisi 10 pada akhir lap kedua dan masuk ke pit untuk mengganti motor keduanya, dilengkapi dengan slicks.
Langkah tersebut akhirnya menentukan balapan saat ia melaju dengan cepat saat bergabung kembali di trek, dan, pada saat mereka yang di depan juga masuk ke pit, sehingga dia memiliki keunggulan 20 detik.
Ketika ditanya setelah balapan tentang kesalahan pilihan ban di awal menjadi penentu kemenangan, Marquez mengakui bahwa hal itu terjadi meski tidak masuk dalam rencananya.
“Itu seperti bendera terakhir untuk tanda awal di Jerman (2016),” kata Marquez seperti dikutip oleh Motosport.com (6/8/2017). “Saya mengalami kesulitan dengan ban depan karena saya memilih opsi yang lebih lembut, saya sedang berjuang dan saya masuk lebih pit awal.
“Hari ini juga sama saja, saya menggunakan ban lebih lembut (di bagian belakang). Dari pembalap deretan atas, saya adalah satu-satunya. Saya tidak tahu mengapa, saya berada di grid dan saya ingin mengambil risiko.”
“Tapi saat saya keluar, saya sadar itu salah. Dan ini menciptakan situasi masuk ke pit lebih awal, mungkin itu terlihat bencana.”
Pimpinan Honda Puji Fleksibilitas Marquez
Pimpinan tim Honda, Livio Suppo, memuji keputusan Marquez untuk mengalah lebih awal: “Dalam kondisi seperti ini, Marc tidak dapat dipercaya. Kami tahu dalam kondisi seperti ini dia sangat kuat, jadi dia biasanya membuat pilihan yang tepat.”
Hasil MotoGP 2017 – Brno
- Marc Marquez / Honda ESP / 44’15.974
- Daniel Pedrosa / Honda ESP / 00’12.438
- Maverick Viñales /Yamaha ESP / 00’18.135
- Valentino Rossi / Yamaha ITA / 00’20.466
- Cal Crutchlow / Honda GBR / 00’20.892
- Andrea Dovizioso / Ducati ITA / 00’23.259
- Danilo Petrucci / Ducati ITA / 00’24.079
- Aleix Espargaro / Aprilia ESP / 00’30.559
- Pol Espargaro / KTM ESP / 00’30.754
- Jonas Folger / Yamaha DEU / 00’33.236
- Alex Rins Suzuki / ESP / 00’33.290
- Johann Zarco / Yamaha FRA / 00’34.595
- Karel Abraham / Ducati CZE / 00’34.697
- Jack Miller / Honda AUS / 00’38.062
- Jorge Lorenzo / Ducati ESP / 00’40.100
- Scott Redding / Ducati GBR / 00’44.376
- Tito Rabat / Honda ESP / 00’45.454
- Sam Lowes / Aprilia GBR / 00’53.976
- Andrea Iannone / Suzuki ITA / 01’23.346
- Hector Barbera / Ducati ESP / 1 lap
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.