Connect with us

Hi, what are you looking for?

F1

Mercedes Perkasa Saat Balapan GP Kanada

Mercedes Perkasa Saat Balapan GP Kanada
Duo Mercedes akhirnya berhasil menguasai balapan, Lewis Hamilton menyabet posisi pertama, sementara rekannya Valtteri Bottas finis di tempat kedua.

Untuk pertama kalinya musim ini, tim Mercedes meraih posisi finis 1-2 pada sebuah balapan. Hal itu terjadi dalam akhir pekan lomba seri ketujuh, F1 GP Kanada 2017 di sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Senin (12/6) dini hari WIB.

Montreal, isports.id – Lewis Hamilton mengantarkan Mercedes meraih hasil 1-2 pertama mereka di musim Formula 1 2017. Hamilton dengan mudah memenangi balapan di sirkuit Gilles Villeneuve dengan jarak keunggulan 19 detik di depan rekan setimnya, Valtteri Bottas.

Mengutip laman Motorsport, Pembalap asal Inggris, Lewis Hamilton mengatakan bahwa, selama lima tahun terakhir ia baru kali ini melihat Mercedes sekompak ini dan bekerja dengan tujuan yang sama, untuk memahami mobil dan datang ke sini, serta melakukan apa yang bisa diberikan. Ini pukulan besar bagi Ferrari.

“Mercedes melalukan pekerjaan luar biasa, menganilisis apa yang salah, semua poin. Benar-benar tim yang menakjubkan. Kami datang ke sini, mobil pun kembali ke posisi seharusnya.”

Setelah menghabiskan mayoritas balapan menahan serangan dari pembalap-pembalap di belakangnya, Daniel Ricciardo berhasil melengkapi podium di urutan ketiga. Sedangkan pemuncak klasemen, Sebastian Vettel, untuk yang pertama kalinya pada musim ini, gagal berdiri di podium setelah finis keempat. Pembalap Ferrari itu menyalip dua mobil Force India di sisa lima putaran terakhir.

Sergio Perez menempati urutan kelima, namun ia dan rekan setimnya, Esteban Ocon (P6), terlibat diskusi panas setelah pembalap Meksiko itu menolak instruksi dari Force India. Rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, berada di urutan ketujuh, hanya unggul 1,7 detik di depan pembalap Renault, Nico Hulkenberg.

Pembalap tuan rumah, Lance Stroll, berhasil tampil bagus di hadapan pendukungnya sendiri setelah mencetak poin perdananya di urutan kesembilan. Romain Grosjean, melengkapi sepuluh pembalap terdepan meski terlibat insiden pada putaran pertama.

Jalannya balapan F1 GP Kanada 2017 sempat diwarnai Daniil Kvyat yang terlihat mogok ketika prosesi formation lap dimulai. Tapi mobil pembalap Rusia itu bisa berjalan kembali menuju grid. Namun kelakuan Kvyat yang langsung menyalip banyak mobil di formation lap telah menyalahi aturan dan membuatnya dijatuhi hukuman penalti.

Lalu Max Verstappen berhasil mendapatkan start yang luar biasa dan naik ke posisi dua setelah start dari posisi lima, namun pembalap Belanda itu sempat terlibat kontak dengan sayap depan mobil Vettel yang pada putaran kelima terpaksa masuk pit lebih awal buat mengganti sayap depan.

Tak lama selepas start, mobil Safety Car sudah diterjunkan menyusul kecelakaan yang melibatkan Romain Grosjean, Carlos Sainz, dan Felipe Massa. Menjelang tikungan 3, mobil Sainz bersenggolan dengan mobil Grosjean. Sainz yang kehilangan kendali kemudian melintir ke arah mobil Massa dan menabrak pembalap Brazil tersebut. Keduanya tersingkir di tempat sementara Grosjean masuk ke pit untuk melakukan pergantian sayap depan.

Enam putaran kemudian, Verstappen berhenti di pinggir lintasan dan mengakhiri balapannya lebih awal setelah mengalami masalah mekanis untuk yang kedua kalinya pada pekan ini.

Saat bendera finis dikibaskan, Hamilton dengan mudah melintas di urutan pertama, dan memangkas jarak ketinggalan dari Vettel di klasemen menjadi 12 poin. Sementara nasib sial menimpa Fernando Alonso. Sempat berada di posisi poin, mobil pembalap Spanyol itu mengalami kerusakan mesin di penghujung balapan.

Adapun seri ke-8 F1 2017 akan digelar di sirkuit jalan raya Baku, Azerbaijan pada 25 Juni, dua pekan mendatang.

Berikut hasil akhir pekan lomba F1 GP Kanada 2017.

1 Lewis Hamilton (Mercedes) 33:05.2
2 Valtteri Bottas (Mercedes) +19.783s
3 Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) +35.297s
4 Sebastian Vettel (Ferrari) +35.907s
5 Sergio Perez (Force India) +40.476s
6 Esteban Ocon (Force India) +40.716s
7 Kimi Raikkonen (Ferrari) +58.632s
8 Nico Hulkenberg (Renault) +60.374s
9 Lance Stroll (Williams) +1 lap
10 Romain Grosjean (Haas) +1 lap
11 Jolyon Palmer (Renault) +1 lap
12 Kevin Magnussen (Haas) +1 lap
13 Marcus Ericsson (Sauber) +1 lap
14 Stoffel Vandoorne (McLaren) +1 lap
15 Pascal Wehrlein (Sauber) +2 laps
16 Fernando Alonso (McLaren) DNF
NC Daniil Kvyat (Torro Rosso) DNF
NC Max Verstappen (Red Bull Racing) DNF
NC Felipe Massa (Williams) DNF
NC Carlos Sainz (Torro Rosso) DNF

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

F1

iSports.id – Tim dari Red Bull Racing berencana datangkan Carlos Sainz, setelah kesuksesannya berhasil meraih kemenangan pada GP Australia 2024. Sehingga, petinggi tim Red...

F1

iSports.id – Tim Formula 1 sepakat bahwa perubahan trek F1 Singapura tidak akan memberikan dampak tertentu bagi kendaraan F1. Mengingat, karakter fundamental downforce pada...

F1

iSports.id – F1 Jeddah 2023 kembali menunjukkan dari kedua aksi pembalap terbaik dari Red Bull saling adu strategi di musim ini. Perez berhasil singkirkan...

F1

iSports.id – Fernando Alonso telah menjelaskan di mana dia masih perlu beradaptasi dengan mobil Formula 1 Aston Martin 2023, setelah beralih ke Alpine. Pembalap...