Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Olahraga

PERBASI Nantikan Prestasi Timnas Basket Usai Membangun Indoor Multifunction Stadium

Timnas Basket Putra
Tim Nasional Basket Putra Indonesia (Foto: Antara News)

iSports.id – Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaran 2023 FIBA Basketball World Cup atau Piala Dunia Bola Basket 2023 untuk pertama kalinya. Kejuaraan ini diadakan empat tahun sekali. Nantinya, 2023 FIBA Basketball World Cup akan berlangsung pada 25 Agustus – 10 September 2023.

Tidak hanya Indonesia, dua negara lainnya juga menjadi tuan rumah 2023 FIBA Basketball World Cup. Negara tersebut adalah Filipina dan Jepang. Di edisi sebelumnya pada tahun 2019, China menjadi tuan rumah penyelenggara kejuaraan ini dengan Spanyol berhasil keluar menjadi juara.

Pembangunan Indoor Multifunction Stadium Dapat Meningkatkan Prestasi Timnas Basket

Untuk menjadi tuan rumah, Pemerintah Indonesia dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) sudah melakukan banyak persiapan. Sebut saja dengan membangun Indoor Multifunction Stadium bertempat di area Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Stadion ini dipersiapkan dengan sesuai standar dari FIBA.

Menurut Sekretaris Jenderal PERBASI, Nirmala Dewi, dengan adanya Indoor Multifunction Stadium berharap  dapat membangun prestasi bagi tim nasional basket. Walaupun Indonesia tidak berhasil lolos menjadi peserta 2023 FIBA Basketball World Cup, namun ia berharap fasilitas tersebut akan memberi pengaruh positif terhadap prestasi timnas basket ke depannya.

Indoor Multifunction Stadium rencananya akan rampung pada Juni 2023 atau bahkan bisa lebih cepat. Dengan begini, timnas basket dapat memiliki fasilitas latihan yang layak. Terutama untuk fokus medali emas di SEA Games 2023.

Baca Juga: Menanti Kemegahan Stadion Indoor Indonesia Sambut FIBA World Cup 2023

Indonesia Tidak Lolos Menjadi Peserta 2023 FIBA Basketball World Cup

Tercatat, timnas basket tidak lolos sebagai peserta FIBA Basketball World Cup 2023 karena tak berhasil maju ke putaran final turnamen tersebut. Indonesia kalah di jalur kualifikasi usai takluk dari Arab Saudi pada awal Juli 2022 kemarin.

Tidak hanya itu, timnas basket juga mencoba merebut tiket lewat jalur terakhir yaitu FIBA Asia Cup 2022. Setidaknya, Indonesia harus masuk delapan besar atau ke perempat final untuk lolos ke FIBA World Cup 2023.  Sayang, Indonesia harus kalah dari China pada babak kualifikasi atau playoff.  Dengan kekalahan ini, Indonesia dipastikan tidak dapat bermain di  2023 FIBA Basketball World Cup.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Basket

Federasi Basket Dunia (FIBA) akhirnya memutuskan Indonesia bersama Jepang dan Filipina lolos ke final bidding calon pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2023. Keputusan yang...

Basket

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) membeberkan praktek ‘match fixing’ atau pengaturan skor yang terjadi pada ajang IBL 2017. Jakarta, isports.id – Kejadian ini...

Basket

Mantan manajer tim nasional basket putri Indonesia, Augie Fantinus menyambut baik rencana Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) yang berniat menaturalisasi pemain. Jakarta, isports.id –...

Basket

Perbasi Menetapkan 2 Pemain Asing Bermain di Klub IBL. Mekanisme penentuan pemain asing berdasarkan draft yang mengandalkan video dan statistik pemain. Jakarta, isports.id- Target...