iSports.id
Sepak Bola Sepak Bola Dunia

Laga Perpisahan Wazza, Inggris Tekuk Amerika Serikat

Laga persahabatan yang bisa dibilang “spesial” baru saja dilakoni oleh timnas Inggris ketika bermain menghadapi timnas Amerika Serikat di Stadion Wembley pada Jumat dinihari (16/11/2018) WIB. Pertandingan dinihari tadi bisa dibilang spesial karena comeback nya mantan kapten sekaligus legenda sepakbola Inggris yaitu Wayne Rooney di timnas Inggris.

Wayne Rooney atau yang biasa disapa “Wazza” yang telah menyatakan pensiun dari timnas Inggris, secara spesial kembali dipanggil FA untuk memperkuat timnas Inggris dalam laga persahabatan menghadapi Amerika Serikat.

 

Wayne Rooney (tengah)

Pemanggilan kembali seorang Wazza bukanlah tanpa alasan, melainkan untuk meperingati perpisahannya bersama timnas Inggris. Wayne Rooney total sudah membela tim nasional Inggris selama kurang lebih 15 tahun lamanya.

Dilansir dari transfermarkt.com total seorang Wayne Rooney telah bermain untuk timnas Inggris sebanyak 120 kali sejak debutnya pada tanggal 12 Februari 2003 ketika Inggris harus menyerah 1-3 menghadapi Australia dalam sebuah pertandingan persahabatan. Wazza juga menjadi pencetak gol sepanjang masa timnas Inggris dengan 53 gol.

Dengan data-data dan fakta tersebut memang sudah sepantasnya asosiasi sepakbola Inggris memberikan laga ini sebagai laga perpisahan bagi Wayne Rooney dalam rangka juga memperingati jasa-jasanya bagi sepakbola Inggris. Wazza yang kini bermain bagi klub DC United di MLS sekaligus juga menjadi orang kedua di dalam timnas Inggris yang telah bermain diluar Eropa yang dipanggil kembali memperkuat timnas Inggris setelah David Beckham yang kala itu memperkuat LA Galaxy yang juga berkompetisi di kompetisi MLS Amerika Serikat.

Di laga persahabatan sekaligus laga perpisahan Wayne Rooney ini timnas Inggris bertanding menghadapi timnas Amerika Serikat dan berlangsung di markas tim nasional Inggris yaitu Stadion Wembley, London. Starting line-up timnas Inggris pada pertandingan kali ini di dominasi oleh para pemain mudanya.

Posisi penjaga gawang diisi oleh penjaga gawang asal klub Everton, Jordan Pickford kemudian di lini belakang ada para pemain muda lainnya sebut saja Trent Alexander-Arnold, Michael Keane, dan Ben Chilwell. Lini tengah juga diisi oleh mayoritas para pemain muda seperti Harry Winks dan Delle Alli. Sementara di lini depan, trio penyerang juga diisi oleh para pemain muda mulai dari Jesse Lingard hingga youngster yang kini sedang bersinar bersama klub Borussia Dortmund, Jadon Sancho.

Timnas Inggris langsung memulai inisiatif serangan sejak awal laga. Meski tidak diperkuat oleh striker andalan Harry Kane yang hanya dibangku candangkan pada pertandingan ini, timnas Inggris nyata nya tetap mampu unggul cepat di menit ke-25 melalui gelandang asal Manchester United, Jesse Lingard. Sepakan melengkung Lingard dari sisi kanan pertahanan Amerika Serikat gagal dibendung oleh penjaga gawang Brad Guzan, 1-0 timnas Inggris unggul.

 

Jesse Lingard’s Goal

Selang 2 menit kemudian timnas Inggris sukses menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 via gol dari full-back asal klub Liverpool, Trent Alexander-Arnold (TAA). Trent Alexander-Arnold yang beroperasi di sisi kanan serangan timnas Inggris melakukan sepakan yang kembali gagal diantisipasi oleh kiper Amerika Serikat, Brad Guzan. Skor 2-0 bagi timnas Inggris, sekaligus bertahan hingga babak pertama usai.

 

Trent Alexander-Arnold. Source: DailyMail

Setelah unggul 2-0 saat jeda babak pertama, di babak kedua timnas Inggris nampak mengendurkan serangan sehingga timnas Amerika Serikat bisa memperoleh beberapa peluang emas untuk mencetak gol lewat para penyerang mereka seperti Timothy Weah dan Christian Pulisic.

Menginginkan perubahan permainan, pelatih timnas Inggris Gareth Southgate akhirnya memasukan nama-nama pemain senior seperti Jordan Henderson, Eric Dier dan tak ketinggalan seorang Wayne Rooney. Mereka dimasukkan oleh Southgate berbarengan pada menit ke-58. Wazza sendiri masuk ke lapangan menggantikan sang pencetak gol pertama, Jesse Lingard.

Pergantian pemain tersebut mulai terlihat dampak positifnya, tepatnya pada menit ke-77 timnas Inggris kembali mencetak gol ke gawang Amerika Serikat. Kali ini lewat striker mereka asal klub Bournemouth, Callum Wilson. Gol ini sekaligus menjadi gol penutup di laga ini. Laga perpisahan bagi Wayne Rooney kali ini pun terasa sempurna dengan kemenangan ini.

Susunan Pemain Inggris vs Amerika Serikat;

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Trent Alexander-Arnold, Michael Keane, Lewis Dunk, Ben Chilwell; Harry Winks, Delle Alli, Fabian Delph; Jadon Sancho, Jesse Lingard; Callum Wilson.

Cadangan: Jack Butland, Alex McCarthy, Marcus Rashford, Eric Dier, Ruben Loftus-Cheek, Jordan Henderson, Harry Kane, Wayne Rooney, John Stones, Kyle Walker, Ross Barkley, Raheem Sterling.

 

Amerika Serikat (4-3-2-1): Brad Guzan; DeAndre Yedlin, Matt Miazga, John Brooks, Jorge Villafana; Weston McKennie, Wil Trapp; Christian Pulisic, Julian Green, Timothy Weah; Bobby Wood.

Cadangan: Ethan Horvath, Marco Delgado, Sebastian Lletget, Kellyn Acosta, Reggie Cannon, Shaquell Moore, Cameron Carter-Vickers, Kenny Saief, Tyler Adams.

 

Baca Juga:  Hasil Wakil Indonesia di Babak 16 Besar Hong Kong Open 2018

Related posts

Zidane Kembali ke Madrid, Chelsea Kelabakan

Khairul Ardhi

Misi Leicester Cari Pengganti Claude Puel

Muhammad Rifqi

Messi Kembali Ke Timnas Argentina

Khairul Ardhi

Leave a Comment