Connect with us

Hi, what are you looking for?

Badminton

Tim Bulutangkis Beregu Putra Juara, Tuai Satu Emas

Timnas Bulutangkis Beregu Putra
Perayaan Medali Emas Timnas Bulutangkis Beregu Putra | Badminton Ina

Isports.id – Indonesia Raya kembali berkumandang pada babak final usai tim bulutangkis beregu putra Indonesia meraih emas dalam SEA Games 2023. Laga mempertemukan Timnas Indonesia menghadapi Malaysia di Morodok Techno National Sports Complex, Kamboja pada Kamis 11 Mei 2023.

Pertarungan kedua tim yang merupakan rival lama pada turnamen ini sejatinya berlangsung cukup sengit dan dramatis. Meskipun begitu Cristian Adinata cs sukses mengandaskan perjuangan Malaysia dengan skor keseluruhan 3-1.

Laga pertama dibuka dengan pertarungan sektor tunggal yakni Chico Aura Dwi Wardoyo vs Leong Jun Hao. Chico yang sedang dalam tren positif pada turnamen Open series dan perhelatan SEA Games secara mengejutkan kalah dua set langsung.

Chico harus menyerah dengan skor 16-21 dan 13-21 dari unggulan pertama Malaysia pada turnamen ini. Faktor kelelahan dan kurang antisipasi permainan lawan menjadi dalang kekalahannya. Alhasil Garuda muda pun tertinggal 0-1 dan harus bangkit pada laga berikutnya.

Memasuki laga kedua yakni pertarungan ganda putra yang merupakan salah satu kekuatan tim Indonesia mendulang poin terbukti sukses. Pertarungan antara Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Beh Chun Meng/Goh Boon Zheng berakhir dengan kemenangan Indonesia dengan skor 21-12, 22-20.

Pengalaman pertandingan dan kualitas permainan menjadi faktor pembeda pada laga ini. Terlihat beberapa kali meski harus tertinggal skor pada gim pertama, pasangan Indonesia mampu membalikan keadaan.

Hal serupa pun terjadi kala gim kedua berlangsung ketika pasangan Malaysia mulai menaikan tempo dan smash. Shohibul Fikri/Bagas Maulana tampil tetap tenang dan berusaha memanfaatkan kelengahan lawan yang terburu-buru.

Pertandingan pun semakin memanas ketika skor menjadi sama kuat yakni 1-1 dan laga ketiga akan bergulir pada sektor tunggal.

Baca juga: PBESI Targetkan Medali Emas di SEA Games 2023

Perjuangan tim bulutangkis beregu putra semakin memanas

Tim Bulutangkis Beregu Putra Indonesia

Perayaan kemenangan game keempat Tim Beregu Putra Indonesia | Badminton Ina

Cristian Adinata yang sempat gagal membantu timnya mendulang poin pada babak semifinal. Kini Ia mampu menebus kesalahannya dengan secara dominan mengungguli lawannya yakni Lee Shun Yang dengan skor 21-17 dan 21-9.

Situasi berbahaya berbalik kepada kubu Malaysia yang harus memenangkan gim keempat melalui ganda Chia Weijie/Liew Xun. Namun perjuangan mereka tidaklah mudah sebab Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan merupakan salah satu unggulan turnamen.

Harapan Malaysia untuk berjuang pada laga kelima pupus usai pasangan Indonesia secara dramatis berhasil menang dengan skor 13-21, 21-16, dan 21-16.

Skor 3-1 pun menutup duel panas tersebut dan membuat Indonesia menambah medali emas ke-18 sepanjang turnamen ini bergulir sejak 1977. Keberhasilan ini pun menjadi penebusan Tim Bulutangkis yang sempat gagal pada SEA Games sebelumnya yang hanya meraih Perak.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Badminton

iSports.id – Chico berhasil lolos ke babak 16 besar French Open 2024, setelah tampil memukau dan sukses kalahkan unggulan dari Jepang. Tunggal putra Indonesia...

Badminton

Isports.id – Jonathan Christie atau Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri sukses menyelamatkan Indonesia dalam French Open 2023. Pasalnya kedua wakil tersebut...

Badminton

iSports.id – Indonesia merayakan prestasi luar biasa saat dua ganda putra terbaiknya bersaing untuk merebut tempat final Denmark Open 2023. Suatu pencapaian yang mengagumkan...

Badminton

iSports.id – Kini, nama Chico Aura Dwi Wardoyo mulai bersanding di deretan elit para pebulutangkis tunggal putra asal Indonesia. Chico, sapaan akrabnya, bersama para...