Connect with us

Hi, what are you looking for?

Badminton

Deretan Turnamen Bulutangkis Bulan Maret 2023

All England Badminton

iSports.id – Mengawali tahun 2023, BWF World Tour atau tur dunia di ajang bulutangkis dimulai dari tur benua Asia. Tepatnya di Petronas Malaysia Open Super 1000, berlanjut di Yonex Sunrise India Open Super 750, Daihatsu Indonesia Masters Super 500, dan Princess Sirivannavari Thailand Masters Super 300.

Sepanjang bulan Februari, turnamen di atas Super 300 tidak ada di dalam kalender BWF. Turnamen yang diadakan adalah setara Super 100, seperti International Series, Continental Championship, International Challenge, dan Future Series. Barulah di bulan Maret BWF World Tour atau tur dunia di ajang bulutangkis akan kembali berlangsung.

Kini, di bulan Maret 2023 turnamen bulutangkis bergulir di benua Eropa. Turnamen pembuka adalah Yonex German Open Super 300 pada 7-12 Maret 2023. Tidak hanya itu, di bulan ini juga terdapat salah satu event bergengsi yang memiliki sejarah tersendiri, yakni All England. Berikut adalah deretan turnamen bulutangkis pada bulan Maret:

Yonex All England Open Badminton Championship

Di bulan Maret 2023 terdapat salah satu turnamen bersejarah yang akan berlangsung, yakni All England. Begitu prestisiusnya turnamen ini karena merupakan ajang paling tua di dunia olahraga. All England pertama kali berlangsung di Guildford pada tahun 1898. Di tahun pertamanya baru ada tiga sektor yang bertanding, yakni sektor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Baru di tahun 1900 terdapat sektor tunggal putra dan tunggal putri.

All England di tahun 2023 akan berlangsung pada tanggal 14-19 Maret 2023. Pada pelaksanaannya di tahun lalu, Jepang berhasil meraih 3 gelar. Adapun gelar tersebut melalui Akane Yamaguchi di sektor tunggal putri, Nami Matsuyama/Chiharu Shida di sektor ganda putri, dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino di sektor ganda campuran.

Indonesia juga berhasil meraih gelar juara dan runner-up di sektor ganda putra. Gelar juara berhasil diraih pasangan muda Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan runner-up melalui pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sedangkan di sektor tunggal putra oleh Viktor Axelsen asal Denmark.

Bagas/Fikri saat Menjuarai All England 2022 (Foto: Badminton Photo)

Yonex German Open Super 300

Turnamen di bulan Maret dibuka oleh Yonex German Open Super 300. Turnamen ini akan dilaksanakan pada 7-12 Maret 2023 bertempat di Westenergie Sporthalle, Muelheim an der Ruhr, Germany.

Pada pelaksanaannya di tahun lalu, Thailand dan China sama-sama berhasil mengantongi 2 gelar. Thailand oleh Kunlavut Vitidsarn di sektor tunggal putra dan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai di sektor ganda campuran. Sedangkan China melalui sektor tunggal putri oleh He Bing Jiao dan Chen Qing Chen/Jia Yifan di sektor ganda putri. Untuk di sektor ganda campuran berhasil dimenangkan oleh wakil Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzudin.

Baca Juga: Para Pemain Pelatnas Absen Di German Open, Fokus Di All England 2023

Yonex Swiss Open Super 300

Selanjutnya terdapat Yonex Swiss Open Super 300 yang akan berlangsung pada 21-26 Maret 2023. Turnamen ini adalah turnamen ketiga di bulan ini. Yonex Swiss Open Super 300 akan berlangsung di St.Jakobshalle Basel, Basel, Switzerland.

Tahun lalu, Indonesia sukses membawa pulang 2 gelar juara. Di sektor tunggal putra oleh Jonatan Christie dan sektor ganda putra oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Pada sektor lainnya, yakni Pusarla Venkata Shindu di sektor tunggal putri, Stefani Stoeva/Gabriela Stoeva di sektr ganda putri, dan Mark Lamsfuss/Isabel Lohau di sektor ganda campuran.

Jonatan Christie

Jonatan Christie saat Menjuarai Swiss Open 2022 (Foto: PBSI)

Madrid Spain Masters Super 300

Turnamen terakhir di bulan Maret terdapat Madrid Spain Masters Super 300. Turnamen ini merupakan turnamen ketiga bernilai Super 300 yang berlangsung selama bulan Maret. Tahun lalu, tepatnya di tahun 2022 turnamen ini tidak berlangsung. Barulah di tahun ini Spain Masters Super 300 akan bergulir kembali. Pelaksanaan turnamen ini bertempat di Palacio de Deportes Carolina Marin, Huelva Spanyol pada tanggal 28-2 April 2023.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi isports.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Olahraga

iSports.id – Turnamen Yonex All England Open Badminton Championship kembali berlangsung di tahun 2023. Turnamen ini berlangsung selama 6 hari, tepatnya pada 14 –...

Badminton

iSports.id – Pada bulan Maret 2023, turnamen bulutangkis mulai menjajali tur Benua Eropa. Sebelumnya pada bulan Januari 2023 lalu sudah selesai melaksanakan tur di Benua...

Berita Olahraga

iSports.id – Olimpiade merupakan ajang kebanggaan bagi setiap negara yang bisa mengirimkan perwakilan terbaik mereka ke sana. Terlebih lagi, jika atlet binaan mereka tersebut...